x

Jika Tak Amanah, Iwan Bule Ancam 'Habisi' Wasit Liga Indonesia

Kamis, 18 November 2021 13:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan peringatan keras ke wasit Liga Indonesia agar memimpin pertandingan dengan adil.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan peringatan keras ke wasit Liga Indonesia agar memimpin pertandingan dengan adil. Hal itu dikatakan saat bersilaturahmi dengan seluruh wasit dan asisten wasit Liga 1 2021/2022 di Hotel Swissbell, Solo, Rabu (17/11/21) semalam.

Ketum PSSI menjelaskan, kesejahteraan wasit sangat diperhatikan oleh PSSI. Gaji wasit Liga 1 2021/2022 sudah paling tinggi sepanjang sejarah kompetisi di Indonesia.

Untuk diketahui, gaji wasit utama Rp10 juta/pertandingan, asisten wasit Rp7,5 juta/pertandingan, wasit cadangan Rp5 juta/pertandingan, dan pengawas pertandingan Rp5 juta/pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya juga minta wasit, asisten wasit untuk menjaga integritas, kejujuran, ketegasan di dalam lapangan. Sebab baik buruknya pertandingan sangat tergantung pada wasit," kata Iwan Bule,  sapaan M. Iriawan. 

Dalam kesempatan semalam, Iwan Bule memperingati wasit dan asisten wasit jangan pernah berbuat macam-macam dan berani menerima suap atau hadiah. Jika dilanggar, maka dia akan menghabisi karir wasit tersebut. 

"Kami pastikan bila ada wasit atau asisten wasit yang bermain seperti itu akan tamat kariernya di perwasitan Indonesia. Saya ingin sepak bola Indonesia yang bersih. Ini komitmen saya sejak mau mencalonkan menjadi Ketum PSSI. Makanya sekarang kami sudah melakukan MoU dengan Polri," tegas ketum PSSI.


1. Perjanjian dengan Polri

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan peringatan keras ke wasit Liga Indonesia agar memimpin pertandingan dengan adil.
Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, PSSI meneken MoU dengan Polri, Rabu (17/11/21) untuk menjaga wasit dan sepak bola bersih dari hal-hal negatif. 

Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PSSI dan Polri Nomor 12/PSSI/VII-2021 dan Nomor PKS/27/VII/2021 Tanggal 21 Juli 2021 tentang Penerbitan Rekomendasi dan/atau Pemberian Izin Bantuan Pengamanan, Penegakan Hukum, Kesehatan dan Hubungan Luar Negeri dalam Kegiatan PSSI.

"Pada malam ini juga ada penandatanganan pakta integritas agar semua wasit-wasit terbaik Indonesia tidak melakukan tindakan yang bisa mencoreng federasi dan tentu nama baik kalian. Tolong jaga itu," tuntas Iriawan.

PSSIWasitLiga IndonesiaLiga 1Mochamad IriawanBerita Liga 1Komite WasitLiga 1 2021

Berita Terkini