x

Cuma Jadi Cadangan, Donnarumma Jadi Kiper Terbaik 2021 Kalahkan Neuer

Senin, 29 November 2021 22:31 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma pada laga Italia vs Spanyol pertandingan Semi-Final UEFA Nations League.

INDOSPORT.COM - Kiper Paris Saint-Germain, Gianluigi Donnarumma menjadi Kiper Terbaik 2021 mengalahkan Manuel Neuer walaupun cuma jadi cadangan Keylor Navas.

Federasi Sejarah dan Statistik Sepak Bola Internasional telah menetapkan pemain Paris Saint-Germain dan timnas Italia Gianluigi Donnarumma sebagai penjaga gawang terbaik pada tahun 2021.

Donnarumma yang membantu AC Milan kembali ke Liga Champions dengan finis kedua di Liga Italia 2020/21, bergabung dengan PSG pada musim panas lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Pasca bergabung dengan raksasa Prancis Donnarumma malah kesulitan mendapatkan waktu bermain karena PSG sudah punya Keylor Navas.

Walaupun begitu pemain berusia 22 tahun itu tetap menjadi pilihan pertama timnas Italia dan menjadi pahlawan di Eropa 2020.

Donnarumma tampil menawan di babak adu penalti melawan Inggris saat skor imbang 1-1 tak berubah hingga 120 menit pertandingan final EURO 2020.

Dilansir dari Football Italia, oleh karena itu Federasi Sejarah dan Statistik Sepak Bola Internasional menobatkan Donnarumma sebagai 'kiper terbaik dunia pada tahun 2021' di IFFHS Awards.

Baca Juga
Baca Juga

Donnarumma bahkan mengalahkan perolehan poin kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer yang menjadi pemegang penghargaan terbanyak.

"Gianluigi Donnarumma dari Italia dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik dunia pada tahun 2021 dengan 170 poin, 95 poin lebih banyak dari Manuel Neuer, pemegang rekor Internasional Piala IFFHS Jerman," bunyi pernyataan tersebut.

“Donnarumma adalah salah satu pahlawan Italia yang memenangkan EURO 2020 dan mencegah Neuer menjadi satu-satunya pemegang rekor Trofi IFFHS terbanyak.


1. Penghangat Bangku Cadangan

Gianluigi Donnarumma resmi diperkenalkan sebagai pemain Paris Saint-Germain, Kamis (15/07/21) dini hari WIB.

Kiper Chelsea, Edouard Mendy berada di peringkat ketiga setelah Nuer dan Donnarumma karena membawa The Blues meraih gelar Liga Champions 2020/21.

“Tempat ketiga dalam peringkat untuk tahun 2021 jatuh ke tangan Edouard Mendy, yang memenangkan Liga Champions UEFA bersama Chelsea, menjadi salah satu kejutan besar tahun ini!”

Saat ini Donnarumma memang sering menghangatkan bangku cadangan di PSG. Dari catatan Transfermarkt, kiper jebolan akademi Milan itu cuma tampil dalam 6 laga di Ligue 1.

AC MilanPSGManuel NeuerKeylor NavasGianluigi DonnarummaBola Internasional

Berita Terkini