x

Cristian Gonzales: Menanti Kembalinya Si Gila Gol ke Kasta Teratas Liga Indonesia

Selasa, 28 Desember 2021 15:42 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Cristian Gonzales: Menanti Kembalinya Si Gila Gol ke Kasta Teratas Liga Indonesia

INDOSPORT.COM – Mengulas kembali ketajaman dan karier gemilang Cristian Gonzales, si gila gol berdarah Uruguay yang musim depan berpotensi kembali tampil di kasta teratas Liga Indonesia.

Cristian Gonzales sendiri berhasil membantu timnya, Rans Cilegon FC, memastikan satu tiket promosi ke Liga 1 musim depan setelah raih kemenangan atas PSIM di semifinal Liga 2.

Bertanding di stadion Pakansari, Cibinong, pada Senin (27/12/21) lalu, Rans Cilegon FC mampu menang telak tiga gol tanpa balas.

Baca Juga
Baca Juga

Masing-masing gol Rans Cilegon FC dicetak oleh Ragil Bima Goal pada menit 41', Alfin Tuasalamony (65') serta Cristian Gonzáles (80').

Khusus bagi Cristian Gonzales, tambahan satu gol yang ia cetak kemarin membuat penyerang naturalisasi Timnas Indonesia tersebut kian menempel ketat Alberto Gonçalves di daftar top skor.

Total hingga laga semifinal, Cristian Gonzales telah mencetak 7 gol buat Rans Cilegon FC. Jumlah golnya hanya berjarak empat dari Alberto Goncalves (Persis) sebagai top skorer.

Dengan menyisakan satu pertandingan di partai final Liga 2, peluang Cristian Gonzales melewati torehan gol Alberto Goncalves dan menjadi top skor musim ini masih terbuka, meski memang peluangnya sangat kecil.

Walaupun gagal menjadi pencetak gol terbanyak, namun prestasi Cristian Gonzales yang bisa membawa Rans Cilegon FC naik kasta ke Liga 1 musim depan tetap layak dapat apresiasi.

Pasalnya, dengan usia yang telah menginjak 45 tahun, peforma serta insting tajam Cristian Gonzales masih terbilang cukup tajam hingga mampu bersaing di daftar pencetak gol Liga 2.

Andai kontraknya bersama Rans Cilegon FC tetap berlanjut musim depan, maka akan jadi hal yang spesial buat Cristian Gonzales lantaran ia bisa kembali mentas di kasta teratas Liga Indonesia setelah absen selama kurang lebih tiga tahun.

Seperti diketahui, Cristian Gonzales merupakan salah satu penyerang paling berbahaya dan tajam dalam sejarah sepak bola nasional.

Bahkan hingga saat ini, namanya masih bertengger di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak kompetisi tertinggi Liga Indonesia dengan torehan 269 gol dari 392 pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

Mengulas lebih jauh, Cristian Gonzales pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 2003. Pada saat itu, PSM Makassar jadi klub pertamanya di Tanah Air.


1. El Loco Liga Indonesia

Cristian Gonzales (kiri) dan Andritany (kanan) bersua di Kanjuruhan, Malang, saat Persija Jakarta menahan imbang Arema FC.

Di musim debutnya di Liga Indonesia, Cristian Gonzales berhasil mencetak 27 gol dan hanya berjarak empat gol dari rekan setimnya, Oscar Aravena yang jadi top skor.

Selama dua musim di PSM, Cristian Gonzales tampil sebanyak 56 pertandingan dan mencetak 32 gol di semua kompetisi.

Berbekal statistik tersebut, Cristian Gonzales dipinang Persik Kediri. Bersama skuat Macan Putih, ketajaman Cristian Gonzales kian terasah dan makin menggila.

Tercatat, Cristian Gonzales mampu tiga kali beruntun menjadi top skor yakni pada musim 2005, 2006 serta 2007–08.

Khusus di edisi 2007–08, jumlah gol Cristian Gonzales diperoleh dari dua tim yakni bersama Persik dan Persib.

Di musim 2008/09, sejatinya Cristian Gonzales juga berhasil kembali meraih top skor Liga Indonesia dengan menorehkan 28 gol, namun gelar pencetak gol terbanyak harus dibagi bersama Boaz Solossa yang juga mampu mencetak gol sama banyak.

Bersama Persik sejak tahun 2005 hingga 2007, Cristian Gonzales berhasil mencetak 102 gol dari 95 pertandingan. Selain jadi top skor, dirinya juga membantu Persik menjuarai Liga Indonesia di tahun 2006.

Berbekal jumlah gol yang fantastis tersebut, Cristian Gonzales pun mendapat julukan El Loco atau si gila dengan merujuk pada insting golnya yang liar dan sulit dihentikan saat berada di kotak penalti.

Kini usai membantu Rans Cilegon FC promosi ke Liga 1, akankah Cristian Gonzales mampu menambah pundi-pundi golnya di kasta teratas Liga Indonesia?

Atau malah sebaliknya, El Loco harus kembali mengubur mimpi comeback ke Liga 1 lantaran tak mendapat perpanjang kontrak seperti yang dialami saat berseragam PSS Sleman tahun 2019 silam.

Cristian GonzalesRans Nusantara FCLiga IndonesiaLiga 1Liga 2profilTRIVIABola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini