x

Jadi Asisten Shin Tae-yong di Timnas, Yoo Jae-hoon: Capek, Tak Ada Istirahat

Kamis, 3 Februari 2022 12:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Sejak menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon mengaku tak memiliki waktu istirahat, karena agenda yang sangat padat.

INDOSPORT.COM - Sejak menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon mengaku tak memiliki waktu istirahat, karena agenda yang sangat padat.

Sebagaimana diketahui, Yoo Jae-hoon merupakan salah satu pesepak bola asal Korea Selatan yang cukup lama berkarier di Liga Indonesia, bahkan ia lancar berbahasa Indonesia.

Dengan latar belakangnya sebagai kiper, Shin Tae-yong meminta Yoo Jae-hoon untuk mendampingi pelatih kiper Timnas, sekaligus jadi penerjemah bahasa Korea.

Baca Juga
Baca Juga

Yoo Jae-hoon sendiri memiliki impian untuk membangun sepak bola Indonesia. Tanpa pikir panjang, ia pun menerima tawaran Shin Tae-yong dan bekerja sama di Timnas.

"Saya senang, saya juga mau kerja bareng Coach Shin, dan ini kerja untuk sepak bola Indonesia. Cita-cita saya juga, makanya saya senang terima tawaran dari Coach."

Seiring waktu, Yoo Jae-hoon semakin mengenal Shin Tae-yong yang tegas dan disiplin. Ditambah lagi, pekerjaan sebagai staf kepelatihan di Timnas sangat banyak.

Baca Juga
Baca Juga

"Jujur, nggak ada waktu istirahat, karena Coach Shin pegang tiga level Timnas, U-20, U-23, senior, makanya kita selalu ikut beliau kemana-mana," blak-blakan Yoo Jae-hoon.

"Makanya waktu istirahat jarang ada, jarang ketemu dengan keluarga juga, tapi ini demi sepak bola Indonesia," ungkap Yoo saat ia menjadi bintang tamu di Tiento Indonesia.


1. Prinsip Shin Tae-yong: Disiplin, Attitude dan Fisik

Shin Tae Yong memimpin latihan Timnas Indonesia di Turki

Yoo Jae-hoon menjadi salah satu sosok yang paling dekat dengan Shin Tae-yong. Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan itu sangat menjunjung tinggi disiplin dan sikap.

"Coach Shin itu orangnya sangat disiplin, dan attitude juga sangat penting," ungkap Yoo Jae-hoon di Youtube Tiento Indonesia.

"Misalnya ada pemain yang attitude-nya tidak baik, walaupun dia punya nama besar, punya kualitas, Coach Shin tidak mau pakai dia," jelas eks kiper Persipura Jayapura itu.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Shin Tae-yong juga membenahi pemain Timnas Indonesia dari dasar, yaitu dari peningkatan kemampuan fisik pemain.

"Coach Shin juga bilang skill itu nomor dua, tapi fisik dasar itu harus punya, tapi pemain kita ya itu yang agak kurang," terang Yoo.

"Fisik dasarnya kurang, otomatis mentalnya akan lemah. Fisik dasarnya kuat, otomatis mentalnya juga pasti kuat," ujar salah satu asisten pelatih Shin Tae-yong di TImnas Indonesia, Yoo Jae-Hoon. 

Yoo Jae HonPelatihTimnas IndonesiaYoo Jae-hoonBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini