x

Profil Singkat 3 Pengusaha Tajir Melintir yang Paling 'Terdepan' Miliki Chelsea

Jumat, 4 Maret 2022 20:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut tiga profil pengusaha yang paling potensial beli klub Liga Inggris, Chelsea. FOTO: REUTERS/Suhaib Salem.

INDOSPORT.COM - Sama-sama tajir melintir, para calon pembeli Chelsea nampaknya harus saling sikut jika ingin mendapatkan hak kepemilikan klub Liga Inggris tersebut dari Roman Abramovich.

Seiring berjalannya waktu, Chelsea telah tumbuh sebagai klub besar di tangan Roman Abramovich. Pengusaha asal Rusia ini benar-benar membangun apa yang dimilikinya dari bawah, hingga sekarang mereka sukses di Liga Inggris.

Sayangnya, kini ia harus melepas status kepemilikan Chelsea menyusul isu global yang melibatkan negaranya, Rusia, dengan Ukraina.

Roman Abramovich terpaksa menjual klub kesayangannya ini usai meletusnya konflik dua negara tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Kedekatannya dengan sejumlah petinggi Rusia termasuk presiden Vladimir Putin dan dugaan jika ia punya pengaruh besar di pemerintahan Negeri Beruang Merah membuatnya jadi ramai diboikot.

Bahkan, kabarnya ia juga sulit mengotak-atik aset miliknya di Inggris, termasuk Chelsea, karena pihak pemerintah mungkin akan membekukannya. Alhasil, sejumlah properti pun harus dilepas, termasuk vila dan rumah.

Di tengah huru-hara ini, sejumlah nama pun muncul sebagai calon pembeli Chelsea, termasuk mantan petarung MMA fenomenal, Conor McGregor.

Belakangan, musuh bebuyutan Khabib Nurmagomedov itu memang jadi sorotan karena secara mengejutkan ikut tertarik meramaikan persaingan jual beli saham Chelsea.

Baca Juga
Baca Juga

Petarung asal Irlandia tersebut mengungkapkan niatnya untuk membeli Chelsea melalui sebuah postingan di akun media sosial Twitter dengan username @TheNotoriousMMA, Rabu (02/03/22).

“Saya berharap bisa mengembangkan ini. @ChelseaFC,” tulis Connor McGregor dengan menunjukkan bukti percakapan di WhatsApp.

Meski begitu, kabar tentang siapa yang akan membeli saham Roman Abramovich di Chelsea masih bergulir. Dari beberapa nama, tentu tidak semua santer dikabarkan bakal merapat.

Nah, berikut dirangkum dari berbagai sumber, profil tiga calon pembeli Chelsea yang paling ramai dibicarakan, dan mungkin paling potensial melakukan take over. Siapa saja?

 

1. Orang Terkaya se-Britania Raya dan Eks Bos Perusahaan Alat Kesehatan

Berikut tiga profil pengusaha yang paling potensial beli klub Liga Inggris, Chelsea. FOTO: REUTERS/Suhaib Salem.

Sir Jim Ratcliffe

Bukan nama asing di telinga para penggemar sepak bola. Ia adalah chairman sekaligus CEO Ineos, salah satu perusahaan kimia terbesar di dunia.

Akan tetapi, ia juga dikenal sebagai pemilik klub Liga Prancis, OGC Nice, yang ia take over pada tahun 2019 lalu.

Pria yang kiini berusia 69 tahun ini lulus dari University of Birmingham dengan gelar di bidang teknik kimia pada 1974, sebelum mengambil gelar MSc di bidang keuangan di London Business School tiga tahun kemudian.

Sebagai orang Inggris, ia tentu jadi salah satu kandidat terkuat untuk mengambil alih Chelsea dari Roman Abramovich. Apalagi, Sir Jim Ratcliffe pun digadang-gadang sebagai pengusaha terkaya se-Britania Raya.

Hanya saja, belakangan ada kabar yang menyebut ia tidak tertarik untuk membeli Chelsea. Seperti diwartakan Daily Mail, hal ini disampaikan oleh juru bicara Ineos kepada Reuters.

Hansjorg Wyss

Lalu ada Hansjorg Wyss yang juga dikabarkan terlibat dalam konsorsium calon pembeli Chelsea. Ia bahkan menyebut sudah mendapat tawaran untuk mengambil alih klub asal London tersebut dari Roman Abramovich.

Pria yang kini berumur 86 tahun ini memulai usaha di bidang kesehatan dengan membuat alat untuk memperbaiki patang tulang, Synthes. Pabriknya sendiri ada di Swiss dan mengekspor produknya ke AS.

Ia pernah menjabat sebagai CEO dan ketua Synthes sampai tahun 2007, namun tetap menjadi ketua perusahaan sampai Johnson & Johnson mengakuisisi perusahaan ini pada tahun 2012.


2. Ada Peminat Lawas

Berikut tiga profil pengusaha yang paling potensial beli klub Liga Inggris, Chelsea. Foto: REUTERS/Matthew Childs.

Todd Boehly

Selanjutnya ada Todd Boehly, yang juga calon kandidat kuat pemilik Chelsea selanjutnya. Apalagi, ia pernah mencoba mengakuisisi klub ini pada tahun 2019 namun penawarannya ditolak sampai dua kali.

Ia merupakan salah satu pendiri sekaligus ketua dan CEO Elridge Industries yang juga tajir melintir. Perusahaan miliknya pun punya kantor di London, New York, dan Boston.

Mereka pun memiliki track record investasi yang lumayan di berbagai sektor. Selain pernah meminati Chelsea, sepak terjang Todd Boehly di dunia olahraga pun membuatnya cocok jadi penerus Roman Abramovich.

Seperti diwartakan Sportstiger, Todd Boehly juga memiliki sejumlah saham di tim olahraga seperti LA Dodgers (baseball) dan LA Lakers (basket). 


3. Thomas Tuchel Angkat Bicara

Thomas Tuchel buka suara soal situasi Chelsea dan Roman Abramovich saat ini. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Thomas Tuchel turut buka suara terkait rencana Roman Abramovich untuk menjual Chelsea. Ia menyebut bahwa masalah ini kemungkinan akan berpengaruh dengan performa sebagian pemainnya.

"Kami tidak membicarakan itu. Mungkin Anda perlu bertanya kepada pemain. Kami tahu bahwa mereka punya koneksi internet, bahwa mereka menonton TV. Jadi, sudah pasti mereka tahu soal itu," ujar Tuchel diilansir dari laman resmi klub.

"Namun, kami hanya fokus penuh dalam hal olahraga. Mungkin sebagian pemain terpengaruh, sebagian yang lain tidak,” tambahnya.

Meski begitu, ia memastikan bahwa apa yang sedang terjadi saat ini bukan kapasitas ia dan para pemain untuk berkomentar macam-macam.

ChelseaRoman AbramovichLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini