x

Hasil Sidang Komdis PSSI: Persipura Dinyatakan Kalah WO dan Pengurangan Poin, PT LIB Ikut Disalahkan

Rabu, 9 Maret 2022 14:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Komite disiplin PSSI telah melakukan sidang dan merilis keputusan terkait gagalnya pertandingan Persipura Jayapura vs Madura United FC di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Komite disiplin PSSI telah melakukan sidang dan merilis keputusan terkait gagalnya pertandingan Persipura Jayapura vs Madura United FC pada 21 Februari 2022 lalu. Ada tiga pihak yang terkena sanksi dan hukuman.

Pada kejadian bulan lalu, Persipura memilih tidak datang ke stadion untuk bertanding dengan alasan para pemain terpapar covid-19 dan ada yang cedera. Tim Mutiara Hitam  akhirnya dinyatakan kalah 0-3 dan pengurangan tiga dan denda Rp250 juta.

Selanjutnya, manajer Persipura, Arvydas Ridwan Madubun dihukum larangan beraktivitas selama 12 bulan di sepak bola dan denda Rp50 juta.

Baca Juga
Baca Juga

Jenis pelanggarannya adalah tidak hadir di tempat pertandingan, menolak bertanding serta berperan aktif menganjurkan atau menyuruh tim untuk tidak hadir dalam pertandingan tersebut. 

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, Komdis PSSI juga menghukum operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru. LIB didenda Rp250 juta karena dianggap tidak menjalankan regulasi BRI Liga 1 tahun 2021/2022 di mana Persipura Jayapura vs Madura United FC gagal dilaksanakan.


1. Kronologi

Logo Persipura Jayapura.

Laga ini sedianya digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (21/02/22) pukul 21.30 WITA atau 20.30 WIB, tapi akhirnya dibatalkan setelah skuad Mutiara Hitam tak hadir ke stadion dengan alasan kekurangan pemain karena cedera dan positif covid-19.

Padahal, Madura United sudah bersiap-siap untuk bertanding sesuai jadwal. Prosesi lempar koin dari wasit sebelum kick off pun sudah dilakukan, meski tanpa kehadiran Persipura.

Persipura sebetulnya sudah bersurat ke PT LIB agar laga tersebut diganti hari karena hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan 9 (sembilan) personel tim dinyatakan positif: 3 ofisial dan 6 pemain.

PT LIB dan Satgas covid-19 di Liga 1 kemudian melakukan tes ulang. Hasilnya positif sesuai dengan yang disebutkan Persipura Jayapura, tapi laga melawan Madura United di Liga 1 harusnya bisa jalan karena masih punya 21 pemain dan 7 ofisial yang negatif (syarat bertanding, setidaknya 14 pemain). Ini yang menjadi dasar penilaian Komdis PSSI.

PSSIPersipura JayapuraMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 1

Berita Terkini