x

Kecurangan Farmel FC Dibongkar, Eks Bomber Persipura Ikut Bersuara

Selasa, 8 Maret 2022 18:15 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan bomber Persipura Jayapura, Marinus Wanewar, ikut buka suara saat dugaan kecurangan Farmel FC di Liga 3 diungkapkan oleh Akmal Marhali.

INDOSPORT.COM - Mantan bomber Persipura Jayapura, Marinus Wanewar, ikut buka suara saat dugaan kecurangan Farmel FC di Liga 3 diungkapkan oleh Akmal Marhali.

Senin (07/03/22), Akmal Marhali selaku koordinator Save Our Soccer mengunggah sebuah postingan di media sosial Instagram @akmalmarhali. Dalam postingan tersebut, Akmal membongkar dugaan kecurangan Farmel FC dalam laga kontra Persikota Tangerang di ajang Liga 3.

"ADA APA DENGAN FARMEL FC? #SOS-07022022 - Dan, farmelfc menjadi buah bibir di @liga3official. Sejatinya tim berjulukan 'Jawara Rajawali Merah' yang berdiri pada 2020 dan bermarkas di lapangan Sepakbola Raihan Center, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang cukup potensial," tulis koordinator Save Our Soccer tersebut. 

Baca Juga
Baca Juga

"Utamanya, dari sistem pembinaan akademinya di kelompok umur. Tapi, perjalanan klub yang berada di bawah payung hukum PT Farmel Cahaya Mandiri ini di #liga3indonesia penuh kontroversi," sambungnya lagi.

Pertandingan yang dilakoni Farmel FC di Liga 3 memang sering diwarnai kontroversi. Mulai dari Babak 64 Besar saat terjadi keributan di lapangan saat melawan NZR Sumbersari FC.

Kemudian keributan di babak 32 besar melawan Bandung United yang dipicu dari keputusan wasit yang memberi kartu merah pada empat pemain Bandung United.

Baca Juga
Baca Juga

"Sampai di Babak 16 Besar Grup CC saat #derbytangerang melawan @persikotafc1994 yang dimiliki @prillylatuconsina96. #Persikota memutuskan tidak melanjutkan pertandingan karena permintaan untuk mengganti wasit tak digubris #matchcommissioner," tulis Akmal Marhali. 

"#BayiAjaib yang notabene juara @liga3indonesia Zona Banten dengan mengalahkan #farmelfc harus kalah 0-3 di laga perdana Grup CC Babak 16 Besar. Benarkah perjalanan Farmel FC sampai Babak 16 Besar dibantu wasit?" 

"Ini harus dijawab @pssi sebagai operator kompetisi dan juga induk organisasi. #PSSI punya komite Fair Play yang dipimpin Haruna Soemitro, punya juga Komite Etik dan Komite Disiplin, bahkan PSSI punya #satgasantimafiabola bentukan sendiri yang sempat berdiri gagah di sejumlah pertandingan @liga1match dan @liga2match," sambungnya lagi.


1. Komentar Marinus Wanewar

Mantan Striker Persipura Jayapura, Marinus Wanewar. Foto: Media Officer Persipura

Tak disangka, postingan itu ternyata dikomentari oleh Marinus Wanewar. Marinus meninggalkan komentar berupa dua emoji yakni emoji tertawa dan emoji orang menepuk jidat.

Mantan bomber Persipura Jayapura, Marinus Wanewar, ikut buka suara saat dugaan kecurangan Farmel FC di Liga 3 diungkapkan oleh Akmal Marhali.

Lebih lanjut Akmal Marhali minta PSSI segera bertindak melihat kecurangan yang dilakukan Farmel FC di Liga 3. 

"PSSI dengan kekuatannya harus bisa mengungkap permasalahan ini secara transparan dan akuntabel. Apakah Farmel sukses karena bantuan wasit, ada backing orang dalam, atau memang karena prestasi mereka," tulis Akmal. 

"Ini penting untuk diungkap agar bila Farmel sukses promosi ke #liga2 statusnya menjadi jelas. Bahwa mereka lolos karena prestasi yang membanggakan. Bukan faktor nonteknis. Wasit yang sering mengambil keputusan keliru harus disanksi berat," sambungnya lagi. 

"Jangan sampai Liga 3 jadi barbar seperti laga @deltrasfcofficial vs @pspalembang_official atau @persipaofficial yang protes wasit," pungkasnya.


2. Komentar Para Netizen

Laga Bandung United vs Farmel FC

Selain Marinus Wanewar, sejumlah netizen lain juga ikut meninggalkan komentar.

@dinda.rd: "Laaahhh.... kenapa setelah peristiwa kemaren IG nya FarmelFC gak ada yg bisa di tag ya"

@akmalmarhali20: "Sepakbola NPWP: Nomor Piro, Wani Piro; Sepakbola ATM: Asal Tahu Mainnya"

@andrejuve27: "ADA APA DENGAN PSSI Pak @mochamadiriawan84 #REVOLUSITOTALPSSI Pak @jokowi"

@andrea_kemod: "Liga setingan...ayo bongkar donk bung @akmalmarhali20"

@aryo_satriyo: "Koreksi bang @akmalmarhali20 sebelum match melawan nzr sumbersari, farmel lawan psbl Langsa juga mendapat perlakuan istimewa tidak lupa juga setiap farmel main pasti mendapat pinalti bisa dicek bang @pssi @liga3indonesia"

Besok, Grup AA dan Grup CC akan kembali bertanding untuk memperebutkan tiket ke babak delapan besar, sekaligus memastikan tiket promosi ke Liga 2 2022 mendatang. Farmel FC dijadwalkan akan menghadapi Persipa Pati.

Liga IndonesiaAkmal MarhaliLiga 3Farmel FC

Berita Terkini