x

Bima Sakti Temukan Calon Striker Potensial di Timnas Indonesia U-16, Siapa Saja?

Minggu, 13 Maret 2022 18:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menyampaikan kabar baik setelah memimpin pemusatan latihan di Jakarta. Dia mengaku menemukan pemain potensial khususnya di posisi striker.

Sejauh ini, Indonesia selalu memunculkan pemain tengah atau sayap. Tapi, untuk posisi striker, sedikit sekali, apalagi pemain dengan postur oke dan punya naluri tajam. 

Baca Juga

Namun, pada Timnas U-16 yang dipimpinnya, Bima Sakti mengatakan ada beberapa nama yang jika ditempa dengan benar, bisa jadi striker mematikan. 

"Di tim ini Insyaallah ada banyak calon striker masa depan Indonesia, postur tubuhnya pun ideal, diatas 175 sampai 180 cm," tutur Bima Sakti dalam keterangan ke media. 

Baca Juga

"Saya dan tim pelatih akan maksimalkan potensi pemain tersebut, agar tercipta striker masa depan Timnas Indonesia," imbuhnya. 

Baca Juga

Pada pemusatan latihan Timnas U-16 bulan ini, ada dua pemain yang posisinya sebagai striker murni yakni Waliy Marifat (Persija Jakarta) dan Muhammad Junino Saputra (Persita Tangerang).

Baca Juga

Tinggi Waliy Marifat dan Muhammad Junino Saputra masing-masing adalah 178cm dan 172cm. 


1. Tinggi Ideal Pemain Timnas U-16

Internal game Timnas U-16. Foto: PSSI

Beberapa pemain bertipe menyerang seperti gelandang serang maupun winger pun punya tinggi yang ideal.

Baca Juga

Ada Muhammad Yanuar Sanusi (173cm), Dirk Lukas Auri, I Putu Harta Mahesa, Zulkifli Lukmansyah dan Arjuna Tri Wahyudi yang tingginya dikisaran 160-165cm. 

Baca Juga

Beberapa tahun terakhir, Timnas Indonesia memang kesulitan menemukan striker dengan naluri gol tinggi. Pasca era Bambang Pamungkas hingga Boaz Solossa tak ada lagi striker skuat Garuda yang benar-benar ditakuti.


2. Pemain Naturalisasi

Beto Goncalves, striker Timnas Indonesia.

Bahkan, Timnas Indonesia harus memakai jasa pemain naturalisasi untuk lini depan seperti Beto Goncalves (Asian Games 2018) maupun Ilija Spasojevic. 

Timnas Indonesia U-16Bima SaktiLiga Indonesia

Berita Terkini