x

'Blusukan' Cari Wonderkid, Liverpool Naksir Remaja 16 Tahun Berjuluk si Cepat 'Kilat'

Jumat, 18 Maret 2022 11:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Liverpool dikaitkan dengan wonderkid berusia 16 tahun dari Skotlandia. Foto: Eurasia Sport Images/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, sudah memiliki banyak pemain muda berbakat yang mentas dari akademi mereka.

Ada pula yang masih berada di level junior namun di sisi lain juga masuk radar untuk diorbitkan ke tim utama.

Baca Juga

Hanya saja, hal tersebut tidak menutup hasrat Liverpool untuk berburu wonderkid di luar tempat didikan mereka di akademi. Para pencari bakat pun bahkan tidak segan-segan melakukan ‘blusukan’.

Namun di antara banyak calon rekrutan, kali ini mari membahas satu nama yang belum lama ini dikaitkan dengan raksasa Liga Inggris tersebut.

Menurut laporan Rousing the Kop yang dilansir dari laman The Athletic, Liverpool konon kepincut bakat muda dari Celtic bernama Ben Doak. Usianya pun masih sangat belia, 16 tahun.

Baca Juga

Dalam berita tersebut, diungkapkan pula bahwa pemain yang satu ini memiliki sederet skill unggul ala pesepak bola, salah satunya adalah kecepatan.

Bahkan, judul dalam tulisan itu menyebut Ben Doak adalah pemain yang kecepatannya begitu hebat seperti sambaran kilat.

Lantas, siapa sebenarnya wonderkid Celtic ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com telah merangkumnya.

Baca Juga

Dalam profil yang dimuat di laman resmi Celtic, Ben Doak lahir pada tanggal 11 November 2005 dan berkebangsaaan Skotlandia.

Debut pertamanya untuk tim senior terjadi pada 29 Januari 2022 alias baru-baru saja, saat melawan Dundee United di Liga Primer Skotlandia.


1. Mengenal Ben Doak

Liverpool dikaitkan dengan wonderkid berusia 16 tahun dari Skotlandia. Foto: Eurasia Sport Images/Getty Images.

Ben Doak selama ini banyak bermain sebagai winger maupun full back. Profesinya saat ini tidak lepas dari turunan keluarga yang memiliki gen sepak bola.

Kakeknya merupakan mantan pemain bernama Martin Doak yang pernah membela salah satu klub Liga Skotlandia, Greenock Morton FC.

Baca Juga

Seperti diwartakan laman Planet Football, Ben Doak bergabung dengan akademi Celtic sejak usia muda.

Ia mengikuti jejak karier Kieran Tierney dan Liam Henderson lantaran sama-sama mentas dari program yang sama.

Setelah itu, Ben Doak melakukan debut di tim Celtic B pada Desember 2021, bermain di bawah asuhan mantan bek Aberdeen dan Hibernian, Tommy McIntyre.

Baca Juga

Setelah berlatih dengan tim utama, wonderkid masa depan Timnas Skotlandia ini pun dipromosikan ke skuat pertandingan Celtic, dengan duduk di bangku cadangan pada Desember lalu sebelum resmi debut.

Biasa bermain di sisi kanan, Ben Doak tampil sebagai pemain yang senantiasa berpikiran positif serta seorang pelari yang energik.

Meski tidak terlalu tinggi, tubuhnya terhitung kekar. Nampaknya, ia akan baik-baik saja jika nantinya memang harus berjibaku dengan kerasnya kompetisi Liga Inggris bersama Liverpool.

Baca Juga

The Reds pun tidak perlu pusing-pusing jika ingin menggondol wonderkid yang satu ini karena yang bersangkutan belum menyepakati kontrak profesional dengan Celtic.

Selain itu, Liverpool juga dikabarkan unggul ketimbang sejumlah klub top Eropa lainnya yang ingin mengontrak Ben Doak.

 

2. Prospek Cerah

Ben Doak bisa jadi calon bintang masa depan Liverpool penerus para seniornya saat ini. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Memiliki talenta dan potensi menjanjikan, Ben Doak akan jadi prospek cerah yang bisa diamankan Liverpool dengan segera.

Selain terbiasa bermain sebagai winger dan full back, ia pada dasarnya adalah pemain yang versatile alias serbabisa.

Baca Juga

Sepanjang kariernya sejauh ini, Ben Doak telah digunakan di berbagai posisi berbeda, bahkan sebagai gelandang serang.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, ia terkenal karena memiliki kecepatan luar biasa, kemampuan dribel yang mengesankan, serta keberanian dan kemauan menghadapi bek lawan secara langsung.

Lalu, bakal seperti apa proyeksi masa depannya jika suatu hari merapat ke Liverpol dan bahkan mendapat tempat di tim senior dalam waktu dekat?

Baca Juga

Seperti diketahui, Liverpool saat ini memiliki banyak pemain di lini serang. Sebut saja Mohamed Salah, Diogo Jota, Sadio Mane, Luis Diaz, dan Roberto Firmino.

Untuk sekarang, nampaknya perjalanan Ben Doak masih sangat jauh untuk jadi alternatif para pemain tersebut.

Akan tetapi, ia bisa mengasah kemampuannya bersama tim Liverpool U-18 dan U-23 seperti yang dilakukan para pemain sebayanya saat ini.

Baca Juga

Sekarang hanya tinggal menunggu apakah Ben Doak akan merapat ke Liverpool, mengingat ada kabar yang menyebut ia telah berbicara dengan Ange Postecoglou untuk meminta pindah dari Celtic.

Apapaun yang akan terjadi kelak, ketertarikan Liverpool terhadap Ben Doak ini merupakan wujud keseriusan klub merekrut pemain-pemain muda berbakat dari seluruh penjuru Britania Raya. 

LiverpoolCelticWonderkid

Berita Terkini