x

5 Wonderkid Timnas Indonesia yang Berpeluang Tampil Gemilang di SEA Games 2021

Minggu, 20 Maret 2022 18:43 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

INDOSPORT.COM - Berikut lima wonderkid Timnas Indonesia yang berpeluang tampil gemilang dalam ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara atau SEA Games 2021 di Vietnam.

Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong telah memboyong 32 pemain skuat U-19 ke Korea Selatan untuk menjalani pemusatan latihan (TC) dan agenda uji coba.

Baca Juga

Meski TC ini bertujuan untuk mempersiapkan diri di Piala Dunia U-20 2023, namun ada beberapa nama yang bakal diikutkan tampil bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Beberapa pemain yang masih berusia muda tampaknya bakal memiliki kesempatan besar untuk mencuri perhatian. Apalagi sejumlah pemain yang berkarir di luar negeri seperti Pratama Arhan hingga Asnawi Mangkualam dipastikan absen.

Baca Juga

Siapa saja pemain muda Timnas Indonesia yang memiliki kans bersinar di ajang SEA Games ke-31 di Vietnam pada  12 hingga 23 Mei 2022 mendatang?

1. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan sebenarnya sudah ikut dalam rombongan Timnas Indonesia U-19 dalam bertolak ke Korea pada Jumat (11/03/22) lalu.

Namun pemain berusia 17 tahun itu akan menyusul setelah menyelesaikan tugasnya berjuang bersama Persebaya Surabaya di laga sisa kompetisi Liga 1 2021-2022.

Baca Juga

Meski baru berusia sangat muda, Marselino Ferdinan sudah menjadi pemain kunci Persebaya musim ini.  Ia tercatat sudah menjalani 23 pertandingan bersama pasukanAji Santoso denhan menyumbang empat gol dan tujuh assist.

Statistik itu membuat Shin Tae-yong kepincut dan dirinya berpotensi bakal unjuk gigi bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Gammes nanti.


1. Ramai Rumakiek dan Beckham Putra Nugraha

Wonderkid Timnas Indonesia asal papua, Ramai Rumakiek.

4. Ramai Rumakiek

Meski baru berusia 19 tahun, Ramai Rumakiek menjadi salah satu andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior saat ajang Piala AFF 2020 lalu.

Pemain milik Persipura Jayapura tersebut telah bermain sebanyak 5 kali hingga babak semifinal. Dari permainannya tersebut, dia telah melesatkan satu gol saat bertanding dengan Kamboja pada laga fase grup Piala AFF.

Di SEA Games ke-31 pada Mei 2022 mendatang, Ramai Rumakiek dipastikan bakal dibawa oleh Shin Tae-yong ke Vietnam. Ia berpotensi kembali bersinar dalam ambisi merebut medali emas dari tuan rumah.

5. Beckham Putra Nugraha

Gelandang berusia 20 tahun milik Persib Bandung ini diprediksi menjadi pilihan Shin Tae-yong dalam mengikuti ajang SEA Games.

Di kompetisi Liga 1 2021-2022, ia tampil cukup gemilang dengan melesahkan empat gol serta tiga assist dalam 21 penampilan di bawah besutan Robert Rene Alberts.

Beckham Putra menjalani debut bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-18 2019 lalu di Vietnam. Secara keseluruhan pemain bernomor punggung tujuh itu menorehkan empat gol.


2. Ronaldo Kwateh dan Alfeandra Dewangga

Ronaldo Jaybera Kwateh, pemain blasteran 17 tahun berpeluang bersinar di SEA Games 2021.

2. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh menjadi salah satu pemain yang kini ikut pemusatan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan. Meski masih berusia 17 tahun, ia diprediksi dimasukan oleh Shin Tae-yong ke dalam skuat Timnas U-23 di SEA Games.

Bukan tanpa alasan, Ronaldo Kwateh berhasil mencuri perhatian publik saat debut di Timnas Indonesia senior dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Timor Leste pada Kamis (2701/2022) lalu.

Baca Juga

Pasalnya, pemain yang baru diturunkan pada paruh kedua tersebut bermain apik dengan memberikan asis kepada Ramai Rumakiek sebelum mengkonversikannya menjadi gol.

Diturunkan pada paruh kedua, pemain keturunan Indonesia dan Afrika tersebut bermain apik dengan memberikan asisst kepada Ramai Rumakiek sebelum mengkonversikannya menjadi gol.

Baca Juga

3. Alfeandra Dewangga

Bek berusia 20 tahun milik PSIS Semaranf ini dipastikan bakal kembali menjadi andalan Shin Tae-yong. Ia sukses mencuri perhatian saat ajang Piala AFF 2020 lalu dengan selalu menjadi pilihan utama di lini belakang.

Berposisi sebagai bek, Alfeandra Dewangga mengawali kariernya sebagai pemain sepak bola tim PPLP Jateng periode 2018-2019.

Baca Juga

Berkat penampilan memukau Dewangga, ia langsung direkrut klub tanah kelahirannya, PSIS Semarang, sejak 2020 lalu.

Menurut data situs Transfermarkt, nilai pasaran pemain bertinggi 1,79 meter ini mencapai Rp4,35 miliar, update per Desember 2021.

SEA GamesTimnas IndonesiaBeckham Putra NugrahaMarselino FerdinanAlfeandra Dewangga SantosaShin Tae-yongRonaldo KwatehRamai Rumakiek

Berita Terkini