x

2 Bintang Liga Inggris Siap Ikuti Jejak Emil Audero Bila Setuju Bela Timnas Indonesia

Minggu, 20 Maret 2022 02:12 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
2 Bintang Liga Inggris Bakal Ikuti Jejak Emil Audero Bila Setuju Bela Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Dua bintang Liga Inggris dilaporkan siap menyusul langkah kiper Sampdoria yakni Emil Audero Mulyadi untuk menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, sejak PSSI mengutus agen untuk bertemu manajer Emil Audero Mulyadi pada Rabu (02/03/22) lalu, belum ada jawaban dari sang kiper hingga artikel ini diterbitkan.

Baca Juga

PSSI dan seluruh fans Garuda sangat berharap agar Emil Audero Mulyadi mau merubah status menjadi WNI. Namun, kiper Serie A Liga Italia ini belum juga memberikan jawaban apakah dirinya mau bergabung ke Timnas Indonesia atau tidak.

Saat diwawancarai di chanel Youtube Ridho Hafiedz, Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani menegaskan kalau pihaknya masih belum menyerah dalam membujuk Emil Audero.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, ia sudah memiliki rancangan jelas kalau bergabungnya Emil Audero ke Timnas Indonesia bisa menjadi pancingan agar dua bintang Liga Inggris keturunan tanah air mau dinaturalisasi.

Dua pemain dari kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris itu yakni bek Leeds United bernama Pascal Struijk dan gelandang Crystal Palace yaitu Jairo Riedewald.

"Jadi gini, bukan saya tidak mau melepas Emil Audero. Kalau Emil masuk di Timnas, itu kan dia datang dari liga elite, untuk pertama kali timnas diisi oleh pemain top," kata Hasani Abdulgani.

Baca Juga

"Maka kita bisa memancing pemain keturunan lain seperti Pascal Struijk yang ada di Leeds, kemudian Jairo yanng ada di Crystal Palace."

"Kalau dua pemain itu kita ajak dengan materi timnas sekarang pasti mereka ogah. Tapi kalau ada Emil Audero, mungkin mereka mau," tuturnya menambahkan.


1. PSSI Sementara Alihkan Fokus ke Bintang Liga Swiss

Wonderkid Belanda keturunan Indonesia, Jordy Wehrmann.

Sementara itu, sambil menunggu jawaban Emil Audero, PSSI kini sedang mengalihkan fokus kepada bintang Liga Swiss bernama Jordy Wehrmann untuk dinaturalisasi.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, sebab memang PSSI menerima masukan langsung dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengalihkan fokus kepada Jordy.

Hasani sendiri menjelaskan bahwa Jordy secara lisan sudah mau untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Namun memang ia menyerahkan semua kepada sang manajer dan meminta PSSI berbicara kepada sang manajernya.

Baca Juga

"Nah, kami kemudian diskusi dengan pelatih, akhirnya kami fokuskan kepada Jordy Wehrmann dulu," ujar Hasani.

"Jordy sudah secara respons ini oke, tapi dia suruh kontak manajernya. Nah, manajernya ini lagi liburan."

Baca Juga

"Biasa kalau orang sana kan liburan itu tak mau diganggu dahulu sama pekerjaan. Jadi sabar saja, pekan depan mulai ada pembicaraan," pungkasnya.


2. Proses Naturalisasi 3 Pemain Hampir Selesai

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Kabar baik telah diterima PSSI perihal permohonan naturalisasi tiga pemain keturunan berdarah Indonesia yang diproyeksikan untuk Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, PSSI melayangkan permohonan untuk naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia yaitu Sandy Walsh, Jordi Amat serta Shayne Pattynama.

Pihak federasi kini bisa bernapas lega, sebab Kemenkumham menerima permohonan PSSI terkait naturalisasi ini.

"Kami tidak sembarangan melakukan naturalisasi. Perlu ada pertanggungjawaban kepada masyarakat. Kita memfilter, screening, bahwa mereka memang layak diberi status WNI," kata Direktur Tata Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham, Baroto.

Baroto menjelaskan bahwa pemeriksaan tidak hanya dari segi aspek legal formal. Kemenkumham juga akan terus berkomunikasi dengan Kemenpora dan PSSI soal kepantasan tiga pemain tersebut mendapat paspor Indonesia.

"Proses pewarganegaraan bukanlah suatu hal yang mudah, kita harus membuktikan bahwa proses yang kita lakukan ini adalah orang yang memang kredibel dan bisa memberikan prestasi bagi olahraga dalam negeri," ucap Baroto.

PSSICrystal PalaceSampdoriaLeeds UnitedNaturalisasiEmil Audero MulyadiTimnas IndonesiaLiga InggrisPascal Struijk

Berita Terkini