x

Barito Putera Terancam Degradasi dari Liga 1, Renan Alves: Situasi yang Sulit

Rabu, 23 Maret 2022 10:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
Persik Kediri vs Barito Putera

INDOSPORT.COM - Barito Putera terancam degradasi di kompetisi BRI Liga 1 2021-22. Pemain asing asal Brasil, Renan da Silva Alves mengakui ini adalah situasi yang sulit.

Barito Putera berada di peringkat ke-15 klasemen sementara Liga 1, namun hanya terpaut dua poin dari Persipura Jayapura yang berada di zona merah musim ini.

Baca Juga

Padahal, Persipura Jayapura sedang ada dalam tren positif tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir mereka.

Mutiara Hitam baru saja menang atas Bhayangkara FC dan PSS Sleman, lalu imbang atas Tira-Persikabo dan PSM Makassar, juga menang atas Borneo FC.

Jika Barito 'tergelincir' di dua laga terakhir, sementara Persipura konsisten dengan perolehan poin, maka bukan tidak mungkin jika posisi tim di klasemen akan bertukar.

Baca Juga

"Ini adalah situasi yang rumit bagi Barito. Padahal saya datang untuk membantu tim keluar dari posisi ini, Barito berada di posisi yang sangat sulit," ungkap Renan Alves.

Meski demikian, bek tangguh yang kerap mencetak gol dari situasi bola mati itu percaya jika kerja sama tim akan membuat Barito bisa menang dan bertahan di Liga 1.

"Saya percaya kepada rekan satu tim saya, bukan hanya saya. Ada Bruno Matos, Rafael Silva, yang juga ingin memperbaiki posisi ini," ucap Renan Alves di Youtube Tiento ID.

Baca Juga

"Saya percaya bahwa semua pemain juga ingin memperbaiki posisi tim di klasemen dan harus bertahan di Liga 1," imbuhnya.

Barito Putera sendiri menyisakan dua laga terakhir, yaitu menghadapi skuat Persita Tangerang pada Kamis (24/03/22), lantas ditutup dengan laga kontra Persib Bandung.


1. Modal Renan Alves Bawa Barito Bertahan di Liga 1

Rafael Da Silva, bersinar di saat Barito Putera terpuruk di papan bawah klasemen Liga 1 2019.

Renan Alves mengaku harus mendapat lingkungan yang mendukung, jika ingin mencapai target untuk menyelamatkan Barito Putera dari zona degradasi Liga 1.

Salah satu lingkungan yang mendukung adalah teman-teman yang suportif, dan hal itu telah ia dapatkan di skuat Barito Putera.

Baca Juga

Renan Alves mengaku jarang satu tim dengan sesama pemain Brasil, tapi kini di Barito, ia bisa bekerja sama dengan Bruno Matos dan Rafael Silva dari Negeri Samba.

"Saya biasa berkomunikasi dengan Rafael Silva dan Bruno Matos, saya akrab dengan mereka. Sejak tujuh tahun, inilah pertama kali saya satu tim dengan orang Brasil."

"Saya hidup seperti ini bertahun-tahun, tak ada pemain Brasil, sangat sulit untuk saya, tapi sekarang saya merasa nyaman karena memiliki teman, gembira, banyak bercanda."

Baca Juga

Selain di Barito Putera, Renan Alves juga mulai menjalin komunikasi dengan para pemain asal Brasil di Liga Indonesia.

"Selain di Barito, saya juga di luar punya teman David da Silva dari Persib, Jaime Xavier, Beto Goncalves (Madura United)."

"Kami, orang-orang Brasil yang memiliki profesi yang sama, pemain bola, kami coba selalu berkumpul, bahkan membicarakan hal-hal yang kecil," curhat Renan Alves.

Baca Juga

"Intinya, mereka semua adalah orang-orang yang selalu bersama saya, dan saya sangat nyaman, saya senang ada di sini bersama mereka," pungkas sang bek jangkung.

Dengan bekal tersebut, Renan Alves pun optimis bisa membawa Barito Putera tampil maksimal dan bertahan di pentas Liga 1.


2. Statistik Renan Alves di Barito

Renan da Silva Alves

Datang di putaran kedua BRI Liga 1 2021-22, Renan Alves tampil memukau dalam 12 laga. Ia mampu mencetak empat gol, walaupun berstatus sebagai pemain bertahan.

Renan Alves berhasil membobol gawang PSIS Semarang, Persipura Jayapura, Arema FC, dan Madura United. Ia berharap kembali membukukan gol di pertandingan penutup.

Barito Putera kini menyisakan dua laga terakhir, yaitu menghadapi skuat Persita Tangerang pada Kamis (24/03/22), lantas ditutup dengan laga kontra Persib Bandung.

Barito PuteraLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022Renan Alves

Berita Terkini