x

3 Pemain Eropa yang Berpotensi Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Ada The Next Lewandowski

Kamis, 24 Maret 2022 04:13 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
3 Pemain Eropa yang Berpotensi Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Ada The Next Lewandowski.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga pemain keturunan Eropa yang berpotensi memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 mendatang karena memiliki darah dari tanah air.

Seperti diketahui, Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, baru-baru ini menjelaskan kalau pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong tertarik menggunakan tiga pemain keturunan di Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, pemain keturunan bisa mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa menjalani proses naturalisasi.

Hal itu lantaran usia yang masih di bawah 19 tahun dan belum sempat memperkuat tim nasional lainnya di pertandingan resmi FIFA.

Baca Juga

"Kemungkinan 3 pemain keturunan Indonesia dengan usia rata-rata 18 tahun akan diambil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19," kata Hasani Abdulgani dalam wawancara di chanel YouTube Ridho Hafiedz.

Sayangnyam Hasani masih tutup mulut mengenai siapa saja tiga pemain keturunan yang diincar oleh Shin Tae-yong. Namun INDOSPORT telah menemukan gambaran siapa saja tiga pemain yang pas untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Siapa saja mereka? simak ulasannya berikut ini:

Kai Davy Boham

Kai Davy Boham merupakan bek tengah yang kini memperkuat klub Almere City di kompetisi kasta kedua Liga Belanda atau Eerste Divisie 2021-2022.

Ia baru-baru ini memberikan sinyal tertarik membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 setelah PSSI menyinggung soal pemain keturunan. Hal tersebut diketahui dari postingan di akun Twitter miliknya pada Minggu (13/3/2022) lalu.

Baca Juga

Kai Boham memberikan emoticon dua tangan dan bendera Indonesia saat me-retweet pemberitaan dari salah satu akun pundit. Tidak hanya itu, ia juga me-retweet pemberitaan dari akun media kenamaan asal Malaysia, Vocketfc.

Menurut situs Transfermarkt, bek kelahiran 2003 itu merupakan pemain jebolan akademi Almere City. Ia kini menjadi bagian skuat U-21 yang berhasil mengamankan tiket promosi ke Liga Belanda U-21 pada akhir Februari 2022 lalu.


1. Jim Croque

Jim Croque dan Bagus Kahfi.

Jim Roberto Croque menjadi pemain keturunan kedua yang berpotensi bakal memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Striker milik klub Belanda, Vitesse itu sempat viral karena unggahannya di Instagram. Pemain 17 tahun tersebut memamerkan tato barunya pada Selasa (01/03/2022) lalu yang bertuliskan "Aku Cinta Padamu".

Baca Juga

Jim Croque menjelaskan kalau tulisan itu adalah pesan terakhir dari sang nenek yang merupakan orang asli dari Indonesia.

"Kata-kata terakhir nenek," tulis Jim pada Insta Story, Selasa (01/03/222) lalu.

Baca Juga

Seperti diketahui, Jim Roberto Croque lahir di Belanda pada 5 Juli 2004 silam. Garis keturunan Jawa Jim disinyalir berasal dari sang ayah bernama Raymond Croque.

Kemudian pada 7 April 2021 lalu, Jim pernah mengunggah foto wanita Jawa berpakaian kebaya di akun Instagram pribadinya. Ia menuliskan caption bahwa beliau adalah ibunda tercintanya yang telah meninggal dunia.

Baca Juga

Bersama klub Vitesse, musim ini Jim Croque telah mencetak 6 gol dan 3 assist dari 15 laga bersama Tim U-18 di semua ajang. Ia selalu menjadi starter dan sudah 3 kali dipercaya menjadi kapten.

Ia bisa menjadi The Next Lewandowski dari Indonesia karena  sangat terinspirasi dengan sosok penyerang kelas dunia asal Polandia tersebut.


2. Ivar Jenner

Ivar Jenner berlaga di Liga Belanda U-15.

Ivar Jenner merupakan rekan Bagus Kahfi di klub Belanda, FC Utrecht. Namun baru-baru ini ia telah memulai debutnya bersama Jong Utrecht di kompetisi kasta kedua Belanda.

Di usia yang masih 18 tahun, Ivar Jenner memulai debut sebagai gelandang sentral dan dipercaya tampil sejak awal untuk melawan Jong Ajax di Sportcomplex Zoudenbalch, Utrecht, Selasa (11/01/22) lalu.

Ivar Jenner diketahui memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang merupakan orang asli Kediri, Jawa Timur. Ia sempat buka suara dan menyatakan ketertarikan untuk membela Timnas Indonesia.

“Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa," ujar Ivar.

“Orang tua saya lahir di Belanda, nenek saya juga tinggal di Belanda. Tapi karena kakek saya lahir di Indonesia, saya ke depannya bisa memilih membela Timnas Indonesia," tuturnya menambahkan.

Baca Juga
PSSIPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaIvar JennerShin Tae-yongJim Croque

Berita Terkini