x

5 Bintang Italia yang 'Habis Baterai' pada Piala Dunia Edisi Berikutnya, Siapa Saja?

Sabtu, 26 Maret 2022 09:45 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
Alessandro Florenzi terpukul usai Italia dikalahkan Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain bintang Gli Azzurri yang diprediksi akan ‘menepi’ pasca timnas Italia dipastikan gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2022.

Pada laga semifinal play-off ona Eropa, Italia takluk 0-1 dari Makedonia Utara. Inilah kali kedua secara beruntun mereka gagal lolos ke Piala Dunia.

Baca Juga

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Renzo Barbera itu, Gli Azzurri kalah secara dramatis akibat gol tunggal Aleksandar Trajkovski menjelang bubaran.

Hasil minor ini tentu jadi penyesalan bagi seluruh pemain Italia, terlebih bagi pemain Italia yang secara umur sudah tak ideal lagi untuk bermain di gelaran Piala Dunia berikutnya.

Informasi tambahan, skuat Italia yang bermain dalam babak Kualifikasi Piala Dunia saat ini memiliki rata-rata umur 33 tahun, dengan pemain termuda berusia 21 tahun.

Bahkan dari seluruh pemain yang dipanggil Roberto Mancini, terdapat sekitar enam pemain yang berusia di atas 30 tahun serta tiga pemain berusia 30 tahun.

Baca Juga

Berdasarkan data Transfermarkt, sepertinya akan ada sejumlah pemainItalia yang menjadikan Qatar 2022 sebagai Piala Dunia terakhir mereka.

Namun, keadaan berubah pasca kekalahan atas Makedonia Utara di semifinal play-off Piala Dunia 2022 yang berakibat buruk bagi pemain yang berusia 30 ke atas.

Sebagai catatan, setelah kongres di Moskow beberapa tahun lalu, FIFA sebagai telah memutuskan bakal ada tiga negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Baca Juga

Kendati demikian, jika nantinya lolos ke Piala Dunia 2026, bisa dipastikan Italia akan kehilangan sebagai besar skuat saat ini yang telah berusia 30-37 tahun.

Parahnya lagi, sebagian pemain yang diprediksi ‘menepi’ dari Italia dalam gelaran Piala Dunia selanjutnya merupakan tulang punggung Roberto Mancini saat ini. Siapa saja pemain tersebut?


1. Duo Bek Gaek Juventus

Selebrasi dua pemain Juventus, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci usai mencetak gol pada pertandingan Serie A Italia.

1. Giorgio Chiellini

Bek andalan Italia dan Juventus ini memulai karier sepak bola bersama Livorno pada 2000, kemudian bermain untuk Fiorentina (2004) sebelum akhirnya pindah ke Juventus pada 2005 hingga kini.

Diketahui, Chiellini melakukan debut untuk timnas Italia pada 17 November 2004 melawan Finlandia di bawah asuhan Marcello Lippi, pada usia 20 tahun.

Baca Juga

Chiellini menjadi pemain utama bagi Italia sejak 2007. Sejak saat itu, Chiellini selalu membela Gli Azzurri mulai dari Piala Eropa hingga Piala Dunia.

Prestasi bek berusia 37 tahun ini juga tak sembarangan, bersama Gli Azzurri dia sempat merasakan gelar Piala Eropa 2020, runner-up Piala Eropa 2012 kemudian berhasil menempati posisi ketiga pada UEFA Nations League 2020-2021.

Dengan usianya saat ini, Chiellini diprediksi akan 'menepi' sebelum Piala Dunia 2026, pada tahun itu, umur Chiellini akan menyentuh angka 41 tahun. Tidak lagi memungkinkan bersaing dengan bek-bek muda Italia di masa depan.

Baca Juga

2. Leonardo Bonucci

Bek andalan Italia dan Juventus ini memulai karier sepak bola dengan Viterbese, ia justru melakukan debut di Serie A Liga Italia bersama Inter Milan pada tahun 2005.

Setelah tahun itu, Bonucci sempat bermain untuk beberapa klub, antara lain Treviso, Pisan, Genoa, Bari dan akhirnya berlabuh di Turin pada 2010.

Pada 2017-2018 Bonucci sempat berseragam rival Juventus di Serie A, namun kerja samanya dengan AC Milan hanya bertahan seumur jagung sebelum kembali ke Turin.

Baca Juga

Sedangkan dalam di level timnas, Bonucci melakukan debutnya bersama tim senior Italia pada 3 Maret 2010, di bawah pelatih Marcello Lippi, dalam pertandingan persahabatan melawan Kamerun yang dimainkan di Monaco.

Bersama Italia dia tampil sebanyak 114 pertandingan dan berhasil membubuhkan gol sebanyak delapan kali sepanjang karier bersama Gli Azzurri.

Tahun ini, Leonardo Bonucci telah berusia 34 tahun, usia yang sudah tak muda lagi bagi seorang bek. Andai Italia lolos ke Qatar, bisa dipastikan inilah gelaran Piala Dunia terakhir pemain berpostur 1,90 meter tersebut.


2. Lorenzo Insigne dan Immobile

Lorenzo Insigne (kiri), Ciro Immobile (tengah), Andrea Belotti saat lathan bersama Timnas Italia.

3. Lorenzo Insigne

Pemain ketiga yang diprediksi akan menempi dari Timnas Italia dalam gelaran Piala Dunia berikutnya adalah penyerang berusia asal Napoli yang kini berusia 30 tahun.

Sebagai pemain profesional, ia menghabiskan sebagaian besar kariernya bersama Napoli, sejak melakukan debut pada 2006. Dia telah mencetak 229 gol bersama Napoli dari 2.064 penampilan.

Sedangkan di timnas Italia Insigne dipanggil untuk pertama kalinya untuk tim senior, September 2012, pada usia 21 oleh pelatih Cesare Prandelli. Panggungnya adalah Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 melawan Bulgaria dan Malta.

Baca Juga

Namun, pertandingan itu merupakan satu-satunya penampilan Insigne di turnamen tersebut, karena Italia tersingkir di babak penyisihan grup.

Pemain berposisi saya kiri ini juga, diprediksi akan absen pada gelaran Piala Dunia Amerika Serikat 2026 karena faktor usia yang membuatkan akan sulit bersaing di timnas Italia.

4. Ciro Immobile

Striker utama Timnas Italia yang saat ini berusia 32 tahun ini memulai debut bersama Italia ketia dirinya menerima panggilan pertamanya ke tim nasional senior oleh Cesare Prandelli.

Pada Juni 2021, ia dimasukkan dalam skuat Italia untuk Piala Eropa 2020 oleh Roberto Mancini, Italia saat itu keluar sebagai juara.

Gelar tersebut menjadi gelar pertama dan satu-satunya hingga saat ini, bersama Timnas senior Italia Immobile mengemas 15 gol dari 55 penampilan.

Baca Juga

Striker andalan Lazio ini telah memasuki usia 32 tahun, walau masih tampil garang di level klub, Immobile nampaknya sudah tak cocok bermain di level Timnas.

Bahkan, torehan gol Immobile bersama Gli Azzurri terakhir dia cetak pada laga Kualifikasi Piala Dunia Qatar ketika Italia berjumpa Lithuania pada Maret tahun lalu.


3. Gelandang Andalan Chelsea

Ekspresi kecewa Jorginho melihat Chelsea ditahan Burnley, Selasa (23/04/19), Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

5. Jorge Luiz Frello Filho (Jorginho)

Pemain yang akrab dengan panggilan Jorginho merupakan pemain kelima yang diprediksi bakal absen dalam gelaran Piala Dunia 2026 yang rencananya digelar di tiga negara.

Pemain yang memulai karier sepak bola bersama Hellas Verona sejak 2007, belum sempat merasakan debut, dia keburu dipinjamkan ke klub kasta keempat liga Italia, Sambonifacese.

Pada 18 Januari 2014, Jorginho bergabung ke Napoli dengan kontrak selama empat tahun. Dia juga berhasil menjadi juara Supercoppa Italiana setelah berhasil mengalahkan Juventus lewat babak adu pinalti.

Kemudian, Jorginho bergabung bersama Chelsea pada 14 Juli 2018, dia melakukan debutnya pada 5 Agustus dalam laga FA Community Shield dan menjalani laga debutnya di Liga Inggris berselang enam hari berikutnya.

Pada 2020-2021, Jorginho berhasil membantu Chelsea untuk menjuarai Liga Champions, plus trofi Piala Dunia Klub 2021. Pada tahun yang sama, ia dinobatkan sebagai UEFA Men’s Player of the Year.

Karier level Timnas Senior Italia Jorginho dimulai sejak ia mendapat panggilan membela Gli Azzurri pada laga persahabatan melawan Spanyol  2016, dia masuk skuat Italia di fase kualifikasi play-off Piala Dunia 2018.

Tahun 2020 merupakan tahun yang spesial bagi Jorginho, karena bersama Italia dia berhasil menjuarai Piala Eropa 2020 setelah berhasil mengalahkan Inggris lewat babak adu pinalti.

Tahun ini dia juga terpilih menjadi skuad Timnas Italia dalam babak play-off Piala Dunia 2022, namun sayang langkah Italia harus terhenti di babak kualifikasi.

Bersama Italia, Jorginho telah bermain sebanyak 43 penampilan dan berhasil  membuat dua assist serta mencetak lima gol selama berseragam biru Itallia.

Walau secara usia Jorginho belum terlalu uzur, penampilan buruknya bersama Italia diprediksi menjadi salah satu alasan dirinya kemungkinan akan menepi sebelum gelaran Piala Dunia selanjutnya.

ItaliaChelseaFIFARoberto ManciniJuventusGiorgio ChielliniLeonardo BonucciMakedoniaBola InternasionalJorginhoKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini