x

Pengamat: Jika Barcelona Punya Pedri, Persebaya Punya Marselino Ferdinan

Minggu, 27 Maret 2022 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan

INDOSPORT.COM - Komentator dan pengamat sepak bola, Bung Binder Singh, menganggap wonderkid Persebaya di Liga 1, Marselino Ferdinan setara pemain Eropa.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 2021-2022 hampir rampung. Skuat Persebaya Surabaya tetap konsisten di papan atas, walau gagal dalam perebutan titel juara.

Baca Juga

Menurut Binder Singh, pencapaian ini tak lepas dari sosok pelatih lokal, Aji Santoso, yang kaya akan strategi, dan menerapkan filosofi bermain tiki-taka seperti Barcelona.

"Kalau saya melihat permainan Persebaya musim ini, saya teringat tim Barcelona yang ketika itu dilatih oleh Pep Guardiola, dengan permainan tiki-taka mereka," ucap Binder.

"Tiki-taka berarti satu-dua kali passing, sudah bisa membuka pertahanan lawan, menciptakan peluang dan mencetak gol, itulah yang dilakukan Persebaya musim ini," cetusnya.

Baca Juga

Kemudian, Binder Singh juga memuji gelandang muda dari Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan yang tampil apik di Liga 1, dan diakui setara dengan pemain Eropa.

"Wonderkidnya Marselino Ferdinan. Dia tidak bermain pun, Persebaya tetap bagus. Tapi jika dia main, akan lebih hebat lagi," lanjut Bung Binder.

Bahkan, Bung Binder tak ragu untuk membandingkan Marselino dengan pemain muda potensial Barcelona, Pedri Gonzalez Lopez.

Baca Juga

"Pemain ini sulit dikawal, dia punya visi permainan yang jelas. Jika Xavi punya Pedri di Barcelona, Aji Santoso punya Marselino Ferdinan," pungkasnya.

Pedri sendiri merupakan gelandang berusia 19 tahun yang membela Barcelona, sedang Marselino Ferdinan ialah gelandang 17 tahun yang kini berkostum Persebaya.


1. Kans Marselino ke Liga Jepang

Marselino Ferdinan, bintang muda Persebaya Surabaya

Komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh, mengakui kontribusi Marselino Ferdinan di Persebaya Surabaya cukup dominan di level Liga 1 2021-2022.

Maka dari itu, wajar jika dalam beberapa waktu ke depan, Marselino Ferdinan akan mendapat tawaran bermain di luar negeri.

Baca Juga

Bung Binder berharap Persebaya Surabaya bersedia melepas Marselino jika ada klub luar negeri yang berminat pada gelandang 17 tahun itu.

"Kita belum tahu dia sampai kapan akan bertahan di Persebaya, karena bisa juga nanti ada klub luar negeri yang berminat mengontrak Marselino Ferdinan," ujarnya.

"Tentu itu sangat bagus untuknya jika bisa bermain di tim luar negeri, mendapatkan pengalaman, pola latihan yang berbeda, membuat secara mental lebih kuat lagi," tutur Bung Binder.

Salah satu hal yang membuat Marselino Ferdinan layak bermain di luar negeri, yaitu karena di usianya yang masih sangat muda, ia bisa mengimbangi para pemain senior.

"Meskipun sangat muda, perbedaan usia Marselino 20 tahun dengan Samsul Arif, tapi di atas lapangan ia tidak takut menghadapi pemain-pemain yang lebih senior," jelasnya.

Baru-baru ini, agen pemain, Dusan Bogdanovic juga angkat bicara terkait peluang pemain muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan berlabuh ke tim luar negeri.

Baca Juga

"Ada banyak pemain muda dan talenta bagus dan ke depan kami pantau. Kita lihat saja, saya tak bisa sebutkan nama," kata Dusan Bogdanovic ketika disinggung soal Marselino.

Marselino Ferdinan sendiri nampaknya mulai dipantau klub Liga 2 Jepang, Renofa Yamaguchi. Perwakilan klub (akun fumy321) telah mengikuti Instagram pemain berusia 17 tahun itu.


2. Sekilas Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia U-16, Marselino Ferdinan (kanan) menggiring bola dan dalam penjagaan Xu Bin, Minggu (22/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Karier junior Marselino Ferdinan adalah ketika ia bergabung bersama Persebaya Surabaya di Elite Pro Academy Liga 1 2019.

Memasuki 2021, Marselino Ferdinan mendapat kesempatan untuk promosi ke skuad utama Persebaya Surabaya, untuk berkompetisi di kancah Liga 1 2021-2022.

Sejak 2019, Marselino sudah pernah membela timnas Indonesia U-16. Hingga di 2021, ia juga mendapat kesempatan untuk membela timnas Indonesia U-23.

Persebaya SurabayaBarcelonaLiga IndonesiaBakat Muda IndonesiaLiga 1Marselino FerdinanBerita Liga 1Binder SinghPedriBRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini