x

Dibuang Barcelona dan AC Milan, Alen Halilovic sang Messi Kroasia Kini Makin Tenggelam

Jumat, 8 April 2022 15:12 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Alen Halilovic, pemain yang dulu sempat disebut-sebut Lionel Messi-nya Kroasia. Foto: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Melihat kabar terbaru Alen Halilovic, eks Barcelona dan AC Milan yang sempat dijuluki Lionel Messi Kroasia.

Kroasia memang bukan negara penghasil maupun penyuplai seabrek pesepak bola ternama dunia seperti Argentina, Brasil, Inggris, Jerman, maupun Spanyol.

Baca Juga

Namun mereka memiliki sejumlah pemain yang cukup dikenal publik dan membela tim-tim top Eropa. Sebut saja Luka Modric, Ivan Perisic, Ivan Rakitic, Ante Rebic, Meteo Kovacic, dan masih banyak lagi.

Kemudian ada juga legenda macam Zvonimir Boban dan mantan pemain yang kemudian jadi pelatih, Niko Kovac.

Di antara nama-nama tersebut pun terselip sosok Alen Halilovic, yang semasa remajanya digadang-gadang sebagai the next Lionel Messi.

Baca Juga

Tentu ada banyak calon penerus La Pulga yang namanya sempat mencuat ke permukaan, termasuk yang paling terkenal Bojan Krkic, yang kini membela klub Jepang, Vissel Kobe.

Bojan Krikic dibilang gagal, iya. Karena, memang tidak mudah menyandang predikat the next Lionel Messi lantaran akan ada banyak pasang mata yang memandang dan bersikap judgemental.

Begitu pula Alen Halilovic, yang tidak luput dari istilah keramat ‘the next’ tersebut. Mau tidak mau ia harus berkutat dengan ekspektasi publik yang tinggi dan risiko dibanding-bandingkan.

Baca Juga

Alen Halilovic sendiri tercatat pernah membela klub yang membesarkan nama Lionel Messi, Barcelona, saat usianya masih 18 tahun.

Ia bahkan sempat menggegerkan publik dengan sepak terjangnya yang debut di Liga Champions saat berusia 16 tahun pada 24 Oktober 2012.


1. Cemerlang di Dinamo Zagreb, Gagal Total di Barcelona dan AC Milan

Alen Halilovic, pemain yang dulu sempat disebut-sebut Lionel Messi-nya Kroasia. Foto: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images.

Namun pada waktu itu, ia masih berseragam Dinamo Zagreb dan masuk sebagai pengganti Mateo Kovacic.

Berkat penampilannya itu, Alen Halilovic mencetak rekor sebagai pemain termuda sepanjang sejarah klub ini bermain di Liga Champions.

Baca Juga

Akan tetapi, pencapaian itu ternyata belum seberapa. Di level timnas, pemuda asal Dubrovnik itu sudah dipanggil ke level senior ketika usianya masih 16 tahun.

Sebelumnya pun, ia sudah membela timnas di segala kelompok umur seperti U-14, U-15, U-16, U-17, dan U-21. Alhasil, saat itu ia memecahkan rekor debutan termuda sepanjang sejarah sepak bola Kroasia.

Dengan sepak terjangnya yang gemilang sejak usia remaja, Alen Halilovic terlihat sama menawannya dengan Lionel Messi saat masih muda dulu.

Baca Juga

Tidak ayal, sepertinya julukan Lionel Messi-nya Kroasia tidak buruk-buruk amat jika harus disematkan padanya.

Setelah tampil potensial dan menarik hati bersama Dinamo Zagreb, Alen Halilovic kemudian dilirik Barcelona yang kemudian mendatangkannya pada 2014.

Di Barcelona Messi Kroasia akhirnya bisa bekerja sama dengan Messi betulan. Hanya saja, kenyataan terkadang tidak seindah harapan.

Baca Juga

Alen Halilovic malah bermain di Barcelona B dan dikirim sebagai pemain pinjaman, sampai AC Milan datang dan ingin menyelamatkannya dari keterpurukan karier.

Namun di AC Milan nasibnya ternyata tidak banyak berubah dan bahkan hanya dimainkan tiga kali selama musim 2018-2019 di Liga Europa, tanpa satu pun kesempatan unjuk gigi di Serie A Liga Italia.


2. Hengkang ke Liga Inggris

Alen Halilovic, pemain yang dulu sempat disebut-sebut Lionel Messi-nya Kroasia. Foto: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images.

Bukan hanya itu, ia lagi-lagi dilepas sebagai pinjaman ke klub lain alih-alih memupuk kariernya di AC Milan.

Setelah kegagalan di dua klub besar seperti Barcelona dan AC Milan, kini Alen Halilovic merumput di Liga Inggris. Hanya saja, tidak bersama para raksasa seperti Liverpool, duo Manchester, maupun yang lainnya.

Baca Juga

Pada November 2020 setelah dipinjamkan Rossoneri ke Standard Liege dan Heerenveen, Alen Halilovic pergi dari San Siro menuju klub Inggris, Birmingham City.

Pada musim 2020-2021, ia mencatkan 17 penampilan untuk Birmingham City di Divisi Championship dan hanya mencetak satu gol.

Setelah itu, ia melanjutkan perjalanan kariernya di Divisi Championship, kali ini bersama Reading FC, yang merekrutnya pada Agustus 2021.

Baca Juga

Kabarnya sempat ditawari kembali ke Kroasia dan bahkan menuju ke klub China, Alen Halilovic lebih memilih Liga Inggris yang dicintainya sebagai ‘habitat’ mengais rezeki dan membina karier.

Jika harus merangkum perjalanan karier Alen Halilovic, ia adalah pemain yang reputasinya berubah dari wonderkid sensasional Dinamo Zagreb menjadi pengelana dan petualang yang kerap berpindah klub.

Lionel Messi Kroasia tersebut kini menjalani kisahnya bersama Reading, bahkan sempat ditempatkan di tim U-23 mereka yang berlaga di Premier League 2.

Baca Juga

Lalu untuk musim 2021-2022 ini, ia telah mencatatkan 11 penampilan di Divisi Championship, dengan satu gol dan dua assist.

Lantas, akan seperti apa masa depan Alen Halilovic? Apakah suatu hari nanti ia bisa mengangkat derajatnya dengan bermain di klub yang lebih besar?

KroasiaBarcelonaLionel MessiAC MilanAlen HalilovicBola Internasional

Berita Terkini