x

4 Klub Liga Italia dengan Skuad Termahal Musim Ini, Yang Doyan Gratisan Minggir Dulu

Minggu, 10 April 2022 19:44 WIB
Editor: Juni Adi
Logo dan bola Serie A Liga Italia

INDOSPORT.COM - Meski dikenal sebagai tim yang irit, namun ada empat klub Liga Italia yang mempunyai skuad termahal. Siapa saja mereka?

Komeptisi kasta tertinggi di Italia, Seriea A Liga Italia, semakin seru memasuki penghujung musim ini. Total ada tiga tim yang berpeluang merebut scudetto yakni AC Milan, Napoli, dan Inter Milan.

Baca Juga

Ketiga saat ini menempati posisi tiga besar, dengan selisih poin yang sangat tipis. 

AC Milan berada di puncak klasemen Liga Italia dengan 67 poin dari 31 pertandingan, dibuntuti Napoli dengan 66 poin dan Inter Milan mengintip peluang di posisi ketiga dengan 63 poin.

Sengitnya persaingan di Liga Italia dalam memperebutkan gelar musim ini, seakan mengikis anggapan kalau kompetisi sepak bola kasta tertinggi Negeri Pizza tersebut sudah tidak lagi kompetitif dan menarik.

Baca Juga

Apalagi pemain-pemain yang didatangkan juga tak begitu jempolan, lantaran kualitasnya pemain bintangnya nomor dua akibat kemampuan finansial klub yang sangat minim. 

Mendatangkan pemain dengan nilai transfer tidak terlalu mahal hingga memilih opsi pinjaman jadi jalan keluar mereka bisa memboyong pemain idaman kebutuhan tim.

Baca Juga

Kendati demikian, bukan berarti nilai skuad tim di Liga Italia dipandang sebelah mata. Sebab ada beberapa tim yang memiliki skuad mahal musim ini. Siapa saja?


1. Juventus

Penyerang Juventus, Dusan Vlahovic Foto: REUTERS-Massimo Pinca

Musim panas lalu Juventus terpaksa harus kehilangan mesin gol mereka, Cristiano Ronaldo. Hal tersebut tentu berpengaruh besar kepada performa klub.

Juventus kesulitan mencetak gol karena stok penyerang yang mereka punya tak mampu mengantikan peran Ronaldo. Alhasil, Si Nyonya Tua pun mengincar striker baru.

Baca Juga

Bursa transfer musim dingin kemarin jadi momen yang tepat. Mereka akhirnya memenangkan perburuan mendapatkan striker tajam, Dusan Vlahovic.

Dusan Vlahovic diboyong Juventus dari Fiorentina dengan harga 80 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun.

Hingga saat ini Juventus masih memegang status skuad termahal di Serie A dengan nilai 540 juta euro atau sekitar Rp8,5 triliun. 

Baca Juga

Napoli

Musim lalu Napoli tampil kurang memuaskan dengan terlempar dari peringkat empat besar di akhir musim. Hal ini membuat manajemen klub berbenah.

Pelatih Gennaro Gattuso digantikan oleh Luciano Spaletti. Keputusannya cukup tepat, karena mantan pelatih Inter Milan itu sukses mengantarkan Napoli menjadi kandidat kuat peraih gelar liga musim ini.

Baca Juga

Padahal Spaletti hanya berbekal skuad yang mayoritas adalah pemain musim lalu, dimana notabenenya adalah gagal bersaing musim lalu.

Mereka hanya mendatangkan  dua pemain pinjaman, André Zambo Anguissa dan Axel Tuenzebe. 

Meski demikian, Napoli adalah skuad termahal kedua dengan nilai 306,1 juta euro atau sekitar Rp4,8 triliun. 


2. AS Roma

Skuat AC Milan merayakan gol Pierre Kalulu ke gawang Empoli (13/03/22). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

AS Roma membuat kejuran dengan mendatangkan pelatih terkenal dan berpengalaman di sepak bola Eropa, Jose Mourinho. 

Hal ini membuat klub mengubah strategi transfer klub, dengan lebih aktif menggaet pemain incaran kebutuhan tim demi memperkuat tim bersaing di berbagai kompetisi.

Total sembilan pemain mereka datangkan, di antaranya adalah Tammy Abraham yang paling mahal dibeli oleh Giallorosi.

Tammy diboyong dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp631 miliar dari Chelsea. Skuad AS Roma musim ini sendiri akhirnya bernilai 283,4 juta euro atau sekitar 4,5 triliun. 

AC Milan

Status klub besar Liga Italia dan raksasa Eropa, mulai kembali dihidupkan lagi oleh AC Milan setelah diakui oleh Elliot Management.

Kebijakan transfer klub pun diubah dengan berani mendatangkan pemain berlabel mahal, ketimbang mencari pemain pinjaman dengan kualitas yang sudah habis.

Paolo Maldini diangkat sebagai Direktur Teknik klub. Legenda klub ini pun mendatangkan sederet pemain muda berbakat, seperti Theo Hernandez, Sandro Tonali, Fikayo Tomori, hingga Mike Maignan.

Proyek ini pun mulai berbuah hasil musim 2021/2022. Mereka menjadi kandidat utama peraih Scudetto musim ini. Kini, nilai skuad Rossoneri bernilai 233,52 juta euro atau sekitar Rp3,7 triliun.

AC MilanJuventusNapoliLiga ItaliaTRIVIABerita Liga Italia

Berita Terkini