x

Rekap Bursa Transfer Liga 1: Persebaya dan Arema FC Bergerak Lagi

Senin, 11 April 2022 20:51 WIB
Editor: Juni Adi
Protes para pemain Persebaya usai Samsul Arif dijegal di depan mata wasit.

INDOSPORT.COM - Berikut rangkuman berita bursa transfer Liga 1 sepanjang hari Senin (10/04/22)  dari yang sudah resmi hingga yang masih rumor.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia saat ini memang tengah mengalami rehat, setelah menyelesaikannya beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Nama Bali United keluar sebagai juaranya. Akan tetapi meski sudah selesai, klub-klub masih mempunyai kesibukan kali ini dalam hal perekrutan pemain.

Seperti kita tahu setiap kompetisi selesai, bursa transfer telah resmi dibuka. Hal itu membuat klub bergerak cepat mengamankan pemain incarannya.

Beberapa di antaranya sudah mendapatkan pemain atau pelatih yang diinginkan. Namun masih ada juga yang terus bergerak untuk menambah pemain baru lagi, salah satunya adalah Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Dua nama baru kabarnya akan segera merapat jadi rekrutan keempat dan kelima setelah Leo Lelis, Andre Oktaviansyah, dan M. Zaenuri.

Pemain yang dirumorkan adalah Atalariq Erfa Aqsal Ballah dan Aidil Usman Diarra. Keduanya merupakan pemain yang lahir di Indonesia tapi memiliki darah Afrika dari sang ayah.

Alta Ballah adalah putra dari mantan pesepakbola Anthony Jomah Ballah yang pernah malang melintang di sejumlah klub Liga 1 termasuk Persebaya.

Baca Juga

Sedangkan Usman Diarra Usman Diarra adalah pemain depan yang kini lebih banyak turun sebagai penyerang lubang atau gelandang serang. 

Ia lahir dari ayah asli Mali dan ibu asli minang, Sumater Barat. Alta Ballah musim lalu memperkuat Persita, sedangkan Usman Diarra merupakan pemain PSKC Cimahi serta Kalteng Putra di Liga 2 musim lalu.

Sejauh ini, rumor tersebut terus berkembang. Hingga kabar terkini bahkan Usman Diarra sudah berada di Surabaya untuk menjalani semacam trial.


1. Arema FC

Ilham Udin Armaiyn menjadi satu pemain anyar Arema FC untuk Liga 1 musim depan. Foto: Arema FC

Arema FC kembali melanjutkan pergerakannya di bursa transfer Liga 1. Setelah merekrut empat pemain anyar yakni Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola, dan Andik Rendika Rama.

Kini tiga pemain baru mereka datangkan lagi, Ilham Udin Armaiyn, Hasim Kipuw dan Hanis Sagara. 

Baca Juga

Ketiga diperkenalkan Arema FC langsung didampingin Presiden klub, Gilang Widya Pramana atau biasa disapa Juragan 99 dan juga manajer Arema FC, Ali Rifki.

Hasyim Kipuw dan Ilham Udin musim lalu berkostum PSM Makassar, sedangkan Hanis Sagara adalah pemain Tira Persikabo.

"Kami tak mau main-main. Untuk musim depan kami menginginkan pemain-pemain terbaik untuk Arema FC," kata Juragan 99.

Baca Juga

"Yang pasti, kami mendatangkan pemain sesuai dengan kebutuhan tim. Kebetulan memang ada pemain yang sebelumnya sempat membela Arema juga," ujarnya menambahkan.

Rans Cilegon FC

 RANS Cilegon FC resmi kembali menunjuk Rahmad Darmawan sebagai pelatih klub untuk menghadapi Liga 1 musim mendatang.

Tak hanya Rahmad Darmawan, jajaran pelatih yang lama seperti Mohammad Nasuha dan Bayu Eka Sari sebagai Asisten Pelatih, Nurcholis sebagai Pelatih Fisik, Yanuar Hermansyah sebagai Pelatih Kiper.

Selain nama nama ada dua nama baru dalam staf kepelatihan yakni Muchammad Ulil Abror sebagai Video Analyst dan satu nama yang masih dalam tahap pembicaraan manajemen RANS Cilegon FC. 

Baca Juga

Pada musim 2021/2022 Rahmad Darmawan sukses mengantarkan RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1.

Dan pada musim yang sama Pelatih asal Lampung ini berhasil menyelamatkan Barito Putera dari jurang degradasi Liga 1. 

Dengan prestasi tersebut semakin memantapkan RANS Cilegon FC untuk kembali meminang Rahmad Darmawan untuk melanjutkan perjuangan.

Dengan harapan bisa membawa RANS Cilegon FC menjadi tim yang semakin kuat dan kompetitif.  


2. Persib Bandung

Para pemain Persija merayakan bersama teman satu timnya usai mencetak gol ke gawang Persikabo. Foto: Khairul Imam/Persija

Persib Bandung sejauh ini baru mendatangkan dua pemain anyar Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya untuk menambah kekuatan bersaing gelar juara di Liga 1 musim depan.

Hal itu juga dikonfirmasi langsung oleh Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono.

Baca Juga

"Dalam proses perekrutan pemain semua tidak bisa dibuka di media. Namanya proses rekrutmen belum tentu tidak bisa berhasil semua," ujar Teddy.

"Jadi yah, kita akan tetap terbuka, untuk tiap kali ada kesempatan menambah pemain sampai dengan pendaftaran pemain ditutup untuk keperluan liga 1," ucap Teddy.

Kendati demikian kabarnya Persib Bandung terus bergerak mencari talenta-talenta terbaik. 

Baca Juga

Setelah santer temui kata sepakat untuk transfer winger Persija Jakarta Osvaldo Haay, Persib Bandung kini disebut-sebut mengalihkan bidikannya kepada pemain Macan Kemayoran lainnya, yakni Ryuji Utomo.

PSM Makassar

Jelang kompetisi Liga 1 musim baru, sebuah kejutan dialami oleh PSM Makassar. Mereka baru saja melepas tiga pilar utama tim musim lalu.

Ketiganya adalah Hasim Kipuw, Hilmansyah, dan Ilham Udin. Kepergian ketiganya diumukan PSM Makassar melalui akun Instagramnya, Sabtu, 9 April 2022. 

"Terima kasih Hilmansyah, Hasim Kipuw, dan Ilham Udin yang telah berjuang bersama Juku Eja. Sukses untuk perjalanan karirnya, sampai jumpa lagi," tulis mereka seraya menyertakan foto ketiga pemain.

Di Liga 1 2021-2022, Hilmansyah, Hasim Kipuw, dan Ilham Udin Armaiyn menjadi andalan tim berjuluk Juku Eja itu. 

Ilham Udin menjadi pemain yang paling sedikit menit bermainnya dibandingkan Hilmansyah dan Hasim Kipuw. Ia mencatatkan 1.647 menit dari 28 kali penampilan.

Bursa TransferPersebaya SurabayaPersib BandungPSM MakassarLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini