x

Didampingi Pelatih Brasil, Klub Liga 3 Pakuan City Lebarkan Sayap ke Portugal

Jumat, 15 April 2022 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pakuan City FC menjalin kerja sama dengan agensi sepak bola Elite X07 Sports Management di Portugal.

INDOSPORT.COM - Didampingi pelatih asal Brasil, Jaino Matos, klub Liga 3 Pakuan City menggebrak sepak bola Tanah Air karena tim telah menjalin kerja sama di Portugal.

PT Pakuan Andalan Siliwangi yang dinakhodai Dodi Irwan Suparno, seorang dokter hewan, mengambil langkah jangka panjang dalam upaya memajukan sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Setelah Pakuan City FC, klub Liga 3 asal Jawa Barat resmi dipayungi oleh badan hukum, dan menancapkan eksistensinya dalam beberapa kompetisi resmi PSSI.

Kemudian, ini PT Pakuan Andalan Siliwangi juga mendirikan sebuah unit yang diberi nama Pakuan Football Enterprise. 

Pakuan Football Enterprise merupakan unit yang diinisiasi oleh Dodi Suparno bersama Co-Founder Jaino Matos, yang mengusung konsep 'Football Smart Solutions'.

Baca Juga

"Kami memanfaatkan serta memaksimalkan jaringan yang luas di seluruh negara bagian di dunia, terutama yang memiliki kultur sepak bola dengan kredibilitas tinggi."

"Kami memiliki beberapa program di dalam Konsep Football Smart Solutions, salah satu yang jadi elemen penting untuk kemajuan para pesepakbola ialah manajemen karir dan investasi dalam sepak bola," ujar Dodi.

Nantinya, perusahaan ini akan mewadahi para pesepak bola Indonesia yang ingin merumput di kancah internasional, seperti pemain Brasil yang kini menyebar di dunia.

Baca Juga

"Ya, kami ingin semakin banyak pesepak bola Indonesia yang bisa merumput di berbagai negara di dunia," ucap Dodi.

"Kami yakin, Indonesia juga pasti bisa menuju ke arah sana, dengan menanamkan program persiapan pemain muda usia 10-15 tahun untuk mencapai performa terbaiknya.


1. Teken Kerja Sama dengan Agensi Portugal

Pakuan City FC menjalin kerja sama dengan agensi sepak bola Elite X07 Sports Management di Portugal.

PT Pakuan Andalan Siliwangi yang menaungi klub Liga 3 Pakuan City FC, memiliki ambisi besar untuk mengorbitkan pemain sepak bola Indonesia di luar negeri.

Maka dari itu, pembinaan dilakukan secara terstruktur, mulai dari pemain muda yang dibekali dengan sport science dan moral.

Baca Juga

"Kami menitikberatkan pada pendidikan sikap, mental, fisik dan kebutuhan nutrisi yang saat ini sudah diterapkan di Pakuan City FC," terang Dodi Irwan Suparno.

"Kami berkolaborasi bersama para ahli nutrisi, psikologi, sosiologi, ilmu olahraga dan aspek teknis lainnya. Pakuan City FC menjadi wadah untuk mencetak pemain muda berkualitas di level internasional."

Baca Juga

Keseriusan ini dibuktikan dengan agenda Pakuan Football Enterprise yang kini ada di Portugal, guna menjalin kerja sama dengan beberapa stakeholder sepak bola di sana.

Eksistensi Pakuan Football Enterprise di Negara kelahiran Cristiano Ronaldo itu ditandai dengan Penandatanganan Nota Kemitraan bersama Elite X07 Sports Management.

Baca Juga

Penandatanganan dilakukan oleh Chairman Dodi Irwan Suparno bersama Jaino Matos, dan Kevin Alfendo, yang juga disaksikan langsung oleh Duta Besar RI di Portugal, Rudy Alfonso.


2. Jaino Matos, Sosok Penting di Balik Pakuan City FC

Logo Pakuan City FC.

Klub anyar Liga 3 asal Bogor, Pakuan City FC, tengah merancang sebuah gebrakan untuk sepak bola Indonesia, yaitu dengan melebarkan kerja sama dengan Portugal.

Pakuan City FC hendak membangun kultur modern ala Eropa dengan bantuan seorang pelatih berpaspor Brasil, yakni Jaino Matos. 

"Pakuan City FC memiliki visi jangka panjang," kata Jaino Matos kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Maret lalu.

"Yang paling penting untuk dilakukan selama beberapa tahun ke depan adalah membangun karakter atau jati diri klub."

Di Indonesia, Jaino Matos sudah malang melintang bekerja di sejumlah klub Liga 1 seperti Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Borneo FC, dan Badak Lampung FC.

PortugalBrasilJaino MatosLiga IndonesiaLiga 3Pakuan City FC

Berita Terkini