x

Pakuan City FC, Pendatang Baru Liga 3 Hasil Inisiatif Juragan Pet Shop

Senin, 3 Januari 2022 15:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Logo Pakuan City FC.

INDOSPORT.COM - Tren pengusaha yang mulai melirik klub sepak bola selama beberapa tahun terakhir tampaknya semakin marak. Metode yang paling sering dipakai yaitu mengakuisisi tim lain, seperti pendatang baru Liga 3 2021 asal Bogor, Pakuan City FC

Klub yang identik dengan warna ungu ini memang belum lama terbentuk. Mereka melakukan launching pada 20 September silam, dan resmi terdaftar sebagai anggota Asprov PSSI setempat berselang 10 hari kemudian, 30 September 2021. 

Baca Juga
Baca Juga

Pakuan City FC kabarnya mengakuisisi Cirebon FC pada 11 Agustus 2021. Mereka segera menancapkan eksistensi di jagat sepak bola nasional, tepatnya Liga 3 2021 zona Jawa Barat seri 2. 

Berikutnya, Pakuan City FC langsung bergerak melakukan seleksi pemain dan merekrut staf kepelatihan, termasuk memboyong salah satu nama beken yang turut membidani berdirinya Akademi Persib Bandung sekitar satu dekade lalu, Jaino Matos. Dia ditunjuk sebagai Direktur Olahraga merangkap Dewan Komisaris klub. 

"Keputusan mendatangkan Jaino Matos adalah perwujudan dari keseriusan kami membangun kultur profesionalisme sebagai wadah pengembangan sepak bola usia dini," kata CEO Pakuan City FC, Dodi Irwan Suparno, 28 Oktober silam. 

Ya, Pakuan City FC bukan cuma ingin mentas di Liga 3 2021, melainkan juga merintis akademi untuk mendidik dan mencetak pemain-pemain muda berkualitas. Mereka nantinya akan diturunkan dalam ajang Piala Soeratin U-15 dan U-17. 

Kiprah Pakuan City FC dimulai dengan mengikuti turnamen Piala Walikota Bogor 2021, bulan lalu. Mereka sukses meraih juara usai mengalahkan Ebod Jaya di final, bahkan menyingkirkan klub bernama besar sekaliber Persikab Kab. Bandung di semifinal. 

"Tak ada perjuangan yang sia-sia. Segala jerih payah, keringat, usaha, dan waktu terbayar lunas di Piala Walikota Bogor. Momen ini menjadi awal yang sangat baik buat Pakuan City FC," cetus sang CEO. 

Dodi Irwan Suparno sepertinya sangat serius membangun kembali sepak bola Bogor. Pria yang juga berprofesi sebagai dokter hewan ini sebelumnya membidani sekaligus menjabat Owner dan Ketua Akademi Persib Bandung di Bogor sejak Maret 2020. 

Dengan latar belakang sebagai pengusaha sukses di bidang vetenarian yang memiliki sejumlah gerai pet shop di wilayah Jawa Barat, Dodi terjun langsung mengurusi Pakuan City FC. Dia memang diketahui 'gila bola' dan memiliki keinginan besar mengembangkan sepak bola usia dini. 


1. Liga 3 Jabar Seri 2

Logo klub Liga 3, Pakuan City FC.

Dalam waktu dekat, Pakuan City FC akan melakoni debut di Liga 3 2021 zona Jawa Barat Seri 2. Mereka diketahui tergabung di Grup H bareng Saint Prima (Bandung), Blaster FC (Karawang), dan Tunas Rifo (Bandung). 

Liga 3 2021 Jawa Barat seri 2 diikuti total 44 klub yang tersebar di 11 grup dan dijadwalkan kick-off pada Selasa (4/1/22). Pakuan City FC beserta klub-klub lain yang tergabung di Grup C, E, G, dan H bakal bertanding di Lapangan Soccer Training Si Jalak Harupat, Kab. Bandung.

Baca Juga
Baca Juga

Ada pun jadwal Pakuan City FC di Liga 3 2021 Jawa Barat seri 2 antara lain melawan Saint Prima, Selasa (4/1/21), lalu Blaster FC (6 Januari), dan Tunas Rifo (8 Januari).

Persib BandungJawa BaratJaino MatosLiga IndonesiaBogorLiga 3Bola IndonesiaPakuan City FC

Berita Terkini