x

Sejarah Toulon Tournament, Ronaldo Pernah Bawa Portugal Juara hingga Egy Sempat Raih Penghargaan

Sabtu, 16 April 2022 15:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Sejarah Toulon Turnament, Cristiano Ronaldo Pernah Bawa Portugal Juara hingga Egy Sempat Raih Penghargaan.

INDOSPORT.COM - Berikut sejarah singkat Toulon Tournament, di mana Cristiano Ronaldo pernah membawa Portugal juara dan Egy Maulana Vikri sempat sabet penghargaan individu.

Seperti diketahui, Toulon Tournament merupakan turnamen paling bergengsi kelompok usia di bawah 21 tahun yang sudah melahirkan beberapa pemain-pemain top pada masanya.

Baca Juga

Turnamen ini pertama kali digelar pada 1967, dan baru rutin digelar tiap tahun, sejak 1974 silam. Nama Toulon, diambil karena menjadi kota ajang ini digelar yakni berada di Prancis Selatan atau tepi Laut Mediterania.

Ada beberapa nama pemain bintang elite dunia yang pernah merasakan kompetisi di Toulon Tournament sebelum terkenal pada masanya.

Baca Juga

Mereka yaitu Zinedine Zidane (1991), David Beckham (1996), Thierry Henry (1997), Cristiano Ronaldo (2003), Frank Lampard, ( 1998) dan masih banyak yang lain.

Sementara itu, Timnas Indonesia juga pernah bermain di ajang ini yakni pada 2017 lalu saat diarsiteki oleh Indra Sjafri dan diperkuat Egy Maulana Vikri.

Baca Juga

Kemudian pada tahun 2022 ini, Timnas Indonesia mendapatkan undangan untuk terbang ke Prancis. PSSI bakal mengirim skuat U-19 dengan dikomandoi oleh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tidak mudah di Toulon Tournament 2022. Hal itu lantaran mereka tergabung di Grup B bersama Meksiko, Venezuela dan tim raksasa Afrika yaitu Ghana.


1. Cristiano Ronaldo Pernah Bawa Portugal Meraih Juara

Cristiano Ronaldo mencetak gol keduanya di laga Manchester United vs Tottenham Hotspur (13/03/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu alumni Toulon Turnament. Ia sempat mengikuti turnamen ini pada 2003 silam di usia yang masih menginjak 18 tahun.

Baca Juga

Di Toulon Turnament Cristiano Ronaldo tampil apik dengan berhasil membawa timnas Portugal meraih gelar juara setelah menang atas Italia di partai final dengan skor 3-1.

Baca Juga

Setelah mengikuti turnamen itu, kariernya mulai menanjak bersama klub Portugal, Sporting Lisbon. Ia kemudian sukses mencuri hati manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson. 

Setelah bersegaram Setan Merah, Cristiano Ronaldo perlahan menjelma sebagai salah satu pemain sepak bola di dunia hingga meraih lima kali gelar Ballon d'Or.

Baca Juga

Hingga kini usianya yang sudah meginjak 37 tahun, Ronaldo juga masih subur. Ia tercatat sudah mencetak 12 gol dalam 25 penampilan Liga Inggris musim 2021-2022.


2. Egy Pernah Meraih Pengharagaan

Egy Maulana Vikri pada laga final Piala AFF 2020 kontra Thailand

Siapa sangka, ada salah satu pemain Timnas Indonesia yang pernah meraih penghargaan di turnamen bergengsi tersebut. Pemain itu yakni Egy Maulana Vikri.

Seperti diketahu, Timnas Indonesia pernah mengirim pasukan untuk mengikuti  Toulon Tournament pada 2017 lalu untuk persiapan enghadapi Piala Asia U-19 di kandang sendiri pada tahun 2018.

Pada edisi tersebut, Timnas Indonesia masih dilatih oleh Indra Sjafrie dan masih diperkuat oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Meski harus kalah tiga kali beruntun, namun fans Garuda patut bangga karena Egy Maulana Vikri meraih penghargaan Jouer Revelation Trophee atau pendatang baru terbaik.

Penghargaan tersebut membuat Egy menjadi buruan klub-klub elit Eropa dan saat itu Lechia Gdansk jadi tim yang beruntung mendapatkan jasa pemain jebolan Diklat Ragunan tersebut.

Baca Juga
Cristiano RonaldoTimnas IndonesiaEgy Maulana VikriShin Tae-yongToulon Tournament

Berita Terkini