x

Tergantung Agenda Timnas, Turnamen Pramusim Liga 1 Direncanakan Berlangsung Awal Juni

Sabtu, 23 April 2022 13:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah merencanakan menggulirkan turnamen pramusim yang dijadwalkan berlangsung pada awal Juni 2022.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah merencanakan menggulirkan turnamen pramusim yang dijadwalkan berlangsung pada awal Juni 2022. 

Hal ini diutarakan oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Namun sebelum menggulirkan turnamen pramusim, LIB akan melihat dulu agenda Timnas Indonesia agar tidak bentrok.

Baca Juga

"Ya Juni mudah-mudahan (Turnamen pramusim) awal Juni bisa dilangsungkan," ucap Akhmad Hadian Lukita ketika dihubungi pewarta.

Seperti diketahui turnamen pramusim memang kerap dilaksanakan pada awal menjelang musim kompetisi baru.

Baca Juga

Turnamen pramusim dijadikan sebagai ajang pemanasan bagi peserta-peserta menjelang bertarung di Liga 1 musim 2022/2023 nantinya.

Untuk menentukan tanggal yang pas, Lukita mengatakan nantinya PT LIB akan berkirim surat kepada klub-klub para peserta Liga 1 terlebih dahulu.

Baca Juga

1. Tanggal Belum Ditentukan

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Meski begitu PT LIB belum bisa menentukan kapan tanggal akan berlangsungnya turnamen pramusim tersebut. Pihaknya terlebih dahulu akan melayangkan surat undangan kepada para klub peserta.

"Saya belum tahu tanggalnya, belum ditetapkan tapi mungkin sebelum itu. Awal minggu depan kami kirim surat ke klub-klub tentang persiapan pramusim," lanjutnya.

Baca Juga

Lukita juga menjelaskan, setidaknya turnamen pramusim diharapkan berlangsung tidak terlalu dekat dengan jadwal kick off Liga 1 musim depan.

"Yang pasti kami akan bersurat ke klub-klub, misalnya tanggal berapa yang pas. Jangan sampai terlalu dekat dengan Liga juga, minimal ada jeda dua minggu (sebelum liga)." ungkapnya.

Mengenai hal ini Lukita mengungkapkan sudah mulai ada pembicaraan. Dalam hal ini PT LIB menindaklanjuti keinginan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk digelarnya turnamen pramusim.

"Kebetulan kami ada Raker (Rapat Kerja) di internal LIB. Di sini kami langsung menyusun rencana setelah ada statement dari Pak Ketum (Mochamad Iriawan). Begitu juga kalau ada rencana pramusim, kan Pak Ketum juga bilang begitu," sambungnya.

Baca Juga

"Jadi kami sedang merencanakan kegiatan pramusim kira-kira tanggal berapa. Jangan sampai jadwal yang kami buat bentrok, (karena ada) Piala Dunia, SEA Games, yang jelas kami coba mengajukan."

"Ini kan tanggal dan segala macamnya dari LIB, nantinya didiskusikan dengan PSSI," pungkasnya.


2. Persib Agendakan Pramusim Lawan Klub Asing

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menilai pada persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan skuat Maung Bandung membutuhkan pertandingan uji coba.

Hanya saja, idealnya pertandingan uji coba tersebut bukan menghadapi tim peserta Liga 1 atau yang ada di Indonesia, melainkan dengan lawan yang berasal dari luar negeri.

Pelatih asal Belanda ini, sepertinya tidak ingin persiapan skuat Persib Bandung terpantau oleh tim peserta Liga 1 lainnya, sehingga dia berusaha agar anak asuhnya tidak bertemu dengan tim peserta kompetisi.

"Tapi tentunya lebih bijak jika memainkan laga uji coba di pramusim tanpa bermain melawan sesama tim Indonesia," kata Robert Alberts.

Mantan pelatih klub Liga 1, PSM Makassar, ini menambahkan, pramusim akan dimaksimalkan olehnya untuk mematangkan persiapan anak asuhnya, sehingga saat kompetisi bergulir skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal. 

Baca Selengkapnya: Liga 1: Tak Mau Strateginya Bocor, Persib Agendakan Pramusim Lawan Klub Asing

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Turnamen Pramusim 2022Liga 1 2022-2023

Berita Terkini