x

Penjelasan PSSI Terkait Sponsor, Penonton dan Turnamen Pramusim Liga 1 2022

Sabtu, 2 April 2022 14:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
PSSI berencana akan segera menggulirkan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 pada bulan Juni atau Juli mendatang.

INDOSPORT.COM - PSSI berencana akan segera menggulirkan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 pada bulan Juni atau Juli mendatang.

Federasi tidak ingin terlambat menggelar kompetisi karena banyak hal yang harus disesuaikan dari FIFA match day, SEA Games, Asian Games, Kualifikasi Piala Asia hingga Piala Dunia.

Baca Juga

Sekjen PSSI, Yunus Nusi bersyukur Liga 1 2021 berjalan sukses di tengah pandemi. Hal itu membuka peluang kompetisi musim depan digelar lebih terstruktur. 

"Pertama kami bersyukur kompetisi akhirnya selesai di tengah pandemi Covid-19. Dari PSSI tentu ini menjadi prestasi juga. Inilah kemampuan kami bersama PT LIB," kata Yunus Nusi. 

Baca Juga

PSSI berharap BRI selaku sponsor utama masih menyokong Liga 1 musim 2022. Pembicaraan dengan pihak terkait langsung ditangani ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

PSSI harus bergerak cepat karena rencananya Liga 1 dimulai Juni atau Juli 2022. PSSI harus menyesuaikan dengan agenda internasional agar tidak berbenturan dengan kompetisi lokal. 

Baca Juga

"Mudah-mudahan akan melanjutkan support. Insya Allah akan dibicarakan bersama ketum dan dirut PT LIB," tutur Yunus Nusi soal kerja sama dengan BRI selaku sponsor utama Liga 1. 

"Drafting (kompetisi) akan dikomunikasikan dengan klub juga dan akan dutentukan pada Kongres (PSSI) di bulan Juni," lanjut Yunus. 


1. Kompetisi Pramusim

Pramusim bertajuk Piala Menpora sebelum menggelar Liga 1 2021.

Sebelum menggulirkan kompetisi Liga 1 2022/2023, PSSI juga mengisyaratkan akan menggelar turnamen pra musim terlebih dahulu.

Baca Juga

Hal itu memberikan kesempatan bagi klub peserta Liga 1 agar bisa melakukan pemanasan dan mempersiapkan diri lebih matang sebelum terjun di kompetisi sesungguhnya. 

Belum diketahui title mana yang akan digunakan di pra musim. PSSI baru akan memutuskan hal tersebut usai pertemuan Ketum dan PT LIB April ini.

Seperti diketahui, sebelumnya operator telah sukses menggelar pramusim bertajuk Piala Menpora sebelum menggelar Liga 1 2021.

Baca Juga

"Nanti akan diputuskan, tapi pramusim pasti ada. Tapi kapannya akan diputuskan dalam rapat ketum dan dirut LIB bulan April dan titelnya apa akan ditentukan," jelas Yunus Nusi. 


2. Sistem Home Away

Rencananya, Liga 1 2022/2023 akan kembali normal atau menggunakan sistem kandang tandang.

Rencananya, Liga 1 2022/2023 akan kembali normal atau menggunakan sistem kandang tandang. PSSI juga membuka peluang bagi penonton untuk hadir langsung di stadion. 

Tetapi, wacana penonton akan ditinjau ulang sesuai dengan peraturan dari pemerintah, mengingat masih ada covid-19. 

"Kami sudah diberikan peluang melalui Presiden ke Menteri dan ketum (PSSI) tapi kami tak mau ambil resiko besar. Kami optimistis musim depan sudah normal sebagaimana mestinya," tuntas Yunus Nusi. 

Sementara itu, pengelola kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga berencana menggulirkan Liga 1 musim depan pada Juli 2022. LIB menargetkan Liga 1 musim depan selesai sebelum ramadan 2023 yang jatuh pada Maret-April 2023.

PSSISEA GamesPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini