x

Liga 3: Terbawa Suasana Ramadan di Indonesia, Pelatih Spanyol Ikut Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 07:44 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Eduardo Perez, eks asisten Timnas Indonesia pantau Piala Soeratin U15. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Akademi sepak bola ternama yang belakangan telah bertransformasi menjadi klub profesional, ASIOP FC, tetap menjalankan aktivitas latihan selama Ramadan. Para pemain muda terus menempa diri meski dalam keadaan berpuasa. 

Diketahui, ASIOP FC menggelar latihan seperti biasa, yakni tiga kali seminggu (Senin-Rabu-Jumat), dengan catatan durasi sedikit dikurangi.

Baca Juga

Mereka mempersiapkan diri untuk berkompetisi di beberapa ajang bergengsi, salah satunya Piala Gothia 2022 di Swedia pada pertengahan Juli mendatang. 

Sesi latihan berada di bawah pantauan pelatih berpaspor Spanyol, Pedro Javier Banuelos Saez, selaku Direktur Teknik. Dia merancang program terpadu untuk seluruh kategori usia yang ada di ASIOP FC, terutama U-17 dan U-15. 

Uniknya, Pedro baru pertama kali berkarier di Indonesia sejak didatangkan pada pertengahan Januari silam. Sehingga, dia sedikit merasakan apa yang disebut dengan cultur shock ketika memasuki bulan suci Ramadan. 

Baca Juga

"Coach Pedro (Javier Banuelos Saez) kan baru pertama di Indonesia," kata manajer ASIOP FC, Chandra Syarif, saat berbincang santai dengan INDOSPORT di Kompleks ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Rabu (27/4/22). 

"Bulan lalu ketika merancang program April, dia agak bingung karena manajemen mengusulkan untuk mengurangi durasi latihan. Dia baru tahu soal bulan puasa (Ramadan)," cetusnya. 

Meski begitu, belakangan Pedro justru 'tersihir' dengan suasana Ramadan di Indonesia, khususnya di Kompleks ATG Sentul. Pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut bahkan memutuskan untuk ikut berpuasa bareng pemain dan para stafnya di ASIOP FC. 

Baca Juga

"Awalnya, Coach Pedro penasaran dan ingin mencoba ikut berpuasa. Kami sempat khawatir karena dia kan belum terbiasa, beda dengan kita yang sudah terlatih melakukannya sedari kecil," jelas Chandra Syarif. 

"Tapi, toh ternyata dia kuat menahan lapar dan dahaga sampai waktu berbuka. Dia selalu ikut dalam kegiatan bukber internal yang kami lakukan hampir setiap hari di ATG Sentul," imbuhnya.


1. Agenda Terdekat

Perwakilan DKI Jakarta, Asiop juara Piala Soeratin U-15. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

Sekadar mengingatkan, ASIOP FC sedang menggenjot aktivitas pasca-bertransformasi menjadi klub profesional yang berada di bawah naungan PSSI.

Mereka mengikuti semua agenda federasi sejak tahun lalu, mulai dari Liga 3 2021 hingga Piala Soeratin (U-13, U-15, dan U-17). 

Baca Juga

Sebagai debutan, prestasi mereka tergolong ciamik. ASIOP FC melaju ke putaran nasional Liga 3 2021 mewakili DKI Jakarta bersama dua klub lain, yakni Batavia FC dan Union Makes Strenght (UMS), meski langkahnya terhenti di babak 64 besar. 

Di Piala Soeratin 2021, ASIOP FC membawa pulang trofi di kategori U-15. Mereka menekuk wakil Sumatra Utara, PSSA Asahan, lewat drama adu penalti dalam laga final putaran nasional di Stadion Benteng, Tangerang, Selasa (29/3/22). 

Baca Juga

Berikutnya, ASIOP FC tengah mempersiapkan diri untuk menyambut beberapa hajatan beken, di antaranya Piala Gothia 2022, Liga Top Skor, plus satu turnamen usia muda bertajuk Garuda International Cup II yang menempatkan mereka sebagai tuan rumah (30 Juni-3 Juli).


2. Kolaborasi dengan Klub Amerika Serikat

ASIOP FC baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22).

Klub Liga 3, ASIOP FC, semakin serius memajukan sepak bola Indonesia lewat jalur pembinaan usia dini. Mereka baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22).

Penandatanganan nota kesepahaman alias MoU dilakukan di markas kebanggaan mereka, ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Bogor. Agenda ini dihadiri secara langsung oleh Eduardo Perez Moran sebagai perwakilan dari Brooklyn United. 

Eduardo Perez terbilang cukup akrab di telinga para penikmat sepak nasional. Pelatih dengan ciri khas kepala plontos ini diketahui pernah menjadi asisten Luis Milla di timnas Indonesia periode 2016-2018.

Baca Juga

Di Brooklyn United, Eduardo Perez menjabat sebagai Direktur Kepelatihan. Dia nantinya akan bertanggung jawab menyempurnakan kurikulum akademi melalui kolaborasi dengan Direktur Teknik ASIOP FC yang sama-sama berpaspor Spanyol, Pedro Javier Banuelos Saez.

"Hari ini kunjungan balik dari Brooklyn United setelah sebelumnya kami diwakili Pak Ade Wellington duluan menyambangi New York beberapa waktu lalu," kata Direktur Utama ASIOP, Ade Prima Syarif, kepada awak media di ATG Sentul.

Baca Selengkapnya

SpanyolLiga IndonesiaRamadanGothia CupASIOP ApacintiPiala SoeratinLiga 3Bola IndonesiaATG Sentul

Berita Terkini