x

Juara Piala Soeratin, ASIOP FC Janjikan Kesempatan Mentas di Liga Spanyol

Senin, 4 April 2022 13:14 WIB
Editor: Indra Citra Sena
ATG Sentul, kompleks sepak bola modern milik kontestan Liga 3 2021 asal DKI Jakarta, ASIOP FC.

INDOSPORT.COM - ASIOP FC benar-benar serius membangun sepak bola Tanah Air melalui akademi berjenjang yang berkualitas. Mereka bahkan memiliki rencana besar mengirim talenta-talenta terbaik ke Liga Spanyol.

Sesuai dengan visi-misi klub membentuk pesepak bola hebat lewat tempaan akademi, ASIOP FC yang baru saja menjuarai Piala Soeratin U-15 ini akan memberikan akses untuk mencicipi atmosfer Liga Spanyol.

Baca Juga

Keberadaan Ade Wellington di jajaran petinggi klub adalah kuncinya. Eks Sekjen PSSI era Ketum Edy Rahmayadi ini diketahui punya koneksi dengan klub-klub Spanyol seperti CP Villarrobledo dan CD Polillas Ceuta.

Klub yang disebut belakangan kabarnya sudah diakuisisi oleh Direktur Utama ASIOP FC, Ade Prima Syarif, sekitar dua tahun silam. CD Pollilas Ceuta bisa menjadi wadah bagi bakat-bakat muda Indonesia untuk menimba ilmu sepak bola.

"Pembinaan kami menyesuaikan dengan kategori kompetisi di Piala Soeratin, yaitu U-13, U-15, dan U-17," kata Ade Wellington kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di Kompleks ASIOP Training Ground (ATG) Sentul beberapa waktu lalu. 

Baca Juga

"Alasannya tentu saja karena titik awal pembentukan pesepak bola hebat menurut saya ya di pembinaan usia muda," cetus pria yang menjabat CEO ASIOP FC tersebut.

Dalam rangka mempersiapkan pemain-pemain terpilih untuk dikirim ke Spanyol, AW, sapaan akrab Ade Wellington, memberikan fasilitas mewah berupa kompleks latihan (ATG Sentul) plus arahan dari pelatih Eropa bersertifikasi UEFA Pro, Pedro Javier Banuelos Saez.

Juru taktik berkebangsaan Spanyol tersebut menjabat Direktur Teknik ASIOP FC. Pedro bertanggung jawab penuh terhadap perancangan kurikulum akademi yang dikenal dengan sebutan ASIOP Way.

Baca Juga

"Makanya yang kami lakukan saat ini sudah punya fasilitas latihan sendiri, kerja sama dengan klub luar negeri, itu bagian dari upaya memajukan pembinaan usia dini di Indonesia," ucap AW.

"Kompetisinya juga ada dan sudah jalan, Top Youth Premier League. Kami juga datangkan Dirtek dari Spanyol untuk memperkuat metodologi ASIOP Way," jelasnya.


1. Ambisi Ciptakan Egy Baru

Direktur Teknik ASIOP FC, Pedro Javier Banuelos Saez.

Ade Wellington optimistis segala daya dan upaya yang dilakukan ASIOP FC kelak akan membuahkan hasil manis. Dia berharap bisa mencetak pesepak bola top sekaliber Egy Maulana Vikri.

"Yang paling penting adalah top talent kami gelarkan karpet merah untuk menimba ilmu di Brooklyn United (Amerika Serikat), CP Villarrobledo, CD Polillas Ceuta." tutur Ade Wellington.

Baca Juga

"Nanti akan dikirim pemain secara individual, bukan satu tim. Disebar ke beberapa klub supayak kelak menciptakan Egy Egy baru. Nanti timnas tinggal menikmati saja. Kalau sudah sampai tahap itu luar biasa sih," pungkasnya.

Di sisi lain, kesuksesan ASIOP FC menjuarai putaran nasional Piala Soeratin U-15 2021 mengundang atensi dari pemerintah DKI Jakarta, khususnya Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

Baca Juga

"Saya mengucapkan selamat kepada ASIOP FC sebagai wakil DKI Jakarta yang telah menjuarai Piala Soeratin U-15 2021," ujar Ahmad Riza Patria dalam unggahan video di akun Instagram @asiopapacinti.

"Pencapaian ini menjadi kado buat DKI Jakarta. Terima kasih banyak atas perjuangan seluruh pemain dan ofisial ASIOP FC. Tetap kompak dan terus berprestasi," tandasnya.


2. Kolaborasi dengan Klub Amerika Serikat

ASIOP FC baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22).

Klub Liga 3, ASIOP FC, semakin serius memajukan sepak bola Indonesia lewat jalur pembinaan usia dini. Mereka baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22).

Penandatanganan nota kesepahaman alias MoU dilakukan di markas kebanggaan mereka, ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Bogor. Agenda ini dihadiri secara langsung oleh Eduardo Perez Moran sebagai perwakilan dari Brooklyn United. 

Eduardo Perez terbilang cukup akrab di telinga para penikmat sepak nasional. Pelatih dengan ciri khas kepala plontos ini diketahui pernah menjadi asisten Luis Milla di timnas Indonesia periode 2016-2018.

Baca Juga

Di Brooklyn United, Eduardo Perez menjabat sebagai Direktur Kepelatihan. Dia nantinya akan bertanggung jawab menyempurnakan kurikulum akademi melalui kolaborasi dengan Direktur Teknik ASIOP FC yang sama-sama berpaspor Spanyol, Pedro Javier Banuelos Saez.

"Hari ini kunjungan balik dari Brooklyn United setelah sebelumnya kami diwakili Pak Ade Wellington duluan menyambangi New York beberapa waktu lalu," kata Direktur Utama ASIOP, Ade Prima Syarif, kepada awak media di ATG Sentul. 

Baca Selengkapnya

Liga SpanyolLiga IndonesiaASIOP ApacintiEgy Maulana VikriAde WellingtonPiala SoeratinBola IndonesiaCD Polillas CeutaATG Sentul

Berita Terkini