x

Bukan Sir Alex Ferguson, Inilah Pelatih dengan Win Rate Tertinggi di Liga Inggris

Rabu, 4 Mei 2022 06:50 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Prio Hari Kristanto
Sejak era Premier League, Sir Alex, telah memenangkan 13 gelar di kasta tertinggi Inggris tersebut, tetapi ia bukan pelatih dengan rasio kemenangan tertinggi.

INDOSPORT.COM - Sir Alex Ferguson pernah menjadi penguasa Liga Inggris di masa lalu. Banyak kesuksesan yang telah ia raih bersama Manchester United.

Sejak era Premier League, pria Stolandia itu telah memenangkan 13 gelar di kasta tertinggi Inggris tersebut. Namun Sir Alex bukanlah pelatih dengan rasio kemenangan tertinggi di Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Pelatih dengan tingkat kemenangan tertinggi adalah Pep Guardiola. Sebenarnya tidak mengherankan pasalnya pelatih Spanyol tersebut memang sangat sukar untuk dikalahkan.

Bersama Manchester City Pep telah mencatatkan rasio kemenagan sebesar 74 persen. Ia juga dalam perjalanan untuk menggenggam gelar ketujuhnya di Liga Inggris.

Sir Alex Ferguson berada di peringkat kedua, dengan rasio kemenangan 65 persen dari 810 pertandingan Liga Primer Inggris. Namun untuk jumlah pertandingan akan sukar untuk dikejar pelatih lain.

Baca Juga

Jurgen Klopp ada di peringkat ketiga dengan tingkat kemengan yang menyentuh 64 persen. Pelatih Jerman tersebut memang sukses merubah Liverpool menjadi salah satu tim terkuat di Eropa.

Pelatih sensasional asal Portugal, Jose Mourinho, berada di peringkat keempat. Ya, pelatih AS Roma tersebut memiliki 60 persen rasio kemenangan di Inggris.

Angka tersebut ia raih bersama tiga klub yakni Chelsea, Manchester United dan Tottenham Hotspur. Sebagain besar kemenangan ia raih saat menakhodai The Blues.

Posisi kelima ditempati oleh pelatih legendaris Arsenal yakni Arsene Wenger. Pelatih Prancis tersebut memiliki rasio kemenangan sebesar 58 persen bersama The Gunners.

Baca Juga

Namun rasio kemangan tersebut masih bisa berubah untuk Pep dan Klopp, mengingat keduanya masih aktif sebagai pelatih di Liga Inggris.


1. Pelatih Inggris Terjajah di Negeri Sendiri

Aston Villa resmi perkenalkan Steven Gerrard sebagai pelatih baru.

Gemerlapnya Liga Inggris tak dibarengi dengan prestasi pelatih dalam negeri. Ya, sejauh ini belum ada pelatih asal Inggris yang mampu meraih gelar semenjak era Liga Primer.

Dari tahun ke tahun selalu pelatih asing yang mampu berprestasi di Negeri Ratu Elizabeth. Bahkan hampir dua dekade dikuasai oleh Sir Alex Ferguson yang berasal dari Skotlandia.

Baca Juga

Pelatih Inggris masih belum bisa berbicara banyak setelah era Sir Alex berakhir. Liga tetap dikuasai pelatih asing mulai dari Pep, Klopp hingga Conte.

Perbedaan taktik memang menjadi pembedanya. Namun pelatih Inggris sudah mulai berkembang saat ini dengan mengikuti pola permainan yang lebih baik.

Harapan publik Inggris pun muncul setelah kehadiran Steven Gerrard. Bukan tanpa alasan Gerrard telah menjuarai Liga Skotlandia dengan catatan impresif.

Baca Juga

Kini ia dipercaya menukangi Aston Villa dan siap bersaing dengan pelatih ternama dunia. Manajemen juga siap memfasilitasi dengan dana belanja Rp1,7 triliun musim depan.

Nama lain yang bisa menggoyahkan dominasi pelatih asing adalah Eddie Howe. Pelatih Newcastle sukses mengeluarkan The Magpies dari jurang degradasi bahkan masuk ke dalam 10 besar Liga Inggris.

Nama Eddie Howe memang patut diperhitungkan, terlebih Newcastle siap melakukan perombakan besar-besaran musim depan.

Baca Juga

Graham Potter pun muncul sebagai pelatih dalam negeri yang potensial. Gaya melatihnya yang atraktif sering kali membuat beberapa tim besar kesulitan ketika menghadapi Brighton.

Musim depan akan menjadi kompetisi yang lebih keras dari sebelumnya. Pasalnya beberapa pelatih Inggris mulai beradaptasi dengan taktik modern.


2. Pelatih Inggris yang Pernah Meraih Juara Liga

Logo Liga Inggris / Premier League

Sejak era Premier League bergulir pada musim 1992-1993, belum ada satu pun pelatih asal Inggris yang mampu membawa timnya keluar sebagai juara.

Pelatih asli Inggris yang terakhir membawa timnya juara Liga di kasta teratas sepak bola Inggris adalah Howard Wlkinson pada musim 1991-1992.

Saat itu Wilkinson sukses mebawa Leeds United juara English First Division yakni kasta tertinggi sepak bola Inggris sebelum era Liga Primer dimulai.

Ia merupakan pelatih yang tak segan mendepak pemain bintang. Pelatih Wilkinson pernah mendepak John Seridan yang notabene ikon Leeds United pada masa itu di Liga Inggris.

Arsene WengerJose MourinhoSir Alex FergusonJurgen KloppPep GuardiolaLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini