x

Harry Maguire Cuma Cadangan, 4 Pemain Biang Kerok Manchester United Dibantai Brighton

Minggu, 8 Mei 2022 07:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Manchester United dibantai Brighton 0-4 di Liga Inggris. Tak ada Harry Maguire, berikut 4 pemain yang jadi biang kerok hasil memalukan itu. (REUTERS/Ian Walton)

INDOSPORT.COM – Manchester United dibantai Brighton 0-4 di Liga Inggris. Tak ada Harry Maguire, berikut 4 pemain yang jadi biang kerok hasil memalukan itu.

Akhir pekan ini Liga Inggris menjalani pekan ke-36. Salah satu duel mempertemukan Brighton vs Manchester United, Sabtu (07/05/22) malam WIB.

Baca Juga

Bagi Setan Merah sendiri, laga ini adalah laga ke-37 mereka alias laga kedua terakhir di Liga Inggris musim 2021/2022 ini. Sayangnya, tim asuhan Ralf Rangnick ini justru meraih hasil memalukan.

Rangnick sendiri menurunkan tim yang persis sama dengan saat mengalahkan Brenford 3-0 pada pekan lalu. Raphael Varane dan Victor Lindelof berduet di lini belakang, sementara trio Anthony Elanga, Juan Mata, dan Bruno Fernandes mendukung Cristiano Ronaldo di lini depan.

Namun, hasilnya justru berbanding terbalik dengan saat membantai Brentford. Baru lima belas menit laga berjalan, gawang David de Gea sudah kebobolan oleh upaya Moises Caidedo. Skor 1-0 untuk Brighton bertahan hingga turun minum

Baca Juga

Di babak kedua, situasi memburuk bagi MU. Empat menit usai kickoff babak kedua, de Gea lagi-lagi sudah harus memungut bola dari gawangnya usai dibobol Marc Cucurella, sehingga Brighton menjauh 2-0.

Rapuhnya pertahanan Man United membuat Pascal Gross leluasan membawa The Seagulls menjauh 3-0 di menit ke-67.

Hanya tiga menit kemudian, giliran Leandro Trossard yang menundukkan David de Gea untuk membawa Brighton berpesta gol 4-0.

Baca Juga

Gol Trossard pada akhirnya menjadi gol yang terakhir tercipta di laga tersebut. Brighton menutup pertandingan pekan ke-36 Liga Inggris itu dengan kemenangan telak 4-0. Hasil itu pun membuat Manchester United tertahan di peringkat 6 dan dipastikan gagal merebut tiket Liga Champions.

Di sisi lain, meski Harry Maguire yang biasa tampil buruk kini hanya menjadi pemain pengganti yang baru masuk di menit ke-71 saat skor sudah 0-4, ada 4 pemain lain yang menggantikannya mengambil peran sebagai biang kerok hasil memalukan itu. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:


1. 2 Bek Tengah Bobrok

Victor Lindelof

Raphael Varane

Raphael Varane kembali dipercaya mengisi pos bek tengah untuk keempat kalinya beruntun di Liga Inggris. Kali ini, ia berduet dengan bek asal Swedia, Victor Lindelof, alih-alih Harry Maguire.

Namun, Varane justru menyuguhkan performa yang terbilang buruk di laga melawan Brighton pada Sabtu malam kemarin, dan tak mampu menunjukkan kualitas yang ia perlihatkan selama membela Real Madrid.

Baca Juga

Meski sukses mencatatkan 7 clearance di sepanjang laga, hal tersebut justru menunjukkan kerapuhan lini belakang MU semalam. Di sisi lain, ia juga gagal melakukan 1 pun tekel sepanjang laga.

Varane juga dinilai bersalah di gol ketiga Brighton di mana ia terlihat tak berkutik menghadapi Pascal Gross yang meliuk-liuk di kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang menjebol gawang de Gea.

Laman Whoscored memberi Raphael Varane nilai 5,70 atas penampilannya di pertandingan semalam, sementara 90 min dan Manchester Evening News memberinya nilai 2.

Baca Juga

Victor Lindelof

Untuk ketujuh kalinya secara beruntun di Liga Inggris, Victor Lindelof kembali dipercaya sebagai starter di pos bek tengah. Namun, penampilannya justru menunjukkan ia tak seharusnya mendapat kesempatan itu.

Sepanjang laga, Lindelof menjadi titik lemah pertahanan MU dan tampak kesulitan mengimbangi kecepatan dan kekuatan fisik para pemain Brighton.

Di gol pertama, Lindelof ragu untuk menutup ruang tembak Moises Caicedo dan memilih menunggu di kotak penalti, sehingga pemain Brighton itu bisa melepaskan tembakan jarak jauh.

Baca Juga

Di gol kedua, ia kembali terlambat menutup ruang tembak Marc Cucurella. Sementara itu, di gol ketiga ia lalai mengawasi keberadaan Pascal Gross yang berdiri bebas untuk menerima bola.

Berkat penampilan buruknya itu, Victor Lindelof mendapat nilai 5,61 dari Whoscored, yang terburuk di jajaran keempat bek Manchester United. Laman 90 min bahkan memberinya nilai 1.

 

2. Non Bek Tengah Juga Bobrok

Ekspresi kecewa Cristiano Ronaldo di laga Everton vs Man United (09/04/22). (Foto: Reuters/Carl Recine)

Alex Telles

Seiring cederanya Luke Shaw, Alex Telles menjadi sosok tak tergantikan bagi Ralf Rangnick untuk mengisi pos full back kiri. Sayangnya, bintang Portugal ini tak mampu memanfaatkan kesempatan itu dengan baik.

Sejak awal hingga akhir laga, Telles menyuguhkan performa tak meyakinkan dan kerap menjadi sasaran serangan para pemain Brighton.

Baca Juga

Dalam hal bertahan, Telles gagal melakukan 1 tekel pun, berbanding jauh dengan Diogo Dalot di sisi kanan yang sukses mencatatkan 3 tekel.

Sementara itu, dalam hal membantu penyerangan, Alex Telles juga tak lebih baik. Meski melepaskan 6 umpan silang sepanjang laga, hanya 1 di antaranya yang sukses menemui sasaran.

Akibat penampilan buruknya ini, laman 90 min dan Manchester Evening News bahkah kompak memberinya nilai 2.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo

Penampilan buruk tak hanya disuguhkan para pemain belakang Manchester United, tapi juga para pemain depannya, salah satunya Cristiano Ronaldo.

Selalu mencetak gol dalam 4 pertandingan terakhir di Liga Inggris dengan total 6 gol dalam periode itu, CR7 yang kembali dipercaya mengisi pos ujung tombak justru tampil melempem.

Sepanjang laga, Ronaldo gagal memberikan ancaman berarti bagi lini belakang Brighton. Terbukti, meski sukses melepaskan 5 tembakan, akurasinya sangat buruk dengan tak satu pun mengarah ke gawang.

Baca Juga

Tak hanya itu, ia juga menyuguhkan penampilan buruk terkait umpan-umpannya, dengan hanya mencatatkan akurasi 69,4%.

Penampilan buruknya dan rekan-rekan setimnya membuat Ronaldo bahkan tampak frustrasi sehingga melakukan pelanggaran yang berbuah kartu kuning. Whoscored memberinya nilai 5,55 sedangkan MEN nilai 2 dan 90 min 3.

Manchester UnitedCristiano RonaldoRaphael VaraneBrighton & Hove AlbionAlex TellesLiga InggrisVictor LindelofTRIVIAHarry MaguireBerita Liga Inggris

Berita Terkini