x

Hanya Butuh 4 Poin Saja dari 2 Laga, Tim Mana yang Bisa Hentikan Laju AC Milan Meraih Scudetto?

Senin, 9 Mei 2022 12:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
AC Milan hanya membutuhkan 4 poin saja untuk meraih Scudetto dari 2 laga tersisa. Dari dua lawan yang akan dihadapi, siapa yang bisa hentikan laju Rossoneri?

INDOSPORT.COM – AC Milan hanya membutuhkan 4 poin saja untuk meraih Scudetto dari 2 laga tersisa. Dari dua lawan yang akan dihadapi, siapa yang bisa hentikan laju Rossoneri?

AC Milan makin dekat meraih Scudetto perdananya sejak tahun 2011 silam usai meraih kemenangan atas Hellas Verona dalam lanjutan Liga Italia 2021/22, Senin (09/05/22).

Baca Juga

Dalam duel tersebut, Rossoneri mampu meraih tiga poin penuh dan merangsek ke puncak klasemen berkat kemenangan 3-1 atas tuan rumah Hellas Verona.

AC Milan sejatinya sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Davide Faroni di menit ke-38. Namun keunggulan itu mampu dibalas di akhir babak pertama lewat Sandro Tonali.

Di babak kedua, AC Milan mampu membalikkan keadaan dan mencetak dua gol tambahan, masing-masing lewat Sandro Tonali di menit ke-49 dan Alessandro Florenzi di menit ke-86.

Baca Juga

Hasil ini pun lantas membuat AC Milan menggusur rival sekotanya, Inter Milan, yang sebelumnya merebut puncak usai menang atas Empoli dengan skor 4-2, Jumat (06/05/22).

Dengan hasil itu, AC Milan pun hanya membutuhkan 4 poin saja di 2 laga tersisa di Liga Italia 2021/22 untuk meraih Scudetto pertamanya sejak 2011 silam.

Hal ini lantaran AC Milan unggul Head to Head dari Inter. Sehingga 4 poin saja cukup bagi Rossoneri untuk menjadi juara. Dengan kata lain, Il Diavolo Rosso butuh 1 kemenangan dan 1 hasil imbang saja di 2 laga terakhirnya.

Baca Juga

Melihat 2 laga tersisa yang akan dilakoni AC Milan yakni melawan Atalanta dan Sassuolo, siapakah yang bisa menghentikan laju Rossoneri meraih Scudetto?


1. 2 Kuda Hitam yang Bisa Jegal AC Milan

Selebrasi pemain AC Milan Alessandro Florenzi merayakan gol ketiga mereka bersama rekan setim ke gawang Hellas Verona. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo

Melihat 2 laga lanjutan Liga Italia musim ini, sejatinya Inter Milan lebih diuntungkan dari AC Milan jika melihat calon lawan-lawannya.

Di 2 laga tersisa ini, Inter ‘hanya’ akan menjajal kekuatan Cagliari dan Sampdoria, 2 tim papan bawah atau tepatnya di luar 15 besar.

Baca Juga

Hanya saja, Inter yang akan melawan lawan-lawan mudah, berada dalam posisi sulit karena tertinggal dua poin saja dari AC Milan.

Inter sedikit beruntung karena AC Milan akan menghadapi 2 kuda hitam yang punya bakat untuk menggangu dominasi Rossoneri.

2 kuda hitam tersebut adalah Atalanta dan Sassuolo. Kedua tim ini memang tengah terseok-sesok. Tapi entah bagaimana saat melawan Rossoneri, kedua tim ini bisa menyulitkan dan mendapatkan hasil.

Baca Juga

Oleh karenanya, Inter pun tinggal berharap AC Milan terpeleset melawan 2 tim kuda hitam tersebut sembari mencoba meraih kemenangan atas Cagliari dan Sampdoria.

Namun dari 2 tim kuda hitam tersebut, kira-kira siapa yang bisa menjegal langkah AC Milan dan memberika keuntungan untuk Inter menjadi peraih Scudetto?

Untuk menjawabnya, perlu melihat kembali tim manakah yang paling menyulitkan AC Milan di antara Atalanta maupun Sassuolo.


2. AC Milan Harus Ekstra Waspada

Para pemain AC Milan berselebrasi setelah menang atas Lazio. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Seperti yang telah dikemukakan di atas, baik Atalanta dan Sassuolo punya rekam jejak kerap menyulitkan dan bahkan mencuri hasil dari AC Milan.

Buktinya terpampang di musim ini, di mana di pertemuan pertama di Liga Italia musim ini, Atalanta sempat menyulitkan dan Sassuolo meraih hasil dari AC Milan.

Di pertemuan pertama melawan Atalanta musim ini, AC Milan memang mampu meraih kemenangan. Namun, kemenangan ini didapatkan dengan susah payah.

Baca Juga

Saat bertandang ke Bergamo, AC Milan hanya mampu menang tipis dengan skor 2-3 atas Atalanta. Rossoneri sempat unggul tiga gol hingga menit ke-78.

Hanya saja, di 15 menit terakhir pertandingan, Rossoneri keteteran sehingga Atalanta mampu mencetak 2 gol untuk memperkecil kedudukan.

2 gol Atalanta dalam tempo 15 menit saat posisi tertinggal 3 gol menjadi bukti bahwa La Dea bisa menjadi bom waktu bagi Rossoneri saat di pertemuan kedua nanti.

Baca Juga

Apalagi, Atalanta belakangan sudah kembali ke top performanya sejak menelan kekalahan dari Hellas Verona pada April lalu.

Di sisi lain, ada pula Sassuolo yang kerap merepotkan AC Milan. Bahkan, di pertemuan pertama Rossoneri tumbang di kandang saat menjamu Neroverdi.

Hal ini tercipta pada November 2021 lalu. Saat itu, AC Milan yang unggul terlebih dulu lewat Alessio Romagnoli, malah dibalas tiga gol langsung oleh Sassuolo di San Siro.

Pertemuan pertama memang tak bisa jadi patokan. Apalagi, Sassuolo akhir-akhir ini melempem, termasuk saat dibabat Napoli 1-6.

Baca Juga

Namun, pertemuan pertama bisa menjadi cerminan bahwa AC Milan harus ekstra waspada saat menghadapi Sassuolo di pekan terakhir Liga Italia musim ini.

Tanpa mengecilkan Sassuolo, Atalanta punya potensi besar menjadi batu sandungan bagi AC Milan untuk meraih Scudetto musim ini.

Jika AC Milan kalah atau imbang melawan Atalanta dan Inter menang atas Cagliari, maka Rossoneri pun harus mundur selangkah dan mengucapkan selamat tinggal kepada Scudetto musim ini.

AC MilanInter MilanSassuoloAtalantaIn Depth SportsLiga ItaliaSepak Bola

Berita Terkini