x

Haaland Cuma Nomor 9! Ini Daftar Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah Man City

Rabu, 11 Mei 2022 23:36 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut daftar pembelian termahal sepanjang sejarah Manchester City, di mana Erling Haaland hanya menempati peringkat ke-9.

INDOSPORT.COM – Berikut daftar pembelian termahal sepanjang sejarah Manchester City, di mana Erling Haaland hanya menempati peringkat ke-9.

Belakangan ini nama Erling Haaland menjadi perbincangan usai dirinya resmi berseragam Manchester City musim depan.

Baca Juga

Klub berjuluk The Cityzens itu resmi merekrut Haaland dari Borussia Dortmund dengan harga yang terbilang murah yakni 51 juta poundsterling (Rp913 miliar) saja.

Namun, angka ini membengkak hingga 85,6 juta poundsterling atau Rp1,5 triliun jika menghitung biaya lain-lain seperti bayaran agen dan uang yang akan diterima sang ayah, Alf-Inge Haaland.

Meski membengkak sedemikian rupa, tetap saja jumlah tersebut terhitung murah untuk pemain yang kini berusia 21 tahun tersebut.

Baca Juga

Hal ini lantaran Haaland mampu mencetak 85 gol dari 88 pertandingan sejak bergabung Dortmund pada 2020 lalu dari RB Salzburg.

Dengan harga semurah itu, Man City bisa dikatakan sangat beruntung. Apalagi The Cityzens mampu mengalahkan tim lainnya yang memburu tanda tangannya.

Dengan harga hanya 51 juta poundsterling atau setara 60 juta euro, nyatanya Haaland hanya jadi pembelian ke-9 termahal sepanjang sejarah Man City.

Baca Juga

Masih ada beberapa pemain lain yang didatangkan dengan harga fantastis oleh Man City melebihi uang yang dikeluarkan untuk memboyong Haaland.

Lantas, siapa saja para pemain termahal Man City yang melebihi nilai transfer Haaland? Berikut daftarnya.


1. Pemain Termahal Man City yang Melebihi Haaland

Raheem Sterling melepaskan sepakan akrobatik di laga Manchester City vs Brentford (10/02/22). (Foto: Reuters/Carl Recine)

8. Rodri (2019)

Rodri didatangkan Man City pada 2019 lalu dari Atletico Madrid dengan harga 62,7 juta euro atau sekitar Rp953 miliar saja.

Meski sempat kesulitan di awal, Rodri perlahan mampu menjadi tulang punggung permainan Man City di bawah arahan Pep Guardiola, sehingga menjadi salah satu gelandang terbaik dunia saat ini.

Baca Juga

7. Raheem Sterling (2015)

Raheem Sterling didatangkan Man City pada 2015 silam dari rival terberat The Cityzens saat ini, Liverpool, dengan harga 63,7 juta euro atau Rp974 miliar.

Sejak kedatangannya, Raheem Sterling mampu nyetel dengan permainan Man City dan menjadi salah satu winger menakutkan dalam urusan mencetak gol.

6. Aymeric Laporte (2017)

Pep Guardiola hobi belanja pemain di sektor belakang atau bek. Salah satunya saat mendatangkan Aymeric Laporte pada 2017 dari Athletic Bilbao dengan harga 65 juta euro atau Rp994 miliar.

Nilai tersebut terbilang sebanding dengan kualitas yang ia tampilkan, di mana Laporte menjadi pilar bersama John Stones dalam masa-masa keemasan Man City di kancah domestik.

Baca Juga

5. Joao Cancelo (2019)

Joao Cancelo juga merupakan salah satu bek mahal yang didatangkan Man City di era Guardiola. Ia datang dengan harga 65 juta euro (Rp994 miliar).

Jumlah ini bukanlah jumlah asli, mengingat Cancelo datang sebagai bagian pertukaran pemain dengan Danilo yang pergi ke Juventus dengan harga setengahnya.


2. Pemain Termahal Man City yang Melebihi Haaland

Selebrasi pemain Manchester City, Kevin De Bruyne usai mencetak gol ke gawang Liverpool di Liga Inggris, Minggu (10/04/22). Foto: Reuters/Carl Recine

4. Riyad Mahrez (2018)

Beralih ke sektor depan, ada nama Riyad Mahrez yang masuk dalam daftar pembelian termahal Man City kala didatangkan dari Leicester City dengan harga 67,8 juta euro atau Rp1,03 triliun.

Mahrez datang ke Man City di usia 27 tahun. Sejak saat itu, dirinya menjadi salah satu kunci keberhasilan The Cityzens, termasuk saat membawa timnya lolos ke final Liga Champions 2020/21.

Baca Juga

3. Ruben Dias (2020)

Bek lainnya yang datang dengan harga mahal ke Man City adalah Ruben Dias. Ia datang dari Benfica pada 2020 lalu dengan harga 68 juta euro atau Rp1,04 triliun.

Sejak kedatangannya, lini pertahanan Man City makin kokoh. Bahkan Ruben Dias sempat terpilih sebagai pemain terbaik di Liga Inggris.

2. Kevin De Bruyne (2015)

Kevin De Bruyne menjadi pembelian termahal yang memberi keuntungan ke Man City di lapangan. Ia datang pada 2015 dari Wolfsburg dengan harga 76 juta euro (Rp1,1 triliun).

De Bruyne menjadi pilar utama Man City dalam menguasai kancah domestik tujuh tahun terakhir. Perannya bahkan membuatnya menjadi pemain terbaik Liga Inggris musim 2019/20.

Baca Juga

1. Jack Grealish (2021)

Pemain termahal sepanjang sejarah Man City jatuh ke tangan Jack Grealish yang bergabung dari Aston Villa pada 2021 lalu dengan mahar fantastis 117,5 juta euro (Rp1,7 triliun).

Jumlah tersebut menjadikannya pemain termahal sepanjang masa Liga Inggris. Hanya saja, di musim perdananya bersama Man City, Jack Grealish nampak kesulitan nyetel dengan permainan The Cityzens.

Raheem SterlingManchester CityBorussia DortmundKevin De BruyneJack GrealishAymeric LaporteRiyad MahrezLiga InggrisJoao CanceloSepak BolaRodrigo Hernandez CascanteErling Braut HaalandRuben Dias

Berita Terkini