x

Timnas Indonesia Libar Timor Leste, Pengamat: Ernando Oke, Marc Klok Bikin Tepok Jidat

Rabu, 11 Mei 2022 16:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Laga antara Indonesia vs Timor Leste di ajang SEA Games 2021. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 sukses melibas Timor Leste di laga kedua SEA Games 2022, Selasa (10/05/22). Begini kata pengamat sepak bola, Binder Singh.

Timnas Indonesia U-23 memenangkan laga dengan skor 4-1, lewat gol cepat milik Egy Maulana Vikri, brace dari Witan Sulaeman, dan gol penutup dari Fachruddin Aryanto.

Baca Juga

Ada perubahan line up yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong sebagai kejutan di Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022.

Namun siapa sangka, Timor Leste terlebih dahulu menciptakan peluang di menit awal, walau belum menuntaskannya menjadi gol.

Hal itu bisa dikatakan sebagai kesalahan Marc Klok, pemain tumpuan yang justru melakukan pelanggaran di babak awal.

Baca Juga

"Saya agak bingung juga, bagaimana Marc Klok bisa salah kontrol, lalu dia melakukan tackling di dalam kotak penalti," ungkap komentator sepak bola, Binder Singh.

"Itu sangat berisiko, tackling di dalam kotak penalti, dan ternyata itu pelanggaran, wasit memberikan sepak penalti," tambahnya.

Di sisi lain, komentator sekaligus pengamat sepak bola, Binder Singh juga mengakui penampilan kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi sesuai harapan.

Baca Juga

"Bagus saja Ernando Ari bisa melakukan save, dan menurut saya, ini bukan karena faktor keberuntungan, tapi memang Nando bisa membaca arah bola," ungkap Binder.

"Kita tahu itu bukan pertama kali Ernando Ari melakukan save dari tendangan penalti. Sebelumnya dia bisa melakukan save ketika membela U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23.


1. Pujian untuk Egy Maulana dan Marselino Ferdinan

Egy Maulana Vikri sudah bergabung dengan Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (19/05/21).

Selain menyoroti penampilan Marc Klok dan Ernando di Timnas Indonesia U-23, Binder Singh juga mengapresiasi pemain lainnya yang tampil apik di SEA Games 2022.

Salah satu pemain yang tampil dominan di laga kontra Timor Leste adalah Egy Maulana Vikri, yang menciptakan beberapa peluang.

Sayangnya, Egy Maulana hanya bisa mencetak satu gol di babak pertama.

Baca Juga

"Banyak sekali peluang di babak pertama, seharusnya Egy bisa mencetak hattrick, sayang sekali dia tidak bisa menyelesaikan banyak peluang," ungkap Binder Singh.

"Setidaknya dia mencetak satu gol yang sangat bagus. Free position Egy, pintar sekali pemain ini mencari free space."

Selain Egy Maulana yang mencetak gol, Binder Singh juga tak ragu mengapresiasi penampilan dua pemain muda Timnas U-23, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Baca Juga

"Ronaldo Kwateh masuk, dia bermain dengan determinasi tinggi. Saya pikir dia masih butuh waktu untuk bisa nyetel secara permainan dengan rekan-rekan yang lain."

"Marselino bermain, mendapat dua peluang untuk mencetak gol. Satu bisa diblok, satu lagi bisa di-save oleh penjaga gawang dari Timor Leste," pungkas sang komentator.


2. Jadwal Timnas Indonesia di SEA Games 2022

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong

Penyisihan Grup A

6 Mei 2022: Vietnam vs Indonesia (3-0)

10 Mei 2022: Indonesia vs Timor Leste (4-1)

13 Mei 2022: Filipina vs Indonesia

15 Mei 2022: Indonesia vs Myanmar

Semifinal: Kamis, 19 Mei 2022

Final: Minggu, 22 Mei 2022

SEA GamesTimor LesteTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalEgy Maulana VikriMarc KlokErnando Ari SutaryadiMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaBinder SinghRonaldo KwatehSEA Games 2021

Berita Terkini