x

Tiba di Jakarta, Sandy Walsh dan Jordi Amat Akan Jalani Rangkaian Proses Naturalisasi

Sabtu, 14 Mei 2022 20:22 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, berlanjut dengan rencana didatangkannya kedua pemain ke Indonesia.

INDOSPORT.COM - Proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, berlanjut dengan rencana didatangkannya kedua pemain ke Indonesia untuk menjalani berbagai agenda.

Kedua pemain dipastikan akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini. Jordy Amat akan tiba di Jakarta pada Sabtu (14/05/22) malam, sementara Sandy Walsh akan mendarat Minggu (15/05/22) petang.

Baca Juga

Sandy Walsh dan Jordy Amat datang ke Indonesia memang sudah dinanti agenda padat di Indonesia. Semua agenda untuk mempercepat proses naturalisasi dirinya.

Selama empat hari terhitung Senin (16/05/22) keduanya akan menjalani agenda padat terkait proses naturalisasi yang tengah dijalani keduanya, agar bisa segera mendapatkan status warga negara Indonesia.

Jordy dan Sandy akan menjalani proses interview di Badan Intelejen Negara (BIN), kemudian menjalani tes kesehatan atau medical check up di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Baca Juga

Salah satu agenda yang tak kalah penting adalah kunjungan keduanya ke masing-masing perwakilan kedutaan besar negara asal mereka.

Jordi Amat akan melakukan pertemuan di kedutaan besar Spanyol. Sedangkan Sandy Walsh akan berkunjung ke kedutaan besar Belanda.

Dengan semakin lancarnya proses naturalisasi pemain keturunan ini, PSSI tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia.

“PSSI sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan Kemenkumham yang selalu bergandengan bersama-sama membantu proses naturalisasi para pemain," ucap Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga

"Tentu kedua pemain yang didatangkan ini akan menjalani semua agenda yang telah direncanakan sebagai bagian dari proses administrasi terkait naturalisasi” tambah Yunus.

Setelah melengkapi dokumen-dokumen pendukung, keduanya diwajibkan untuk datang ke Indonesia dan menjalani beberapa agenda yang sudah dijadwalkan.


1. Secepatnya Perkuat TImnas Indonesia

Jordi Amat saat melawan Cristiano Ronaldo

Jika berjalan mulus, keduanya bisa cepat memperoleh status warga negara Indonesia dan diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Percepatan proses naturalisasi ini menjadi salah satu fokus Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk memperkuat skuat Garuda.

Baca Juga

Iriawan terus menjaga komunikasi dan koordinasi bersama Kemenpora dan Kemenkumham agar proses ini bisa dirampungkan sesegera mungkin.

Seperti diketahui, Jika proses naturalisasi bisa berjalan cepat, Jordi Amat dan Sandy Walsh diharapkan bisa langsung bergabung ke skuat timnas Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, awal Juni mendatang. 

Sebelumnya, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari Kemenkumham untuk melanjutkan proses naturalisasi dua pemain tersebut, Selasa (26/04/22).

Baca Juga

Ada pun perwakilan PSSI diterima oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), Cahyo Rahadian Muzhar, serta Direktur Tata Negara pada Ditjen AHU, Baroto.

"Alhamdulillah pertemuan dan diskusi dengan pihak Kemenkumham RI tadi sangat positif hasilnya," ucap Yunus Nusi terkait proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. 

Baca Juga

"Pihak Kemenkumham sangat membantu dan mendukung proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat ini agar selesai dengan cepat," imbuhnya.  Pada kesempatan itu, Ditjen AHU Cahyo Rahadian Muzhar bahkan memberi arahan kepada stafnya untuk menyelesaikan proses ini


2. Sandy Walsh Cedera Parah, Terancam Gagal Wujudkan Mimpi Perkuat Timnas Indonesia?

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi

Sebelumnya, Timnas Indonesia mendapat pukulan telak setelah calon pemain naturalisasi mereka, Sandy Walsh, dikabarkan mengalami cedera serius.

Sang bek kanan versatile berdarah Belanda tersebut mendapat cedera collarbone alias tulang selangka saat memperkuat klub Belgia, KV Mechelen.

Musibah tersebut menimpa Walsh saat Mechelen memainkan pertandingan lanjutan kualifikasi lokal perebutan tiket ke kompetisi Liga Konferensi Europa kontra Gent pada Minggu (08/05/22) lalu.

Sandy Walsh bermain sebagai starter di sisi kanan pertahanan timnya namun hanya bisa berada di atas lapangan selama 45 menit sebelum digantikan Jannes Van Hecke.

Pada awalnya cedera Sandy Walsh terlihat tidak terlalu memprihatinkan namun setelah laga usai pihak Mechelen mengeluarkan pernyataan jika pemain 27 tahun itu sudah tidak bisa lagi merumput di sisa musim 2021/2022 mereka.

Baca Selengkapnya: Kabar Buruk! Sandy Walsh Cedera Parah, Terancam Gagal Wujudkan Mimpi Perkuat Timnas Indonesia?

NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaJordi Amat

Berita Terkini