x

Lepas Riyandi ke Persis Solo, Barito Dapatkan Pengganti yang Sepadan di Liga 1

Senin, 16 Mei 2022 14:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Muhammad Riyandi kembali merumput bersama timnas setelah alami cedera panjang

INDOSPORT.COM - Resmi melepas kiper Muhammad Riyandi ke Persis Solo di bursa transfer Liga 1 2022-2023, Barito Putera akhirnya mendapat kiper pengganti yang sepadan.

Kehilangan kiper potensial Muhammad Riyandi tentu menjadi kekecewaan besar bagi Barito Putera. Tak hanya tampil apik di Liga 1, Riyandi juga jadi langganan Timnas.

Baca Juga

Barito Putera melihat potensi Riyandi saat masih bermain di Bina Taruna. Sang kiper pun direkrut sejak masih berusia 16 tahun.

Tak butuh waktu lama, Riyandi berhasil mencatatkan debutnya di pentas Indonesia Soccer Championship pada usia 16 tahun.

Tak tanggung-tanggung, Riyandi menjalani debutnya bersama Barito, menghadapi tim bertabur bintang, yakni Persib Bandung.

Baca Juga

Walau kebobolan dua gol, namun kiper asal Bogor itu berhasil menggagalkan eksekusi penalti dari striker haus gol, Samsul Arif. 

Riyandi kembali diturunkan saat Barito berjumpa Persiba Balikpapan. Sesuai harapan, ia bisa melakukan banyak save dan akhirnya Laskar Antasari menang 3-1.

Karir Riyandi kian mulus saat dipanggil ke Timnas Indonesia berbagai kelompok usia. Walau sempat diterpa cedera, ia bangkit dan bisa kembali ke performa terbaiknya.

Baca Juga

Di usianya yang ke-20 tahun, Riyandi sudah menjadi kiper utama Barito, menyingkirkan para kiper senior seperti Aditya Harlan, Andri Prabowo, juga Kurniawan Kartika Ajie.

Kini, Muhammad Riyandi coba mencari tantangan baru. Ia meninggalkan Barito Putera dan bergabung ke tim promosi, Persis Solo, jelang kompetisi Liga 1 2022-2023.


1. Yogi Hermawan, The Next Riyandi?

Yogi Hermawan, pesepakbola muda yang terpilih mengikuti program pelatihan PSSI, Garuda Select 2019 angkatan kedua.

Guna menutupi posisi yang ditinggalkan Riyandi, Barito Putera pun memperpanjang kontrak Aditya Harlan, kemudian merekrut kiper senior di Liga 1, yaitu Joko Ribowo.

Barito Putera juga mempertahankan kiper pelapis, Nor Halid. Namun, ada satu hal yang tak boleh dilewatkan, yakni kiper potensial berusia belia, Yogi Hermawan.

Baca Juga

Perjalanan Yogi Hermawan juga tak jauh berbeda dengan Muhammad Riyandi. Ia direkrut dari Bina Taruna, dan dipercaya menjadi kiper utama Barito Putera U-16.

Tak butuh waktu lama, Yogi Hermawan mencuri perhatian pelatih Eropa, dan ia lolos sekesi Garuda Select 2 ke Inggris. 

Yogi Hermawan selalu mendapatkan tempat utama di skuat Garuda Select, baik saat di Inggris maupun ketika diboyong ke Italia.

Baca Juga

Kembali ke Tanah Air, Yogi Hermawan lantas dipromosikan ke tim senior Barito Putera di Liga 1 2021. Walau belum mendapatkan jam terbang, kualitas Yogi tak perlu diragukan.

Baru-baru ini, Yogi Hermawan juga kembali dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19, yang akan melawat ke Prancis dalam agenda Toulon Cup 2022.

Jika bermain apik, Yogi Hermawan bisa menjadi opsi utama bagi Shin Tae-yong, saat Timnas Indonesia U-20 unjuk gigi di Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

Baca Juga

Melihat track record Yogi Hermawan cukup mirip dengan Riyandi, bukan tidak mungkin jika dalam waktu dekat, Yogi akan menjadi kiper utama Barito Putera di pentas Liga 1.

Pelatih hanya perlu memberi jam terbang lada Yogi, agar kiper 19 tahun itu bisa jadi penerus Riyandi di skuat PS Barito Putera.


2. Geliat Transfer Barito Putera di Liga 1 2022

Skuat Barito Putera dalam pertandingan Liga 1 2021-2022.

Memasuki bursa transfer Liga 1 2022, Barito Putera resmi melepas Miftah Anwar Sani, Rifqy Suryawan, Saddam Hi Tenang, M. Riyandi, dan ada yang akan menyusul.

Walau beberapa pemain dikabarkan akan hengkang dari Barito Putera, namun juga ada beberapa nama yang didatangkan.

Mereka yang sudah diumumkan bergabung ke Barito adalah Donny Monim, Frank Sokoy, Slamet Budiono, Joko Ribowo, Afdal Yusra, Rendy Saputra, dan juga Dendi Agustan.

Pemain yang bertahan diantaranya ada Aditya Harlan, Rafi Syarahil, Rafli Ariyanto, Nazar Nurzaidin, Riski Kurniawan, Nor Halid, dan penggawa andalan, Beni Oktovianto.

Namun sekali lagi, Barito Putera memilih untuk merekrut pemain sesuai dengan rekomendasi sang pelatih, Dejan Antonic.

Barito PuteraKiperTimnas IndonesiaLiga IndonesiaMuhammad RiyandiLiga 1Garuda SelectBerita Liga 1Berita Timnas IndonesiaYogi Hermawan

Berita Terkini