x

Demi Jumpa Timnas Indonesia U-23 di Final SEA Games 2021, Vietnam Siap 'Ganyang' Malaysia

Selasa, 17 Mei 2022 17:46 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Vietnam U-23 akan habis-habisan melawan Malaysia U-23 di semifinal SEA Games 2021 dan siap ke final di mana timnas Indonesia U-23 atau Thailand U-23 menunggu.

INDOSPORT.COM - Lolos ke babak gugur cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 bersama Timnas Indonesia U-23 sebagai perwakilan Grup A, Vietnam U-23 berambisi untuk melaju hingga partai final.

Sebagai tuan rumah, The Golden Star Warriors muda jelas ingin meraih emas dan Malaysia U-23 yang akan jadi lawan di semifinal akan sebisa mungkin mereka hempaskan.

Baca Juga

Park Hang-seo selaku pelatih kepala Vietnam U-23 berjanji untuk sekuat tenaga membawa anak-anak asuhnya menang di empat besar nanti.

Kendati lawan kuat lain seperti Timnas Indonesia U-23 atau Thailand akan menanti di partai puncak namun juru taktik asal Korea Selatan itu ingin fokus sepenuhnya pada Malaysia U-23.

Partai ini terbilang spesial karena baik Vietnam U-23 maupun Malaysia U-23 adalah tim yang belum pernah merasakan kekalahan di SEA Games 2021 ini.

Baca Juga

Harimau Malaya memulai kampanye dengan dua kemenangan beruntun atas Thailand U-23 (2-1) dan Laos U-23 (3-1) sebelum ditahan imbang Singapura U-23 dan Kamboja U-23 2-2.

Sedangkan kubu tuan rumah tancap gas sejak awal dengan membantai timnas Indonesia U-23 3-0 namun sempat dikejutkan Filipina U-23 tanpa gol.

Vietnam U-23 kemudian menyapu dua laga sisa kontra Myanmar U-23 (1-0) dan Timor Leste U-23 (2-0) untuk menyegel status juara Grup A.

Baca Juga

"Para pemain kami sudah menunjukkan perjuangan terbaik dan patut disyukuri. Hanya saja masih ada banyak perbaikan demi memenagi dua pertandingan sisa," ungkap Park Hang-seo.

"(Melawan Malaysia), Vietnam akan bermain spartan. Siapa pun lawannya itu sikap yang kami canangkan sejak awal," tambah pria berusia 64 tahun itu lagi.


1. Menanti Final 'Ideal'

Timnas Indonesia U-23 merayakan gol ke gawang Timor Leste.

Jika Vietnam U-23 mampu menang melawan Malaysia U-23 di semifinal, maka besar kemungkinan final ideal untuk SEA Games 2021 cabor sepak bola akan terwujud.

Sebelum turnamen digelar, banyak yang memprediksi jika Vietnam U-23 bakal berjumpa dengan timnas Indonesia U-23 di partai terakhir.

Baca Juga

Sejak kedatangan Shin Tae-yong sebagai pelatih yang kebetulan berasal dari negara yang sama dengan Park Hang-seo, Garuda Muda menjadi semakin banyak disorot prestasinya.

Timnas Indonesia U-23 sukses membangun skuat dengan komposisi yang pas yang tulang punggungnya bahkan sudah menembus level senior.

Sebut saja Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, hingga Saddil Ramdani.

Baca Juga

Dua nama pertama bahkan bersaing untuk merebut gelar top skor usai mampu mengemas tiga gol sejauh ini.

Apabila Pratama Arhan yang tengah merumput di Jepang bersama Tokyo Verdy diizinkan dipanggil dan Elkan Baggot yang memperkuat Ipswich Town junio di Inggris dapat dimainkan sejak awal maka Timnas Indonesia akan lebih mengerikan lagi.

Baca Juga

Maka dari itu Vietnam U-23 sebagai tuan rumah dianggap akan punya final ideal apabila timnas Indonesia U-23 yang menjadi lawannya.

Akan tetapi ancaman dari Thailand U-23 sebenarnya sama sekali tidak boleh dilupakan. The War Elephants adalah pengumpul emas terbanyak dari sepak bola dalam sejarah SEA Games dengan torehan tujuh medali.


2. Shin Tae-yong Bandingkan Sukses Timnas Indonesia di SEA Games seperti Korsel

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tak dapat menutupi kebahagiannya selepas memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2021.

Semua kemenangan yang diraih timnya membuat dia senang. Diketahui, timnas Indonesia U-23 baru saja meraih kemenangan dalam laga pamungkas penyisihan Grup A SEA Games 2021, Vietnam, Minggu (15/5/22).

Egy Maulana Vikri cs. memetik kemenangan meyakinkan 3-1 atas Myanmar dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam.

Kemenangan tersebut sekaligus memastikan kelolosan timnas Indonesia U-23 ke semifinal SEA Games 2021. Tentunya membuat Shin Tae-yong semringah.

"Jabatan pelatih harus bekerja maksimal untuk setiap pertandingan. Dan memang sangat senang sekali ketika saya meraih kemenangan," ucap Shin Tae-yong.

Baca selengkapnya: Timnas U-23 ke Semifinal, Shin Tae-yong Teringat Momen Depak Jerman di Piala Dunia

MalaysiaVietnamTimnas Indonesia U-23Malaysia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaTimnas VietnamPark Hang SeoVietnam U-23Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini