x

Liga 1: Persik Kediri Berburu Pemain Asing Asia, Legenda Persija Merapat?

Selasa, 17 Mei 2022 17:25 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Perburuan Persik Kediri untuk slot pemain asing Liga 1 musim 2022/2023 nanti mulai mendapat titik terang di mana nama Rohit Chand menyeruak.

INDOSPORT.COM - Perburuan Persik Kediri untuk slot pemain asing Liga 1 musim 2022/2023 nanti mulai mendapat titik terang.

Satu di antara kebutuhan Persik Kediri untuk slot pemain asing berasal dari federasi sepak bola Asia. 

Baca Juga

Slot ini sebelumnya dihuni oleh Marwin Angeles, gelandang Timnas Filipina pada paruh kedua Liga 1 musim 2021/2022 lalu.

"Untuk pemain asing, kami butuh dua lagi, satu striker dan gelandang bertahan," ujar Pelatih Persik Kediri, Javier Roca pada awak media Selasa (17/05/22).

Dia juga memberi secuil informasi perihal calon pemain asing asal Asia. "Dia pernah bermain di Indonesia. Bermain tahun 80-an," terang Roca seraya bercanda.

Baca Juga

Secuil informasi ini sejatinya dinilai mengarah kepada Rohit Chand, pemain yang musim lalu membela Persija Jakarta.

Gelandang 30 tahun itu mencatat 2 gol dan 1 assist dalam 27 caps. Pada situasi saat ini, pemain kebangsaan Nepal itu juga dikabarkan belum menerima opsi perpanjangan kontrak dari Persija.

Tunggu Kontrak

Seturut hal itu, Javier Roca juga membeberkan alasan mengapa sang pemain belum bisa bergabung.

Jika benar bidikannya adalah Rohit Chand, maka besar kemungkinan sang pemain masih punya durasi kontrak yang belum rampung di Persija Jakarta.

"Yang pasti, kami sudah punya (pemain asing Asia). Memang belum bisa bergabung dulu," beber pelatih asal Chile itu.
Persik memang baru memenuhi separuh dari kuota regulasi pemain asing.

Baca Juga

Javier Roca baru memiliki dua pemain asal Brasil di Persik Kediri, yakni Arthur Felix Silva (bek) dan Renan Da Silva (playmaker).


1. Feri Pahabol Merapat, Lini Depan Persik Kediri Semakin Garang

Winger Kalteng Putra, Ferinando Pahabol. Foto: Nofik Lukman Hakim

Persik Kediri dikabarkan segera mendaratkan Ferinando Pahabol sebagai tambahan amunisi menjelang kick-off Liga 1 2022-2023.

Sebelumnya, kapten Persipura Jayapura di Liga 1 2021-2022 itu memang sudah dikabarkan merapat ke Persik, meski manajemen selalu menjawab secara normatif perihal isu transfer ini sepanjang April lalu.

Baca Juga

Namun, situasi kemudian berubah pasca-Persik memulai program latihan perdana di Kediri, Senin (16/5/22). 

Pada hari yang sama, Feri Pahabol juga sudah berpamitan kepada Persipura melalui Instagram.

"Terima kasih banyak Persipuraku," tulis pemain berusia 30 tahun itu di akun Instagram pribadinya, @feripahabol_17, sembari menyematkan emoji "Love".

Baca Juga

Sontak situasi ini mengerucutkan sang pemain yang segera menjadi bagian dari proyeksi pelatih Javier Roca. Terlebih, skuat Persik Kediri masih membutuhkan sejumlah pemain tambahan.

Sekadar mengingatkan, Javier Roca kini sudah punya 26 pemain dengan dua di antaranya berstatus asing. Dengan asumsi 30 nama, Persik membutuhkan masing-masing dua amunisi lokal dan dua ekspatriat lagi.

Seiring hal itu, tak heran jika bergabungnya Feri Pahabol dengan Persik hanya menunggu waktu rilis saja. Toh Javier Roca sudah mengindikasikan segera menambah pemain lagi untuk lini serang.

Baca Juga

"Apalagi kalau mendapat pemain asal Papua lagi. Tak masalah klubnya dari mana (terdegradasi). Kalau dia sesuai karakter dan proyeksi tim, kenapa tidak?" ujar pelatih berpaspor Chile itu.

Sepanjang musim lalu, Feri Pahabol mencatat statistik ciamik untuk Persipura Jayapura dengan sumbangsih sembilan gol plus lima assist dalam 31 penampilan.


2. Lepas 4 Nama Berpengalaman, Skuat Persik Kediri Tinggal 26 Pemain

Para pemain Persik Kediri saat sesi latihan. Foto: MO Persik

Persik Kediri memulai persiapan menyambut Liga 1 2022-2023 dengan berkekuatan 26 pemain. Jumlah itu merupakan keseluruhan dari total yang dipertahankan maupun baru bergabung.

Situasi itu menyusul dilepasnya empat pemain berpengalaman, yaitu Antoni Putro Nugroho, Hariyanto Panto, Fahmi Al Ayyubi, dan Ahmad Nufiandani.

Dua nama terakhir berstatus pinjaman saat paruh musim lalu, Fahmi Al Ayyubi dari Bali United, sedangkan Nufiandani dari Tira-Persikabo.

"Untuk Fahmi dan Dani, kami tidak memperpanjang masa peminjaman dari klub asli mereka," tutur Direktur Utama PT Astar Asia Global selaku pemegang saham mayoritas Persik Kediri, Rawindra Ditya, Minggu (15/05/22).

"Sedangkan Antoni dan Hariyanto, kami tidak perpanjang kontrak mereka. Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi yang luar biasa," imbuhnya.

Yang jelas, kontribusi Antoni Putro Nugroho, Hariyanto Panto, Fahmi Al Ayyubi, dan Ahmad Nufiandani cukup signifikan mengantarkan Persik finis di peringkat ke-11 klasemen Liga 1 musim lalu.

Baca Selengkapnya: Liga 1: Lepas 4 Nama Berpengalaman, Skuat Persik Kediri Tinggal 26 Pemain

Persik KediriRohit ChandFeri PahabolLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini