x

Sempat Cedera, Wonderkid Indonesia Menggila dan Cetak Gol Cantik di Liga Qatar

Jumat, 20 Mei 2022 22:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Abdurrahman Iwan (duduk, paling kiri) dan tim Al Wakrah di Liga Qatar.

INDOSPORT.COM - Sempat mengalami cedera dan absen lama, wonderkid asal Indonesia, Abdurrahman Iwan akhirnya bisa comeback dan mencetak gol di Liga Qatar.

Abdurrahman Iwan merupakan pesepak bola muda berusia 15 tahun yang tengah menjalani pendidikan sepak bola di Qatar.

Baca Juga

Abdurrahman Iwan diketahui bersekolah di Al Wakrah, dan bermain untuk tim sekolahnya, Al Wakrah SC. Iwan berposisi sebagai gelandang serang.

Naas, ada kabar buruk yang menimba Abdurrahman Iwan. Ia sempat mengalami cedera dan harus pemulihan cukup lama.

Setelah menepi dari lapangan hijau di akhir tahun 2021 lalu, Abdurrahman Iwan akhirnya menyatakan comeback. Ia sudah dimainkan saat Al Wakrah tampil di Qatar Cup U-17.

Baca Juga

Tak sekadar menjadi pemanis di lapangan, Abdurrahman Iwan justru mencatatkan gol cantik di semifinal Qatar Cup U-17 2022.

Proses terciptanya gol juga sangat ciamik. Memanfaatkan long pass dari belakang, satu pemain Al Wakrah belum bisa menembus pertahanan tim lawan.

Abdurrahman Iwan mendadak muncul dari lini kedua, mengecoh tiga pemain bertahan, dan akhirnya mencetak gol untuk timnya.

Baca Juga

Tak kuasa menahan rasa gembira, Iwan pun membagikan cuplikan gol tersebut melalui akun media sosial Instagram @abdo_eone.


1. Deretan Prestasi Abdurrahman Iwan

Aksi Abdurrahman Iwan di Algarve Youth Cup 2017.

Hanya dalam satu cuplikan gol saja, sudah jelas terlihat bagaimana potensi wonderkid asal Indonesia, yakni Abdurrahman Iwan.

Walau baru comeback dari cedera panjang, tapi ia mampu menjadi pembeda di timnya, Al Wakrah, dan membuat gol kemenangan.

Jika berkaca pada catatan sebelumnya, banyak sekali rekor apik yang berhasil dibukukan oleh Abdurrahman Iwan.

Baca Juga

Abdurrahman Iwan pernah bergabung dengan Aspire Academy sejak tahun 2011, setelah melalui proses seleksi super ketat dengan ratusan pemain berbakat Qatar.

Iwan pernah menjadi Pemain Terbaik dan Top Skorer Qatar Star Liga Junior bersama Al Wakrah SC pada musim 2014/2015 lalu. Saat itu, ia berhasil menorehkan 42 gol.

Baca Juga

Gelar serupa juga berhasil ia raih pada Qatar Star Liga Junior 2015/2016, Iwan pun berhasil mengemas 37 gol hingga 10 assist.

Bersama Aspire Academy, Abdurrahman Iwan juga sukses membawa dua kali gelar juara berturut-turut di ajang Internasional Eropa, pada gelaran International Triseries. 

Abdurrahman Iwan juga pernah membawa klubnya, Aspire Academy menjadi runner-up Piala Dunia antar elite klub dunia, yang saat itu diikuti oleh 200 elite klub terbaik.

Baca Juga

Sekadar informasi, Abdurrahman Iwan bukan pemain keturunan. Ia benar-benar pemain asal Indonesia, anak dari pasangan Bapak H. Iwan Kuswanto dan Ibu Hj. Tarini.

Orang tuanya berasal dari Kramatwatu, Serang, Banten. Saat ini, Abdurrahman Iwan tinggal di Qatar bersama orang tuanya yang bekerja di salah satu perusahaan di Qatar.


2. Potensi Masuk Timnas Indonesia U-16

Timnas U-16. Foto: PSSI

Dengan latar belakang sebagai pemain Indonesia dan prestasi Abdurrahman Iwan yang membanggakan di Liga Qatar, ia tentu menjadi opsi terbaik untuk Timnas U-16.

Abdurrahman Iwan sendiri mengaku sangat terbuka, andai suatu saat pelatih Bima Sakti atau Shin Tae-yong memanggilnya untuk bermain di Timnas Indonesia usia muda.

Selain Abdurrahman Iwan, satu lagi potensi muda Indonesia yang bisa masuk radar Tim Nasional Indonesia U-16 besutan Bima Sakti.

Ia adalah Welberclieskott de Halim Jardim, pemain berdarah Indonesia dan Brasil, yang kini bermain untuk akademi tim Sao Paolo.

QatarBola InternasionalAbdurrahman IwanBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini