x

Sempat 'Galak' dan Skeptis, Antonio Conte Akhirnya Bawa Berkah untuk Tottenham Hotspur

Minggu, 22 Mei 2022 09:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM - Perjalanan Antonio Conte membenahi Tottenham Hotspur musim ini sebentar lagi akan berakhir.

Seperti diketahui, Liga Inggris 2021-2022 akan segera tutup buku setelah memainkan seluruh jadwal pekan ke-38 mereka pada 22 Mei.

Baca Juga

Sederet pertandingan menarik pun siap digelar, termasuk partai-partai krusial bagi sebagian klub yang tengah berburu poin demi mendongkrak posisi di klasemen.

Manchester City dan Liverpool adalah dua tim yang paling dinanti hasilnya besok malam. Sebagai informasi, masing-masing mereka akan berjumpa Aston Villa dan Wolverhampton Wanderers.

Kemenangan tentu dibidik keduanya demi takhta Liga Inggris musim ini. Selisih jumlah poin yang begitu mepet pun jadi daya tarik tersendiri bagi publik sepak bola.

Baca Juga

Sementara itu, Tottenham Hotspur juga tidak kalah sibuk dibandingkan dua rivalnya itu. Son Heung-min dkk masih harus mempertahankan posisi empat besar mereka dari kejaran Arsenal.

Namun nampaknya misi tersebut tidak terlalu sulit mengingat lawan yang akan mereka hadapi adalah Norwich City sang juru kunci klasemen.

Namun terlepas dari itu, pencapaian Tottenham Hotspur hingga titik ini pun patut mendapat pujian dan apresiasi.

Baca Juga

Pasalnya, mereka sempat terseok-seok sebelum Antonio Conte datang menggantikan Nuno Espirito Santo pada November 2021.

Ya, mantan pelatih Inter Milan tersebut bisa dibilang baru sebentar menangani Spurs yang sempat terseok-seok.


1. Antonio yang Dulu Frontal ke Tottenham Hotspur

Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

Selama menunaikan tugas, Antonio Conte memang mengalami pasang surut bersama The Lilywhites, mulai dari urusan transfer hingga periode buruk tim yang sempat terjadi beberapa waktu lalu.

Ia bahkan menyoroti mentalitas sebagai ‘biang kerok’ utama penampilan tim yang inkonsisten. Salah satunya ia ungkap setelah Spurs terdepak dari Piala FA di tangan Middlesbrough.

Baca Juga

“Di laga terakhir kami menang, sebelumnya kalah, sebelumnya lagi menang. Saya rasa kami tidak bisa menyembunyikan kebenaran ini,” ucap Antonio Conte seperti diwartakan laman Standard.co.uk.

“Faktanya, penampilan kami naik turun. Kami harus mengatasinya, ini adalah masalah yang sekarang dan mungkin dulu juga,” tambah mantan pelatih Inter Milan tersebut.

Pelatih asal Italia itu memang sempat beberapa kali menyoroti apa yang terjadi di Tottenham Hotspur yang harus ia benahi musim ini.

Baca Juga

Terlebih lagi, Spurs memiliki seabrek masalah yang ternyata belum bisa diatasi para pendahulunya, bahkan sekelas Jose Mourinho sekalipun.

Selain pernah menyebut soal inkonsistensi, ia juga tidak segan melabeli Spurs sebagai tim papan tengah Liga Inggris.

Hal tersebut ia ungkap setelah melihat penampilan para pemain di laga kontra Chelsea di Carabao Cup musim ini. Di pertandingan leg pertama semifinal itu, The Lilywhites takluk 0-2 dari The Blues.

Baca Juga

“Dalam beberapa tahun terakhir level Tottenham telah banyak turun,” demikian bunyi kritik Antonio Conte, seperti diwartakan Daily Mail.

Namun jangankan bicara soal performa para pemain Spurs, Antonio Conte yang terkenal vokal setiap menyalurkan aspirasinya, juga menyoroti betapa besarnya tantangan untuk merekrut amunisi baru di bursa transfer.


2. Tottenham Hotspur Mulai Pulih

Situasi di Tottenham Hotspur perlahan mulai membaik berkat Antonio Conte. Foto: Reuters/Paul Childs.

Menurutnya, selain sulit mendatangkan pemain baru, ada banyak hal yang harus diperbaiki agar Spurs bisa bersaing di papan atas Liga Inggris.

“Jujur saja, bursa transfer Januari ini tidak akan bisa berefek besar. Saat ini sangat sulit sekali untuk bisa mendatangkan pemain baru,” ucapnya.

Baca Juga

Akan tetapi, setelah berbagai macam kritik dan sorotan yang ia lontarkan untuk Tottenham Hotspur, Antonio Conte nampaknya kini bisa tersenyum bahagia.

Pasalnya, usaha dan kerja kerasnya memperbaiki tim asal London ini mulai menampakkan hasil meski perjalanan mereka ke depannya masih penuh tantangan.

Hanya saja, setidaknya saat ini Tottenham Hotspur berhasil merangkak naik ke empat besar klasemen Liga Inggris.

Baca Juga

Dulu, mereka bahkan sempat terlempar ke enam besar. Sekarang tiket ke Liga Champions 2022-2023 juga sudah di depan mata.

Di samping itu, Spurs juga menempatkan Son Heung-min di daftar top skor sementara Liga Inggris musim ini.

Pemain asal Korea Selatan itu pun berpeluang besar menggondol gelar Sepatu Emas lantaran saat ini berada di peringkat dua dengan 21 gol.

Baca Juga

Di posisi pertama ada Mohamed Salah (Liverpool) dengan 22 gol, namun pemain asal Mesir tersebut bisa saja tidak diturunkan Jurgen Klopp di laga terakhir The Reds melawan Wolves besok.

Apapun hasil akhir yang diperoleh Spurs musim ini, tentu tidak lepas dari kehebatan Antonio Conte, yang dulu sempat frontal dalam mengkritik penampilan dan situasi di kubu Harry Kane dkk ini.

Tottenham HotspurAntonio ConteLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini