x

Tak Seperti Son Heung-min yang Miskin Gelar, Pemain Asia Ini Justru Panen Trofi di Liverpool

Minggu, 22 Mei 2022 10:22 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Juni Adi
Takumi Minamino masuk dalam skuat Liverpool di Liga Champions

INDOSPORT.COM - Bomber Tottenham Hotspur, Son Heung-min kini tengah bersaing dalam perebutan sepatu emas Liga Inggris dengan pemain internasional timnas Mesir, Mohamed Salah.

Hingga pekan ke-37 Premier League musim ini, striker asal Korea Selatan ini telah mengemas 21 gol dari 34 pertandingan. Selain gacor Son Heung-min juga berhasil mencetak 7 assist bersama The Lillywhites.

Baca Juga

Meski begitu, Son Heung-min bukanlah satu-satunya pemain Asia yang tampil apik di Eropa. Ada beberapa nama lain yang bersinar, mulai dari gelandang serang asal Jepang milik Die Adler, Daichi Kamada.

Pemain berusia 25 tahun ini berhasil mengantarkan Eintracht Frankfurt menjuarai Liga Europa di musim ini. Meski tak selalu jadi pilihan utama, Kamada sukses tampil apik ketika dimainkan.

Salah satu kontribusi terbaiknya tentu satu gol ke gawang West Ham United pada babak semi final Piala Eropa yang membuat Frankfurt sukses kalahkan tim asal London dan melaku ke final.

Baca Juga

Selain Daichi Kamada, ada satu nama lain asal Negeri Matahari Terbit, pemain ini bisa dikatakan merupakan sosok Asia tersukses yang dapat melampaui torehan prestasi Son Heung-min.

Kendati baru menorehkan tiga gol dan satu asssist di Liga Inggris hingga pekan ke-37 ini, Takumi Minamino sukses kangkangi prestasi Son Heung-min di pentas sepak bola Eropa.

Bersama pasukan Jurgen Klopp, Takumi Minamino sukses menjuarai dua trofi domesti musim ini. Hal ini lah yang tak bisa dirasakan Son Heung-min meski dia jadi pemain asia terganas di Eropa.

Baca Juga

Tercatat, Minamino juga sukses tampil apik di dua kompetisi domestik bersama Liverpool, winger kiri milik timnas Jepang ini sukses catatkan empat gol dan satu assist di Piala Liga.

Tak sampai itu saja, Minamino berhasil jadi pemain spesialis supersub musim ini. Terakhir dia berhasil ciptakan gol penting ke gawang Southampton pada pekan kemarin.


1. Jalan Terjal Takumi Minamino di Liverpool

Son Heung-min tampak lesu melihat trofi Liga Champions. Matthew Ashton - AMA/Getty Images

Awal karier sepak bola Minamino muda, lebih banyak berkutat di negaraa asalnya, Jepang. Sejak belia telah menempuh pendidikan di akademi sepak bola Cerezo.

Mulai dari Cerezo U-18 dan kemudian menembus skuad utama tim Cerezo Osaka pada musim 2012/2013. Bermain untuk tim asal Osaka, Minamino hanya bertahan sebentar.

Baca Juga

Tepat di tahun ketiganya, Takumi Minamino terpantau oleh pemandu bakat tim asal Austria, RB Salzburg yang kemudian meminang Minamino pada bursa transfer Januari 2015.

Takumi Minamino ditebus RB Salzburg dengan mahar 13 Miliar harga yang cukup murah. Tampil selama lima musim, kini giliar raksasa Liga Inggris mencium bakat pemuda asal Jepang.

Di bursa transfer Januari 2020 lalu, Minamino resmi ke Liverpool dengan nilai transfer 147 Minamino. Kepergian winger asal Jepang ke Liverpool cukup mengejutkan.

Baca Juga

Setelah resmi jadi milik Liverpool, Takumi Minamino sempat di 'sekolahkan' ke Southampton pada awal tahun 2021 lalu, sebelum akhrinya 'lulus' di pertengahan bulan Juni tahun lalu.

Sekembalinya Minamino, dia berhasil menjadi salah satu supersub penting di bawah arahan pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp di kompetisi Piala FA Cup dan Piala Carabao.

Pemian internasional Jepang itu bahkan berhasil menjadi top skor dalam dua ajang domestik Liga Inggris musim ini. Selain itu Minamino juga jadi bagian penting Liverpool ketika meraih dua gelar musim ini.

Baca Juga

Minamino telah meraih torehan pribadi dengan menggasak predikat pencetak gol terbanyak di Piala FA dan Piala Carabao. Bahkan dia juga mencetak 10 gol dari sembilan penampilanya di semua kompetisi.

Catatan ini tentu lebih baik dari Son Heung-min, namun dirinya tak memperoleh satu gelar pun bersama Tottenham Hotspur. Terlebih Minamino masih berpotensi meraih gelar Liga Inggris dan Liga Champions.


2. 5 Kali Steven Gerrard 'Pegang' Nasib Liverpool di Tangannya

Juru taktik Aston Villa, Steven Gerrard. Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington.

Status legenda hidup Liverpool nampaknya benar-benar layak disematkan kepada Steven Gerrard.

Bahkan, musim ini saja ia sudah dua kali ‘terlibat’ dalam perjuangan Liverpool berburu quadruple, termasuk gelar Liga Inggris yang kini menanti di depan mata.

Hal tersebut tentu tidak lepas dari kapasitasnya sebagai juru taktik Aston Villa yang bermain di liga yang sama dengan sang mantan klub.

Belum lama ini, Steven Gerrard dan para pemainnya sudah berhadapan dengan Jordan Henderson dkk di partai Liga Inggris yang krusial bagi The Reds.

Pertandingan yang diselenggarakan pada 11 Mei lalu tersebut pun berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan pasukan Jurgen Klopp.

Baca selengkapnya: 5 Kali Steven Gerrard 'Pegang' Nasib Genting Liverpool, Termasuk Liga Inggris Musim Ini

LiverpoolLiga ChampionsTottenham HotspurJurgen KloppWest Ham UnitedEintracht FrankfurtSon Heung-MinLiga InggrisBerita Liga InggrisTakumi MinaminoDaichi Kamada

Berita Terkini