x

PSSI: Turnamen Pramusim Jelang Liga 1 Kick Off Pertengahan Juni dan Boleh Dihadiri Penonton

Selasa, 24 Mei 2022 19:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan akan menggelar turnamen pramusim menjelang Liga 1 pada pertengahan Juni 2022. 

Turnamen itu diharapkan diikuti semua klub Liga 1.  Di tahap awal, klub sudah diajak diskusi dengan PT LIB tentang mekanisme dan regulasi, meskipun semua masih belum final. 

Baca Juga

Untuk titel pramusim 2022, PSSI dan PT LIB belum memutuskan, begitu pula stadion mana yang akan dipakai. Tapi, ada kemungkinan digelar di empat kota. 

‘"Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim, Liga 1 dan 2," kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

"Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kami akan terus matangkan hal ini," imbuhnya.

Menurut Ketum PSSI, turnamen pramusim akan diselenggarakan mulai pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dengan penonton.

Baca Juga

Namun, belum diputuskan berapa persen yang boleh masuk stadion, termasuk terkait vaksinasi dan booster.


1. Belum Ada Bocoran Turnamen Pramusim

Laga Final Piala Menpora, Persib kalah atas Persija pertandingan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta, Minggu (25/04/21).

"Kami akan koordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kita akan ikut apa yang diputuskan oleh pemerintah,’’ imbuh Iriawan.

Baca Juga

Belakangan, turnamen pramusim yang ramai dibicarakan adalah Piala Presiden 2022. Dua kota disebut akan jadi tuan rumah yakni Solo dan Semarang.

Dua stadion 'baru' yakni Stadion Jati diri dan Stadion Manahan akan jadi venue yang dipakai untuk pembukaan dan penutupan turnamen. 

Baca Juga

Akan tetapi, PT LIB belum membocorkan perihal nama turnamen pramusim 2022. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita pun belum bisa memastikan hal tersebut karena masih berkomunikasi dengan PSSI. 

Baca Juga

Turnamen pramusim memang rutin digelar PSSI dan LIB sejak era Liga 1. Hal itu jadi ajang persiapan klub sebelum jalani musim reguler. 


2. Turnamen Pramusim Jelang Liga 1

Empat kota lokasi turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Pada tahun lalu, turnamen pramusim bertitel Piala Menpora dan Persija Jakarta keluar sebagai juaranya. 

Pada musim 2017, 2018 dan 2019, kejuaraan itu dikenal dengan Piala Presiden. Arema FC jadi jawara dua kali (2017 dan 2019), Persija Jakarta (2018) dan Persib Bandung (2015). 
 

PSSILiga IndonesiaLiga 1Mochamad IriawanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini