x

Data-Fakta Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid: Sejarah Berpihak pada Los Blancos

Sabtu, 28 Mei 2022 09:02 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut data fakta jelang final Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid, Minggu (29/05/22). Sejumlah catatan menunjukkan Los Blancos di atas angin. Foto: REUTERS-Phil Noble/Peter Cziborra

INDOSPORT.COM – Berikut data fakta jelang final Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid, Minggu (29/05/22). Sejumlah catatan menunjukkan Los Blancos di atas angin.

Seiring rampungnya liga-liga domestik papan atas Eropa, kini dunia sepak bola siap menyambut satu partai penting yakni final Liga Champions 2021/2022.

Baca Juga

Laga puncak kompetisi antarklub terakbar Eropa itu akan mempertemukan Liverpool vs Real Madrid, yang digelar pada Minggu (29/05/22) pukul 02.00 WIB.

Seperti diketahui, laga ini merupakan ulangan final edisi 2017/2018. Ketika itu, The Reds harus pulang dengan tangan hampa setelah kalah 1-3 dari Los Blancos.

Momen itu diwarnai oleh cederanya Mohamed Salah di babak pertama setelah berduel dengan Sergio Ramos, dan blunder kiper Liverpool, Loris Karius.

Baca Juga

Dengan situasi itu, laga final dini hari nanti pun menjadi kesempatan tim asuhan Jurgen Klopp untuk membalas dendam.

Apalagi, mereka baru saja gagal memenangi Liga Inggris musim ini, sehingga makin termotivasi untuk merebut trofi UCL.

Di sisi lain, Real Madrid bertekad memutup musim ini dengan gelar ganda, setelah sebelumnya memenangi trofi Liga Spanyol.

Baca Juga

Tak hanya itu, mereka pun bertekad makin menegaskan dominasi di Liga Champions dengan memburu trofi keempat belas sepanjang sejarah.

Menghadapi laga ini, Carlo Ancelotti pun memasukkan nama pahlawan kemenangan Los Blancos atas The Reds di 2018 lalu, yakni Gareth Bale, ke dalam skuat pertandingan meski pemain Wales itu lebih banyak ditepikan musim ini.


1. Final Tersering

Momen saat duel antara bek tengah Real Madrid, Sergio Ramos (kiri) melawan Mohamed Salah, penyerang Liverpool dalam pertandingan final Liga Champions (27/05/18).

Dalam perjalanan ke final musim ini, Liverpool memuncaki Grup B yang disebut grup neraka, mengungguli Atletico Madrid, Porto, dan AC Milan.

Tim asuhan Jurgen Klopp itu kemudian berturut-turut menyingkirkan Inter Milan, Benfica, dan Villarreal di fase gugur.

Baca Juga

Sementara itu, Real Madrid merupakan pemuncak Grup D yang kemudian menyingkirkan sejumlah tim raksasa Eropa yakni PSG, Chelsea, dan Manchester City di 16 besar, perempat final, dan semifinal.

Untuk menyambut final Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid dini hari nanti, berikut INDOSPORT merangkum 5 data dan fakta terkait pertandingan tersebut.

Baca Juga

Pertemuan Tersering di Final

Laga final pada Minggu (29/05/22) pukul 02.00 dini hari WIB nanti akan menjadi ketiga kali Liverpool dan Real Madrid bertemu di final Liga Champions.

Dengan situasi ini, kedua klub menjadi tim yang paling sering bertemu di final dalam sejarah Liga Champions/Piala Eropa.

Dalam pertemuan pertama yang terjadi pada tahun 1981, Liverpool menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal Alan Kennedy.

Sementara itu, pada pertemuan kedua di tahun 2018 lalu, Real Madrid berhasil membalas dendam lewat kemenangan 3-1.

Baca Juga

Liverpool Buru Gelar Ketujuh

Jika berhasil memenangi Liga Champions musim ini, maka ini akan menjadi gelar ketujuh Liverpool di kompetisi tersebut.

Torehan 7 gelar itu akan membawa mereka menyamai torehan AC Milan, sekaligus membawa The Reds menjadi tim dengan gelar terbanyak kedua di UCL, setelah Real Madrid (13).

 

2. Real Madrid di Atas Angin

Real Madrid Juara Liga Champions 2014

The Reds Tak Pernah Menang di 5 Pertemuan Terakhir

Laga final pada dini hari nanti secara total menjadi pertemuan kesembilan Real Madrid dengan Liverpool di Liga Champions, dengan kedua tim sudah bertemu 8 kali sebelumnya.

Liverpool memang tampil dominan dalam 3 pertemuan pertama yang terjadi pada periode 1981-2009 dengan memenangi ketiga duel tersebut.

Namun, situasi kemudian berbalik dengan The Reds menjadi tak pernah menang (1 imbang dan 4 kalah) dalam 5 pertemuan terakhir, termasuk di final 2018.

Baca Juga

Mimpi Buruk Jurgen Klopp

Sepanjang karier kepelatihannya, Real Madrid menjadi tim yang paling sering dihadapi Jurgen Klopp di Liga Champions yakni 9 kali.

Meski demikian, Madrid seolah menjadi kelemahan bagi Klopp. Pasalnya, dari 9 pertemuan itu, Klopp hanya meraih 3 kemenangan, dan menelan 4 kekalahan serta 2 imbang.

Di antara klub yang pernah ia hadapi minimal 3 kali di UCL, Real Madrid menjadi tim di mana Jurgen Klopp meraih persentase kemenangan terkecil (33%).

Baca Juga

Real Madrid Raja Final

Real Madrid kini merupakan tim dengan koleksi gelar juara Liga Champions terbanyak yakni 13 kali, yang  berarti mereka akan meraih gelar ke-14 jika bisa mengalahkan Liverpool dini hari nanti.

Torehan 14 gelar itu akan membawa mereka makin tak terkejar di daftar juara UCL, sekaligus membuat koleksi mereka menjadi dua kali lipat dari tim peringkat kedua, AC Milan (7 kali).

Baca Juga

Menghadapi laga ini, Real Madrid punya modal bagus. Pasalnya, mereka bisa dibilang merupakan raja final dengan selalu menang dalam 7 final terakhir yang mereka jalani di UCL.

Kekalahan terakhir di final dialami Los Blancos pada musim 1980/1981. Menariknya, ketika itu lawan yang dihadapi adalah Liverpool dan laga itu juga digelar di Paris.

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsJurgen KloppTRIVIABerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini