x

Perintah Iwan Bule Jelang Timnas Indonesia vs Bangladesh: Menang Harga Mati!

Minggu, 29 Mei 2022 16:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Verona Palace Hotel, Kota Bandung, Kamis malam (17/03/22). Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mematok target tinggi untuk timnas Indonesia saat menjamu Bangladesh dalam laga uji coba, Rabu (1/6/22). Kemenangan menjadi harga mati demi mengerek posisi di ranking FIFA. 

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, mengatakan bahwa laga kontra Bangladesh sebagai pemanasan menjelang Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimulai 8-14 Juni di Kuwait. 

Baca Juga

Sehingga, kemenangan dibutuhkan guna meningkatkan mental, kepercayaan diri, dan motivasi seluruh pemain timnas Indonesia. Apalagi duel nanti berlangsung di hadapan publik sendiri.

"Tentu uji coba melawan Bangladesh bagus sebagai persiapan mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023 pada awal Juni mendatang," kata Mochamad Iriawan, Minggu (29/5/22). 

"Kami menargetkan timnas Indonesia mampu menang melawan Bangladesh. Hal ini sangat penting untuk menaikkan peringkat FIFA Indonesia," imbuhnya. 

Baca Juga

Meski timnas Indonesia unggul secara ranking FIFA atas Bangladesh, Iwan Bule tetap mengingatkan para pemain untuk berikan 100 persen kemampuan. 

Ketum PSSI tidak ingin Skuat Garuda kecolongan. Pasalnya, segala bentuk drama dan kemungkinan terburuk bisa terjadi di atas lapangan sepak bola. 

Baca Juga

"Semoga para pemain terus bekerja keras, selalu memberikan kemampuan terbaik, dan meraih hasil maksimal nantinya," ujar Iwan Bule. 

Untuk lawan Bangladesh, pelatih Shin Tae-yong memanggil 29 pemain. Ada dua naturalisasi yang diikutsertakan, yakni Stefano Lilipaly dan Marc Klok. 


1. Jordi Amat dan Sandy Walsh

Latihan Timnas Indonesia di Stadion Persib. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Sebagian besar merupakan jebolan SEA Games 2021 atau dari timnas Indonesia U-23, sedangkan nama-nama baru yang dipanggil mayoritas berstatus senior. 

Baca Juga

Menariknya, dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh juga sudah ikut berlatih pada sesi latihan perdana timnas Indonesia di Bandung, Jumat (27/5/22). 

Baca Juga

Namun, keduanya hanya berlatih dan belum tersedia untuk pertandingan melawan Bangladesh. Jordi Amat dan Sandy Walsh belum resmi menjadi bagian dari timnas Indonesia mengingat proses naturalisasinya belum usai. 


2. Menang Mudah?

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Timnas Indonesia kini menduduki peringkat ke-159 FIFA atau jauh unggul dibandingkan Bangladesh (188), tapi tetap saja semua ini cuma sebatas hitung-hitungan di atas kertas.

Baca Juga

Sementara itu, drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 telah dilakukan. Indonesia segrup dengan Kuwait, Nepal, dan Yordania, kemudian laga berlangsung pada 11 Juni mendatang.

FIFATimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshBola IndonesiaMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaBangladeshJordi AmatOne Football

Berita Terkini