x

3 Pemain yang Jadi Pencetak Gol dan Assist Terbanyak dalam Semusim: Mbappe Fenomenal!

Selasa, 31 Mei 2022 19:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pemain dari lima kompetisi top Eropa yang mampu menjadi top skor sekaligus pemberi assist terbanyak dalam satu musim. Siapa saja mereka? Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain dari lima kompetisi top Eropa yang mampu menjadi top skor sekaligus pemberi assist terbanyak dalam satu musim. Siapa saja mereka?

Dalam dunia sepak bola, mencetak gol merupakan pekerjaan yang sulit bahkan bagi pemain berlabel bintang sekaligus.

Baca Juga

Selain faktor adaptasi, kemampuan para pemain bertahan yang kian komplit juga membuat banyak striker ataupun bintang di sektor penyerangan kesulitan mencetak gol.

Di musim ini misalnya, nama mega bintang asal Argentina, Lionel Messi, terlihat sangat sulit mencetak gol bersama tim barunya, Paris Saint-Germain.

Total dalam 34 pertandingan sepanjang musim 2122, mantan pemain Barcelona tersebut baru bisa cetak 11 gol dan berikan 14 assists.

Baca Juga

Dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, tak heran jika para top skor dari lima kompetisi top Eropa akan mendapat banyak sorotan serta jadi incaran pada bursa transfer.

Tak hanya mencetak gol, sejatinya ada acuan lain dalam menentukan kemampuan para pemain yakni jumlah assist atau umpan yang berbuah gol untuk timnya.

Sama seperti pencetak gol terbanyak, para pemberi assists pun juga mendapat penghargaan khusus di akhir kompetisi yakni sebagai top assists.

Baca Juga

Meski tugas diatas (mencetak gol dan memberi assists) sangat berat buat para pesepak bola, akan tetapi faktanya ada beberapa bintang lapangan hijau yang ternyata mampu menguasai keduanya.

Bahkan pada akhir kompetisi, para pemain berikut sukses meraih gelar pencetak gol serta pemberi assist terbanyak dalam semusim.

Lantas siapa sajakah pemain dari lima liga top Eropa yang mampu melakukan hal tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas.


1. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain 2021/2022)

Ekspresi kekecewaan Naby Keita dan Mohamed Salah di laga Liverpool vs Tottenham (REUTERS/Phil Noble )

Nama pertama adalah Kylian Mbappe, pemain asal Prancis ini memang merupakan sosok fenomenal dalam sepakbola saat era milenial

Pada gelaran Liga Prancis 2021/2022, pemain berusia 23 tahun tersebut mampu menunjukan kemampuannya sebagai pencetak gol maupun pemain yang mampu memberikan banyak assist dalam semusim.

Baca Juga

Musim 2021/2022 ini, Kylian Mbappe berhasil mencatatkan total 28 gol seta 18 assist dalam semusim di Liga Prancis dari total 35 pertandingannya.

Bahkan sang pemain sukses mengantarkan timnya menjadi juara di kompetisi musim tersebut dan membuat PSG sukses mendapatkan gelar ke-10 Liga Prancis.

Mohamed Salah (Liverpool 2021/2022)
Berikutnya ada Mohamed Salah, sang penyerang berjuluk Egyptian King ini juga merupakan salah satu pemain terbaik dunia setelah era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Memiliki kemampuan dribble sempurna, fisik yang kuat serta kecepatan yang luar biasa, membuat mantan penggawa Chelsea tersebut mampu mencetak gol dari berbagai kondisi.

Sejak bergabung dengan The Reds dari AS Roma, Salah membuat 120 gol serta 47 assist dari 193 pertandingannya di Premier League dan berhasil membawa Liverpool juara pada musim 2019/2020.

Di musim 2021/2022, Salah berhasil menyabet gelar top skor dan top assist dengan torehan 23 gol serta 13 assistnya.

Baca Juga

Penyerang berkebangsaan Mesir memang dikenal konsisten mencetak banyak gol bagi tim yang bermarkas di Anfield ini setiap musimnya.


2. Harry Kane (Tottenham Hotspur 2020/2021)

Selebrasi Harry Kane pasca mencetak gol di laga Tottenham Hhotspur vs Arsenal (13/05/22). (Foto: Reuters/Paul Childs)

Terakhir ada Harry Kane, striker andalan Tottenham dan tim nasional Inggris ini tak hanya menjadi goal getter namun juga bisa menjadi pelayan bagi rekan setimnya untuk mencetak angka.

Harry Kane memang belum berhasil memenangkan satupun trofi bersama Tottenham Hotspur, akan tetapi kemampuannya bisa disamakan dengan striker top dunia lainnya.

Baca Juga

Kane tak hanya menjadi pencetak gol ulung bagi The Lily White, tapi ketika dibutuhkan dia bisa menjadi kreator yang sangat baik bak seorang playmaker.

Bahkan di musim 2020/2021, kapten Tim Nasional Inggris ini menorehkan 23 gol serta 14 assist bagi timnya. Hal ini menjadikannya sebagai top skor serta top assist dalam musim tersebut.

LiverpoolParis Saint-GermainTottenham HotspurLiga PrancisTRIVIATop Skor

Berita Terkini