x

4 Pertandingan yang Jadi Penentu Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023

Selasa, 14 Juni 2022 12:15 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Empat Pertandingan yang Jadi Penentu Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM - Berikut empat pertandingan terakhir babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang menjadi penentu Timnas Indonesia lolos ke putaran final.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi duel hidup mati melawan Nepal di pertandingan terakhir Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Nepal dijadwalkan tersaji di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait pada Rabu (15/06/22) pukul 02.15 dini hari WIB.

Tim besutan Shin Tae-yong kini masih bertengger di posisi kedua klasemen Grup A dengan mengoleksi tiga poin hasil dari sekali menang dan sekali kalah.

Baca Juga

Sedangkan Nepal sudah lebih dulu angkat koper setelah pasukan Abdullah Al Mutairi menelan dua kali kekalahan beruntun di penyisihan Grup A.

Meski sempat kalah dari Yordania, namun kemenangan di laga perdana atas tuan rumah Kuwait membuat Timnas Indonesia memiliki peluang besar lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga

Akan tetapi, kelolosan Timnas Indonesia masih ditentukan dengan hasil empat pertandingan ini:

Timnas Indonesia vs Nepal

Sudah jelas, laga pertama yang menentukan kelolosan Timnas Indonesia adalah hasil melawan Nepal. Tidak ada pilihan selain menang untuk Marc Klok dkk di duel terakhir Grup A.

Bila menang, Timnas Indonesia bakal mengantongi enam poin dan berharap bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari lima runner up terbaik.


1. Palestina vs Filipina

Trofi Piala Asia.

Pertandingan kedua yang menentukan kelolosan Timnas Indonesia adalah duel antara Palestina Vs Filipina di partai terakhir Grup B.

Para pendukung Skuat Garuda tentu harus berdoa agar Palestina bisa menang atas Filipina. Atau kalu tidak, duel ini bisa berakhir sama kuat atau imbang.

Baca Juga

Pasalnya, Filipina punya peluang besar lolos ke Piala Asia sebagai runner up terbaik atau juara Grup. Mereka kini bertengger di posisi kedua dengan mengoleksi empat poin dari dua pertandingan.

Baca Juga

Malaysia vs Bangladesh

Lawan kedua yang kemungkinan besar bisa dikalahkan oleh Timnas Indonesia untuk berebut slot runner up terbaik adalah Malaysia.

Baca Juga

Suat Negeri Jiran kini bertengger di urutan kedua klasemen Grup E dengan mengantongi tiga poin hasil dari sekali menang dan sekali kalah.

Namun Malaysia unggul selisih satu gol dari Timnas Indonesia. Para pendukung skuat Garuda harus berdoa agar pasukan Kim Pan-gon meraih hasil imbang saat bersua Bangladesh atau malah kalah.


2. Yordania vs Kuwait

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

Bila Timnas Indonesia menang atas Kuwait, kemudian Malaysia dan Filipina apes di pertandingan terakhir, Skuat Garuda masih menunggu hasil satu lagi.

Duel antara Yordania vs Kuwait bakal menentukan peringkat klasemen akhir Grup A. Bila Yordania menang atau meraih hasil imbang, sudah pasti Timnas Indonesia finis di posisi kedua.

Namun bila Kuwait mendulang kemenangan atas Yordania, bakal ada perhitungan lagi dengan mini klasemen. Pasalnya, Timnas Indonesia kalah head to head dari Yordania, namun menang dari Kuwait.

Kemungkinan AFC akan menggunakan sistem selisih gol untuk menentukan peringkat. Hal ini membuat Timnas Indonesia diharuskan meraih kemenangan besar saat bersua Nepal.

Baca Juga
MalaysiaFilipinaYordaniaKuwaitTimnas IndonesiaNepalKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini