x

Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos Piala Asia dengan Status Juara Grup A, Kok Bisa?

Selasa, 14 Juni 2022 17:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Indonesia ternyata punya peluang cukup besar untuk lolos ke Piala Asia 2023 dengan status juara grup. Kok bisa?

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia ternyata punya peluang cukup besar untuk lolos ke Piala Asia 2023 dengan status juara grup. Kok bisa?

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan menjalani partai hidup mati guna menentukan kelolosan ke Piala Asia 2023 saat bersua Nepal di laga pamungkas grup A Kuaifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/06/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam duel kali ini, Timnas Indonesia diwajibkan meraih tiga poin atas Nepal dengan skor besar untuk menjaga asa lolos ke Piala Asia 2023.

Kemenangan menjadi hal wajib bagi skuat Garuda setelah sempat menelan kekalahan dari Yordania dengan skor 0-1 di partai kedua grup A.

Di sisi lain, Kuwait mampu menyamakan poinnya dengan Indonesia menjadi tiga poin usai menang atas Nepal di laga kedua.

Baca Juga

Sehingga, kemenangan atas Nepal pun menjadi barang wajib bagi Timnas Indonesia jika ingin kembali tampil di Piala Asia untuk pertama kali sejak 2007 silam.

Pintu terbuka lebar bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023 setelah di partai lain, Filipina tumbang dari Palestina.

Kekalahan Filipina itu membuat Timnas Indonesia berpeluang lolos sebagai salah satu dari lima Runner Up grup terbaik, andai di laga terakhir Kuwait gagal menang atas Yordania.

Baca Juga

Terlepas dari hal tersebut, Timnas Indonesia nyatanya tak hanya berpeluang lolos sebagai Runner Up grup saja, melainkan juga sebagai juara grup.

Kok bisa? Bagaimana skenarionya agar Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023 sebagai juara grup A nanti? Berikut kalkulasinya.


1. Posisi Indonesia saat Ini

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua grup A dengan koleksi tiga poin dan selisih gol nol. Koleksi ini sama dengan Kuwait dengan poin yang sama dan unggul selisih dua gol.

Timnas Indonesia masih berada di posisi Runner Up grup A, karena skuat Garuda unggul Head to Head atas Kuwait usai menang 2-1 di laga pertama.

Baca Juga

Oleh karenanya, Timnas Indonesia masih berada dalam salah satu dari enam Runner Up yang tengah berburu lima tiket tersisa.

Posisi Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat terakhir dari enam Runner Up grup yang ada. Skuat Garuda berada di posisi buncit karena baru mengumpulkan tiga poin dan hanya punya selisih gol nol.

Sehingga, Timnas Indonesia harus menang atas Nepal, kendati di partai lain Filipina baru saja takluk dari Palestina dengan skor 0-4.

Baca Juga

Selain harus menang, Timnas Indonesia juga harus berharap Kuwait tak menang atas Yordania agar tak disamakan poinnya.

Meski begitu berdasarkan perhitungan AFC, andai Kuwait menang pun dan Timnas Indonesia juga menang atas Nepal, skuat Garuda masih bisa lolos dan bahkan bisa jadi juara grup.

Seperti apa skenarionya agar Timnas Indonesia lolos sebagai juara grup A jika Kuwait menang atas Yordania? Berikut ulasannya.


2. Skenario Indonesia Lolos sebagai Juara Grup meski Kuwait Menang

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

Dalam perhitungan AFC, penentuan untuk siapapun yang lolos dari babak grup ditentukan via Head to Head, selisih gol dan agresivitas gol.

Andai Kuwait menang atas Yordania dan Indonesia menang atas Nepal, maka ketiga negara akan memiliki jumlah poin yang sama, yakni enam.

Sehingga, berdasarkan aturan AFC, ketiga negara ini akan ditentukan kelolosannya berdasarkan Head to Head terlebih dahulu. Alhasil, akan dibuat klasemen mini seperti di bawah ini.

Baca Juga

Grup A

1. Yordania
2. Timnas Indonesia
3. Kuwait

Jika dihitung secara Head to Head, sulit untuk menentukan siapa yang lolos. Sebab, ketiga negara ini punya Head to Head yang sama, jika Kuwait bisa mengalahkan Yordania.

Sehingga, akan digunakan selisih gol saat ketiga tim bertemu dan agresivitas gol yang dimiliki oleh ketiga negara saat bersua satu sama lain.

Di aturan ini lah Timnas Indonesia bisa lolos dengan status juara grup, dengan catatan Kuwait hanya menang 1-0 saja atas Yordania.

Baca Juga

Jika Kuwait menang atas Yordania dengan skor 1-0, maka ketiga negara akan punya selisih gol yang sama persis yakni nol berdasarkan pertemuan ketiganya di grup A.

Karena selisih gol yang sama, AFC pun akan menentukan kelolosan berdasarkan agresivitas gol. Di sini lah Timnas Indonesia diuntungkan karena berhasil mencetak total dua gol saat bertemu Kuwait dan Yordania.

Jika Kuwait menang 1-0 atas Yordania, maka Kuwait juga mengantongi agresivitas dua gol, usai mencetak satu gol ke gawang Indonesia dan satu gol ke gawang Yordania.

Baca Juga

Sedangkan Yordania hanya mencetak satu gol saja, yakni kala melawan Timnas Indonesia. Alhasil, seperti ini klasemen akhir grup A jika skenario Kuwait menang 1-0 atas Yordania dan Indonesia menang atas Nepal.

Grup A

1. Timnas Indonesia (2-2): 6 poin
2. Kuwait (2-2): 6 poin
3. Yordania (1-1): 6 poin

YordaniaKuwaitTimnas IndonesiaPiala Asia 2023NepalSepak BolaKualifikasi Piala Asia 2023One Football

Berita Terkini