x

Ranking FIFA Terbaru Timnas Indonesia Usai Lolos Piala Asia 2023: Kian Dekati Malaysia

Rabu, 15 Juni 2022 16:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Indonesia baru saja memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023. Hal ini rupanya juga berdampak positif pada posisi mereka di ranking FIFA.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia baru saja memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023. Hal ini rupanya juga berdampak positif pada posisi mereka di ranking FIFA.

Timnas Indonesia baru saja mengakhiri penantian 15 tahun untuk bisa mentas di panggung sepak bola terbesar se-Asia tahun depan.

Baca Juga

Momen ini terjadi usai tim Garuda mengalahkan Nepal 7-0 pada laga penutup Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/06/22) dinihari WIB.

Lima gol Timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Sementara dua gol lainnya disumbangkan Witan Sulaeman yang juga membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di Timnas pada turnamen ini.

Dengan demikian,  Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dengan finis sebagai salah satu runner-up terbaik.

Baca Juga

Pasukan Shin Tae-yong mengumpulkan enam poin dan surplus tujuh gol di grup A yang dihuni Yordania, Kuwait dan Nepal. 

Keberhasilan Timnas Indonesia menang besar atas Nepal hingga meraih tiket ke Piala Asia 2023 langsung berdampak positif pada posisi mereka di ranking FIFA.


1. Ranking Dunia Timnas Indonesia Naik

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Melansir dari Footy Rankings di akun Twitter, Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 11.31 poin dari kemenangan mereka atas Nepal.

Tambahan poin yang cukup signifikan ini membuat Timnas Garuda naik tiga tingkat dari posisi sebelumnya. Mereka kini merangsek ke urutan 155 dunia.

Baca Juga

Sedangkan Nepal, yang sebelumnya duduk di urutan ke-176 harus rela turun satu tingkat dari posisinya di rangking dinia FIFA.

Posisi Timnas Indonesia yang terbaru semakin mendekati negara tetangga mereka, Malaysia. Ya. Saat ini Malaysia hanya mampu naik dua tingkat dengan kini mereka berada di posisi ke-148.

Malaysia naik posisinya setelah berhasil mengalahkan Bangladesh di matchday terakhir fase Grup E Kualifikasi Piala Asia 2023.

Harimau Malaysia mengalahkan Bangladesh dengan skor 4-1. Kemenangan ini juga sudah cukup membuat tim besutan Kim Pan-gon lolos ke Piala Asia sebagai salah satu runner-up terbaik.

Baca Juga

Tentunya, naikknya posisi Timnas Indonesia di ranking dunia jadi bonus manis atas perjuangan skuad Shin Tae-yong yang sebelumnya diragukan untuk lolos ke Piala Asia 2022.

Baca Juga

Seperti diketahui, mereka memang dalam posisi yang tidak aman di Grup A setelah hanya meraih 4 poin dari hasil sekali menang atas Kuwait dan kalah dari Yordania.

Bukan hanya itu, kemenangan 7-0 atas Nepal juga melampui target yang ditetapkan di mana mereka sejatinya hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos ke putaran final.


2. Timnas Indonesia Catat Rekor Luar Biasa

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Timnas Indonesia mampu meraih rekor luar biasa di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Marc Klok dkk menjadi satu-satunya tim yang mampu meraih kemenangan terbesar di antara 23 tim lainnya.

Sebelumnya rekor kemenangan terbesar sempat dipegang oleh Palestina. Mereka sebelumnya mampu mencukur Yaman dengan skor telak 5-0 di laga kedua Grup B.

Saat itu, Palestina sukses mematahkan rekor yang diraih Tajikistan saat melumat Myanmar dengan skor 4-0 di pertandingan perdana Grup F Kualifikasi Piala Asia 2023.
 

FIFAMalaysiaTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalNepalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini