x

Terbaru Shin Tae-yong, Ini 4 Pelatih yang Pernah Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia

Rabu, 15 Juni 2022 14:54 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Terbaru Shin Tae-yong, Ini 4 Pelatih yang Pernah Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia.

INDOSPORT.COM - Berikut empat pelatih yang berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke ajang bergengsi Piala Asia, dari era Danurwindo hingga Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia baru saja sukses mendapatkan tiket lolos ke Piala Asia 2023 pada Rabu (15/06/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Ini menjadi yang keempat kalinya Timnas Indonesia lolos ke ajang bergengsi Piala Asia. Pertama kalinya mereka bermain di turnamen sepak bola antar negara se-Asia ini yakni pada 1996 silam.

Di balik keberhasilan Skuat Garuda, pastinya ada sosok pelatih yang berjasa menaikan performa para pemain. Berikut INDOSPORT telah merangkum empat pelatih yang mampu meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia:

Baca Juga

Shin Tae-yong (Piala Asia 2023)

Direkrut PSSI sejak Desember 2019 lalu, Shin Tae-yong akhirnya mampu meraih prestasi. Ia sukses membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. 

Kemenangan telak atas Nepal dengan skor 7-0 atas di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait pada Rabu (15/06/2022) dini hari WIB membuat pasukannya finis di posisi kedua Grup A.

Marc Klok dkk menjadi salah satu dari lima runner up terbaik dari Grup A hingga FC dan berhak mengantongi tiket ke Piala Asia 2023.

Baca Juga

Shin Tae-yong membuat para fans lega karena sudah menunggu selama 15 tahun lamanya. Terakhir kali Garuda bermain di ajang bergengsi Piala Asia terjadi pada 2007 silam.

Saat itu, Timnas Indonesia berlaga di Piala Asia karena menjadi tuan rumah bersama tiga negara ASEAN lainnya yaitu Malaysia, Vietnam dan Thailand.


1. Ivan Kolev (Piala Asia 2004)

Ivan Venkov Kolev eks pelatih Timnas Indonesia.

Sebelum Shin Tae-yong, ada pelatih asing lainnya yang sukses membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia. Pelatih ini berasal dari Bulgaria yakni Ivan Kolev.

Nama tersebut sudah tidak asing bagi para pecinta sepak bola Indonesia. Awal mula, Ivan Kolev datang ke Indonesia untuk menahkodai Persija Jakarta pada 1999 silam.

Baca Juga

Kemudian Ivan Kolev sempat pulang untuk melatih Bulgaria U-21. Pada 2002, ia kembali ke tanah air karena PSSI menunjuknya menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia.

Ia sempat membawa Garuda meraih runner up Piala AFF 2002. Karena performa apik Bambang Pamungkas dkk di Piala AFF, ia masih dipertahankan untuk mengikuti ajang Kualifikasi Piala Asia 2004.

Baca Juga

Ivan Kolev kemudian kembali membuat para fans bangga. Ia sukses membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2004 karena finis di posisi runner up Grup C babak kualifikasi.

Nandar Iskandar (Piala Asia 2000)

Selain dua pelatih asing yakni Ivan Kolev dan Shin Tae-yong, juru taktik lokal juga pernah mencetak sejarah. Timnas Indonesia pernah menembus putaran final Piala Asia 2000 berkat tangan dingin Nandar Iskandar.

Baca Juga

Pria kelahiran 1984 silam ini, pernah membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2000 di Lebanon. Saat itu, Skuat Garuda tampil luar biasa dengan finis sebagai juara Grup 7 di babak kualifikasi.

Timnas Indonesia berhasil finis di posisi teratas dengan koleksi 10 poin, disusul Hong Kong dan Kamboja. Namun saat itu, hanya juara grup yang berhak lolos ke Piala Asia 2000.


2. Danurwindo (Piala Asia 1996)

Danurwindo mantan pelatih Timnas Indonesia.

Sebelum Nandar Iskandar, ada pelatih lokal pertama yang mampu mencetak sejarah yakni meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia.

Dia adalah Danurwindo yang namanya sudah sangat terkenal di kalangan pecinta sepak bola tanah air. Di babak Kualifikasi Piala Asia 1996 silam, Danurwindo mampu membawa Garuda finis sebagai juara Grup 4.

Saat itu Timnas Indonesia tergabung di Grup 4 bersama Malaysia dan India. Di laga perdana, pasukan Danurwindo ditahan 0-0 oleh Malaysia, namun sukses mencukur India dengan skor 4-1.

Baca Juga
DanurwindoTimnas IndonesiaIvan KolevPiala AsiaNandar IskandarShin Tae-yong

Berita Terkini