x

Manajer Timnas Bocorkan Kans Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Jumat, 17 Juni 2022 16:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan bermain di Piala Asia 2023. Skuat Garuda lolos ke putaran final berkat label salah satu dari lima runner-up terbaik kualifikasi. 

Dengan kelolosan ke Piala Asia tahun depan, Indonesia berpeluang mengajukan diri sebagai tuan rumah. AFC telah membuka kesempatan kepada 24 peserta untuk maju. 

Baca Juga

Kesempatan itu disambut baik manajer timnas, Sumardji. Dia menilai akan lebih menguntungkan andaikan Indonesia menjadi tuan rumah dan bermain di hadapan pendukung sendiri. 

Namun tentu harus didiskusikan terlebih dulu dengan PSSI. Pasalnya, Indonesia juga menjadi tuan rumah event besar di 2023, yakni Piala Dunia U-20. 

Baca Juga

"Ya, itu nanti dilihat (jadi tuan rumah),  harus ikut perkembangan. Saya mendapat informasi Jepang juga mengajukan tuan rumah," kata Sumardji. 

"Kalau harapan kita, akan lebih baik kalau misalkan Piala Asia 2023 tuan rumahnya Indonesia, harapannya itu," imbuh petinggi Bhayangkara FC tersebut. 

Baca Juga

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan federasi tertarik menjadi tuan rumah Piala Asia 2023  Tapi, jadwal kejuaraan itu dan Piala Dunia U-20 sangat mepet, sehingga berpotensi membuat mereka keteteran sendiri. 

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir 16 Juni-16 Juli 2023, sedangkan Piala Dunia U-20 bisa saja dimainkan 20 Mei-12 Juni (mengacu jadwal 2021 sebelum batal akibat pandemi). 


1. Iwan Bule Senang, tapi..

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

PSSI menjelaskan, rapat Exco akan dilakukan setelah Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka harus melihat hasil kualifikasi dan turut mendengar pendapat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Baca Juga

"Setelah Shin Tae-yong kembali, baru kami diskusikan berkaitan dengan penawaran AFC ini, karena memang sedang ada Piala Dunia U-20," cetus Ketum PSSI beberapa waktu lalu. 

Baca Juga

"Kami sebenarnya senang kalau nanti bisa menjadi tuan rumah. Sebuah kebanggaan buat kami," jelas Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan. 


2. Runner-up Terbaik

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Sementara itu, timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah jadi runner up Grup A babak kualifikasi dengan raihan enam poin. Mereka mengalahkan Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0), serta kalah tipis 0-1 dari Yordania. 

Secara keseluruhan, skuat Garuda menempati posisi kedua runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia 2023, tepat di bawah Kirgistan (7 poin). 

Baca Juga

Indonesia sejatinya punya poin sama dengan Malaysia (+4), Thailand (+4), dan Hong Kong (0) yakni enam poin, tapi tim Merah Putih unggul selisih gol (+7).

PSSITimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalPiala AsiaBola IndonesiaKombes Pol SumardjiMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023One Football

Berita Terkini