x

Melihat 5 Lionel Messi-nya Asia, Ada dari India hingga Indonesia

Jumat, 17 Juni 2022 14:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Publik sepak bola sudah banyak mengenal ‘versi’ Lionel Messi yang berasal dari berbagai penjuru bumi. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola sudah banyak mengenal ‘versi’ Lionel Messi yang berasal dari berbagai penjuru bumi.

Tidak mengherankan memang, mengingat pemain yang satu ini memang mengantongi popularitas yang sangat masif sebagai pesepak bola papan atas dunia.

Baca Juga

Bahkan, tulisan di CV-nya mungkin nyaris tidak cukup jika harus dimuat dalam satu dua halaman atau beberapa baris ketikan.

Bersama satu klub saja yakni Barcelona, jumlah raihan trofinya harus dihitung sampai beberapa kali agar tidak ada yang terlewat.

Ya, Lionel Messi adalah salah satu pemain sepak bola paling ternama dengan segambreng gelar dalam genggaman.

Baca Juga

Buntut dari popularitas yang sangat luar biasa itu, tentunya nama yang banyak dikenal orang dan harta berlimpah sebagai seorang megabintang.

Namun terlepas dari itu, ada satu hal unik yang juga mengiringi popularitas masif Lionel Messi di kancah sepak bola dunia.

‘Versi-versian’ atau entah apa namanya, yang biasa disematkan publik maupun khalayak ramai jika ada pemain yang menurut mereka mirip dengan bintang A, B, C, D, maupun Z.

Baca Juga

Lionel Messi pun tidak luput sebagai subjek ‘versi-versian’ ini, yang pada akhirnya menghasilkan banyak ‘saudara kembar’ untuknya dari berbagai negara.

Sebelumnya, orang-orang sudah mengenal Messi Swiss, Xherdan Shaqiri; Messi Norwegia, Martin Odegaard; Messi Kroasia, Alen Halilovic; bahkan Messi Mesir, Mohamed Salah.


1. Melihat Para Messi dari Asia

Publik sepak bola sudah banyak mengenal ‘versi’ Lionel Messi yang berasal dari berbagai penjuru bumi. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Jangankan Eropa dan Afrika, Asia juga memiliki banyak Lionel Messi yang tersebar di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Siapa saja mereka? Berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga

Messi Thailand

Chanatip Songkrasin, merupakan andalan Timnas Thailand yang mentas dari level U-19 hingga level senior dengan segala prestasinya di berbagai kelompol usia.

Gelandang yang kini merumput di J-League tersebut sudah memenangkan sejumlah gelar bergengsi selama berseragam Timnas Thailand, mulai dari Piala AFF U-19, Piala AFF, hingga SEA Games.

Namun prestasi hebatnya tentu tidak berhenti di situ saja. Seabrek penghargaan individu seperti Pemain Terbaik AFF, MVP hingga top skor Piala AFF sudah pernah digondolnya sejak bertahun-tahun lalu.

Baca Juga

Messi Jepang

Selanjutnya beralih ke Negeri Sakura, Jepang, yang memiliki Takefusa Kubo. Istilah Lionel Messi-nya Jepang pun sudah tidak asing disematkan pada pemain yang satu ini.

Predikat tersebut melekat kuat padanya setelah menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Bagaimana tidak? Di sana, ia tampil cemerlang sebagai pencetak gol andal seperti sang senior, Lionel Messi.

Selama masa-masanya berseragam Barcelona, Takefusa Kubo bahkan pernah mencetak 74 gol dari 30 pertandingan.

Baca Juga

Namun sayang, kariernya bersama Blaugrana tidak berlanjut ke level senior. Ia sempat kembali ke Jepang untuk membela FC Tokyo sebelum hengkang ke Real Madrid pada 2019.

Hanya saja, bersama Los Blancos, winger yang kini berusia 21 tahun tersebut lebih banyak dikirim keluar sebagai pemain pinjaman.

 

2. Ada India Ada Indonesia

Publik sepak bola sudah banyak mengenal ‘versi’ Lionel Messi yang berasal dari berbagai penjuru bumi. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Messi India

Dari Thailand ke Jepang, sekarang saatnya membahas Lionel Messi milik negara yang terkenal dengan industri perfilman Bollywood-nya, India. Ada pemain yang bernama Lallianzuala Chhangte.

Di sektor olahraga India, sepak bola mungkin tidak setenar kriket, begitu pula Lallianzuala Chhangte yang tidak sepopuler atlet seperti Sachin Tendulkar atau Virat Kohli.

Baca Juga

Akan tetapi, sepak terjang di lapangan hijau sudah cukup baginya untuk menyandang predikat Messi India.

Seperti diwartakan The Sun, Lallianzuala Chhangte pernah jadi debutan termuda saat bermain untuk Timnas India pada 2015 dan membantu mereka meraih gelar juara Piala SAFF (Asia Selatan).

Akan tetapi, winger Mumbai City ini tidak bisa menjawab ekspektasi publik, yang mungkin berharap India bisa punya Lionel Messi hebat versinya sendiri di dunia sepak bola.

Messi Malaysia

Malaysia juga memiliki sosok Lionel Messi dalam diri Faiz Nasir. Banyak yang menilai bahwa ia punya postur dan perawakan yang sama dengan mantan pemain Barcelona tersebut.

Baca Juga

Bukan hanya bentuk fisik dan tinggi badan, ia juga mengantongi sejumlah kualitas yang tidak kalah hebat dari Lionel Messi.

Messi Indonesia

Bukan hanya Thailand, Jepang, India, dan Malaysia saja yang punya Lionel Messi edisi ‘kearifan’ lokal masing-masing.

Indonesia juga punya, yakni Egy Maulana Vikri. Predikat ini digaungkan oleh The Sun dalam artikel yang dimuat pada awal 2022 lalu.

Baca Juga

Di usianya yang masih 21 tahun, tulis The Sun, Egy sudah punya jam terbang bermain di luar negeri, mulai dari Lechia Gdansk hingga yang teranyar FK Senica.

BarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainBola InternasionalEgy Maulana VikriTakefusa KuboOne Football

Berita Terkini