x

Masuk Grup Neraka, Ini 5 Alasan Timnas Indonesia Bakal Mampu Raih Juara Piala AFF U-19 2022

Selasa, 21 Juni 2022 19:29 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Timnas U-19, Ronaldo Kwateh lakukan tendangan. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Berikut lima asalan kuat mengapa Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong bakal meraih gelar juara Piala AFF U-19 2022, meski tergabung ke dalam grup neraka.

Sebagaimana diketahui, di Piala AFF U-19 2022 Timnas Indonesia U-19 telah tergabung ke dalam Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Baca Juga

Meski Australia tidak ikut serta, namun Piala AFF U-19 2022 bakal berjalan ketat mengingat masih ada Vietnam, Thailand dan Malaysia yang semakin menjukan kemajuan di level Asia.

Di laga perdana, Timnas Indonesia U-19 akan langsung bersua rival kuat di ASEAN yaitu Vietnam. Duel ini dijadwalkan digelar di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi pada Sabtu (02/07/22) pukul 20.30 WIB mendatang.

Baca Juga

Ini menjadi tugas berat yang harus diterima Shin Tae-yong seusai membawa Timnas Indonesia senior mendapatkan tiket lolos ke Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong dituntut agar bisa sejajar dengan Indra Sjafri di level skuat U-19. Pasalnya, Indra Sjafri merupakan mantan pelatih Skuat Garuda U-19 yang sempat membawa Evan Dimas dkk meraih juara Piala AFF U-19 edisi 2013 silam.

Baca Juga

Setelah itu, Timnas Indonesia selalu gagal meraih gelar juara. Pada edisi 2019 lalu, Garuda Muda era Bagus Kahfi sempat lolos ke semifinal namun harus kalah 3-4 dari Malaysia.

Akan tetapi, di edisi 2022 ini Timnas Indonesia U-19 memiliki peluang sangat besar untuk meraih juara. Berikut INDOSPORT telah merangkum lima alasan kuat Timnas Indonesia U-19 bakal mampu juara Piala AFF U-19 2022:


1. 1. Timnas Indonesia U-19 Berstatus Tuan Rumah

Pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh saat melakukan tendangan. Foto: PSSI

Konferderasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah ajang bergengsi kelompok umur yakni Piala AFF U-19 2022.

Hal ini membuat Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong memiliki peluang besar memenangkan setiap pertandingan.

Baca Juga

Ronaldo Kwateh bakal mendapatkan suntikan semangat tambahan karena mendapatkan dukungan langsung dari suporter yang hadir di stadion.

2. Timnas Indonesia U-19 Punya Persiapan yang Matang

Selain menjadi tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 juga dinilai siap secara mental. Mereka baru saja menjalani turnamen berat yakni Toulon Tournament 2022 di Prancis.

Baca Juga

Bahkan Ronaldo Kwateh dkk tampil gemilang saat mengikuti ajang tersebut. Mereka sempat membuat kejutan dengan mendulang kemenangan tipis 1-0 atas Ghana di penyisihan Grup B.

Di bawah asuhan bawah asuhan pelatih Dzenan Radoncic, juga hanya menelan kekalahan tipis 0-1 dari runner up Toulon Tournament 2022 yakni Venezuela dengan skor 0-1. 

Kemudian Timnas Indonesia U-19 hanya kalah 0-2 dari Meksiko dan terakhir kalah adu penalti dari Aljazair dengan skor 3-4 di perebutan peringkat sembilan.

3. Haus Gelar Juara

Selain itu, Timnas Indonesia U-19 juga sudah haus gelar juara. Terakhir kali gelar juara Piala AFF U-19 didapat saat edisi 2013 silam.

Baca Juga

Ketika Timnas Indonesia masih kesulitan menorehkan prestasi di level senior, skuat U-19 besutan Indra Sjafri mampu mencul sebagai idola fans pada 2013.

Saat itu Timnas Indonesia U-19 yang masih diperkuat Evan Dimas, Ilham Udin, Hargianto, Maldini Pali, Dimas Drajad hingga Paulo Sitanggang mengangkat trofi seusai menang atas Vietnam di partai final.


2. 4. Ada Sosok Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22) lalu. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong akhirnya menyatukan kembali dua sahabat yakni Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Dua pemain ini sempat terpisah beberapa waktu lalu karena menghadapi dua turnamen berbeda. Ronaldo Kwateh dibawa oleh Dzenan Radoncic ke ajang Toulon Tournament 2022 di Prancis.

Kemudian Marselino Ferdinan dibawa oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia senior di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Keberadaan kedua pemain ini sangatlah vital di kubu Timnas Indonesia U-19. Ronaldo Kwateh sempat menjadi pusat perhatian banyak media olahraga Vietnam saat mengikuti ajang SEA Games 2021 lalu.

Kemudian di ajang Toulon Tournament 2022, ia kembali mencuri perhatian media Prancis. Pria asal Yogyakarta itu disebut oleh salah satu wartawan asing sebagai bintang besar Timnas Indonesia.

Sementara itu, Marselino Ferndinan mampu tampil gemilang saat dipercaya memperkuat Timnas Indonesia senior. Ia sukses menyumbang satu gol dan membawa Skuat Garuda menang 7-0 atas Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023.

5. Racikan Cerdas Shin Tae-yong

Sosok terakhir yang bisa dibilang sangat vital adalah Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan ini menjadi kunci bagaimana caranya agar Timnas Indonesia U-19 bisa bermain apik dan menang disetiap pertandingan.

Shin Tae-yong dikenal sebagai spesialis pengorbit pemain-pemain muda. Pengalaman pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu membuat para fans yakin kalau Shin Tae-yong bakal meraih gelar perdana.

Baca Juga
VietnamThailandTimnas Indonesia U-19Marselino FerdinanShin Tae-yongRonaldo KwatehPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini