x

Alejandro Garnacho, Wonderkid Manchester United yang Jadi Buruan Utama Real Madrid

Jumat, 24 Juni 2022 15:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Real Madrid meneruskan hobi mereka membidik pemain muda. Kali ini, sosok yang menjadi sasaran adalah wonderkid Manchester United, Alejandro Garnacho. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM – Real Madrid meneruskan hobi mereka membidik pemain muda. Kali ini, sosok yang menjadi sasaran adalah wonderkid Manchester United, Alejandro Garnacho.

Sempat dikenal gemar mendatangkan bintang-bintang yang sudah ‘jadi, Real Madrid belakangan ini mulai rajin memboyong pemain muda.

Baca Juga

Musim lalu, mereka mendatangkan Eduardo Camavinga yang baru berusia 18 tahun. Sementara itu pada musim panas ini, Los Blancos memboyong Aurelian Tchouameni yang beumur 22 tahun.

Meski demikian, Tchouameni berpotensi tidak hanya menjadi satu-satunya pemain muda yang diboyong Madrid pada bursa transfer musim panas ini.

Pasalnya, ada satu nama lagi yang diketahui masuk dalam bidikan Carlo Ancelotti. Sosok yang dimaksud adalah Alejandro Garnacho, wonderkid milik Manchester United.

Baca Juga

Dilansir The Sun, Los Blancos siap memanfaatkan situasi kontrak Garnacho di Manchester United yang tinggal tersisa satu tahun alias berakhir pada Juni 2023.

Bersama Madrid, Garnacho yang baru berusia 17 diproyeksikan menjadi pelapis bagi 2 winger utama yang sejatinya juga masih terbilang muda, yakni Rodrygo dan Vinicius yang berusia 21 tahun.

Garnacho sendiri baru tampil 2 kali bersama tim utama Manchester United pada musim lalu. Ia menjalani debut pada 28 April 2022 saat menghadapi Chelsea, ketika ia diturunkan di injury time.

Baca Juga

Ia kemudian menjalani penampilan kedua pada laga pekan terakhir Liga Inggris menghadapi Crystal Palace. Kali ini, ia diberi kesempatan tampil 11 menit.

Namun meski minim tampil di tim utama, Garnacho tampil spektakuler bersama tim U-18, dengan torehan 14 gol dan 6 assist dari 31 penampilan di semua kompetisi.


1. Sukses Bawa Manchester United Juara

Pemain muda Manchester United, Alejandro Garnacho. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Manchester United sendiri tengah berupaya memberikan kontrak baru berdurasi 5 tahun untuk Alejandro Garnacho demi memagarinya dari para klub peminat.

Di sisi lain, pelatih Erik ten Hag pun berniat memasukkan Garnacho ke tim utama dan memberinya kesempatan bermain lebih banyak.

Baca Juga

Namun, peluang pulang ke kota kelahirannya, Madrid, untuk membela El Real bisa menggoda sang wonderkid untuk hengkang dari Old Trafford.

Alejandro Garnacho sendiri sejatinya mengawali perjalanan sepak bolanya dengan bergabung ke akademi Atletico Madrid.

Di sana, ia dianggap salah satu permata akademi Los Rojiblancos dan sukses menembus tim U-19 sebelum akhirnya diboyong Manchester United pada Oktober 2020 dengan biaya 420 ribu pounds.

Baca Juga

Bersama Setan Merah, ia tampil apik di tim U-18 hingga akhirnya diberi kesempatan tampil bersama tim utama di pekan-pekan terakhir Liga Inggris musim lalu.

Meski demikian, seperti sudah disebut sebelumnya, penampilan gemilang Garnacho terlihat bersama tim U-18 di mana ia mencetak 14 gol dan 6 assist dari 31 penampilan.

Bahkan, ia berperan penting dalam keberhasilan tim U-18 Manchester United dalam menjuarai FA Youth Cup dengan mencetak 7 gol dan 3 assist dari 6 penampilan, termasuk 2 gol di laga final.

Baca Juga

Salah satu gol itu sempat menjadi perbincangan, yakni gol solo run-nya saat menghadapi Everton. Gol itu bahkan masuk dalam nominasi gol terbaik Manchester United pada Februari 2022.

Di sisi lain, rangkaian kemudian membawanya meraih gelar sebagai pemain muda terbaik musim lalu di Manchester United, alias Jimmy Murphy Award.

 

2. Mantan Timnas Spanyol yang Kini Bela Argentina

Pemain muda Manchester United, Alejandro Garnacho. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Lahir di Madrid, Alejandro Garnacho diketahui sempat membela timnas Spanyol U-18. Ia menjalani debutnya pada Oktober 2021.

Namun, pada tahun 2022, karena memiliki darah Argentina dari sang ibu, ia mendapat kejutan dengan dipanggil timnas senior Argentina pada Maret 22.

Baca Juga

Ketika itu, ia menjadi bagian dari 44 nama yang dipanggil pelatih Lionel Scaloni untuk menjalani kualifikasi Piala Dunia 2022.

Garnacho sendiri akhirnya menembus skuat akhir yang berisikan 33 pemain. Namun sayangnya, ia tak mendapat kesempatan turun berlaga.

Meski demikian, ia sempat berlatih bersama sejumlah bintang papan atas Argentina dan aksinya pun sempat menuai pujian dari Lionel Messi.

Baca Juga

Gagal berlaga bersama timnas senior Argentina, Garnacho akhirnya mendapat kesempatan tampil bersama timnas U-20.

Ia menjalani debutnya pada 26 Maret 2022, di mana ia tampi starter dalam laga uji coba melawan Amerika Serikat.

Sang winger pun kini telah memiliki 4 caps bersama tim besutan legenda Liverpool yakni Javier Mascherano itu, dan telah mencetak 2 gol.

Baca Juga

Menariknya, meski di Manchester United ia lebih kerap ditempatkan di pos winger kanan, bersama Argentina mayoritas penampilannya justru dilakukan sebagai winger kiri.

Kemampuannya bermain di lebih dari satu posisi dan naluri tajamnya untuk mencetak gol inilah yang menjadi senjata utama Alejandro Garnacho. Menarik ditunggu apakah Real Madrid akan berhasil mendapatkannya, atau sang wonderkid memilih bertahan bersama Manchester United.

Bursa TransferReal MadridManchester UnitedBerita Bursa TransferAlejandro Garnacho FerreyraOne Football

Berita Terkini