x

Bukan Kacang Lupa Kulit, Fernandinho Mudik ke Klub Masa Kecilnya Usai Tinggalkan Manchester City

Selasa, 28 Juni 2022 07:14 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Juni Adi
Teka-teki klub mana yang akan jadi pelabuhan baru gelandang Manchester City, Fernandinho akhirnya terjawab.

INDOSPORT.COM - Teka-teki klub mana yang akan jadi pelabuhan baru gelandang Manchester City, Fernandinho akhirnya terjawab.

Pemain berusia 37 tahun tersebut memutuskan untuk mudik ke Liga Brasil. Fernandinho pun memperkuat klub masa kecilnya yang bikin namanya melambung.

Baca Juga

Fernandinho sendiri telah resmi meninggalkan Manchester City setelah kontraknya yang kadaluarsa akhir bulan ini tak ia perpanjang.

Fernandinho pun sudah mengatakan say goodbye pada Manchester City. Ia merasa jika titel Liga Inggris musim 2021-2022 merupakan cara sempurna untuk mengakhiri kariernya di Etihad Stadium.

"Menyelesaikan sembilan tahun saya di City dengan memenangkan gelar Liga Premier kelima saya adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” katanya dikutip dari situs resmi klub.

Baca Juga

"Skuat ini benar-benar spesial. Kebersamaan para pemain belum pernah saya alami sebelumnya. Orang-orang ini adalah saudara saya, yang membuat memenangkan gelar menjadi lebih istimewa,"

"Saya ingin berterima kasih kepada Pep dan semua staf yang kami miliki di sini. Sebagai pemain, kami diberikan semua yang kami butuhkan untuk sukses,"

"Saya akan pergi musim panas ini, tetapi saya sangat yakin City akan sukses lagi di masa depan,"

Baca Juga

Lantas kemana Fernandinho akan berlabuh? Rupanya Fernandinho memutuskan untuk mudik ke kampung halamannya, Brasil.

Eks Shakhtar Donetsk tersebut resmi bergabung dengan klub Negeri Samba yang membesarkan namanya yaitu Athletico Paranaense.


1. Fernandinho Mudik ke Brasil

Aksi Fernandinho di laga Liga Inggris Manchester City vs Southampton.

Kabar kepulangan Fernandinho pun dikonfirmasi oleh Athletico Paranaense pada Selasa (28/06/22) waktu setempat.

Lantaran kontraknya di Etihad Stadium resmi berakhir, maka Fernandinho pergi ke klub Brasil tersebut dengan status free transfer alias gratisan.

Baca Juga

Athletico Paranaense mengumumkan bahwa Fernandinho bakal mengenakan nomor punggung 8.

"Selamat datang kembali, @fernandinho! Selamat datang kembali @fernandinho!," bunyi pernyataan resmi Athletico Paranaense.

Athletico Paranaense memang punya andil besar dalam karier Fernandinho. Pasalnya, ia diketahui mengawali kariernya di klub tersebut.

Baca Juga

Fernandinho sudah berkostum Athletico Paranaense sejak Januari 2002 silam. Mula-mula ia menimba ilmu di akademi klub hingga akhirnya dipromosikan ke tim utama setahun berselang.

Penampilan apik Fernandinho lantas membuat Shaktar Donetsk kepincut meminangnya. Fernandinho lantas merantau ke Eropa medio Juli 2005.

Seiring berjalannya waktu, performa Fernandinho kian meningkat. Tak heran jika Manchester City kemudian menebusnya seharga 32 juta euro.

Baca Juga

Ia pun membayar tuntas transfer tersebut dengan torehan sejumlah trofi bergengsi, termasuk 5 gelar Liga Inggris.

Sayangnya, lantaran usianya sudah tidak muda lagi Fernandinho kerap menghangatkan bangku cadangan Etihad Stadium dalam 2 musim terakhir. Hingga kini, Fernandinho sudah mengoleksi 383 penampilan dengan catatan 26 gol plus 33 assist.


2. Manchester City Resmikan Pengganti Fernandinho

Pemain klub Leeds United, Kalvin Phillips. Foto: Reuters-Paul Childs

Manchester City dan Leeds United telah mencapai kata sepakat terkait nilai transfer Kalvin Phillips di angka 42 juta pound sterling plus bonus.

Kabarnya, awal pekan depan proses kepindahan Phillips ke Etihad Stadium akan rampung. Nantinya, ia bakal menggantikan posisi Fernandinho.

"Manchester City telah mencapai kesepakatan dengan Leeds United untuk penandatanganan Kalvin Phillips," bunyi laporan The Athletic.

"Pemain internasional Inggris Phillips semakin dekat dengan transfer ke Etihad menyusul diskusi positif antara City dan Leeds mengenai biaya transfer,"

"Manchester City siap membayar £42 juta dengan potensi bonus senilai £3 juta,"

"Pemain berusia 26 tahun saat ini sedang berlibur dan dijadwalkan untuk melapor kembali untuk pelatihan pra-musim dengan Leeds pada 4 Juli,"

Baca Juga
Bursa TransferFernandinhoManchester CityLiga BrasilBerita Bursa Transfer

Berita Terkini